Sidebar

7 Kombinasi Makanan yang Berbahaya untuk Kesehatan, Jangan Coba!

7 Kombinasi Makanan yang Berbahaya untuk Kesehatan, Jangan Coba!

Dilansir dari Times of India, berikut adalah beberapa kombinasi makanan dan minuman yang berbahaya dan sebaiknya tidak dikonsumsi bersama.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Sudah menjadi kebiasaan, saat sedang mengkonsumsi makanan biasanya seseorang akan mengkombinasikannya dengan makanan atau minuman lain. Namun, sekarang perlu berhati-hati karena beberapa kombinasi makanan ternyata tidak baik dan cenderung membahayakan kesehatan. Pada kondisi yang parah, jika tubuh tidak siap mencerna kombinasi makanan tersebut dapat memicu kematian.

Dilansir dari Times of India, berikut adalah beberapa kombinasi makanan dan minuman yang berbahaya dan sebaiknya tidak dikonsumsi bersama.

1. Susu dan Antibiotik

Susu memang tidak disarankan untuk dikonsumsi bersama dengan obat-obatan, tak terkecuali antibiotik. Dalam antibiotik terdapat suatu senyawa kimiawi yang dapat menghambat penyerapan nutrisi seperti zat besi dan kalsium. Sehingga jika susu dan antibiotik dikonsumsi bersama, susu hanya akan lewat saja dari saluran pencernaan tanpa melalui proses penyerapan zat-zat nutrisi oleh tubuh.

(medan.tribunews.com)

2. Susu dan Pisang

Susu dan pisang jika masuk ke dalam tubuh secara bersamaan akan sangat memberatkan kerja saluran pencernaan. Oleh karena itu, agar saluran pencernaan selalu dapat bekerja secara maksimal sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi susu dan pisang bersamaan.

3. Burger dan Kentang Goreng

Burger adalah jenis makanan yang tidak terlalu matang dengan kadar lemak tinggi. Burger juga mengandung berbagai zat kimia yang berpotensi membentuk ikatan karbon. Jika burger dikombinasikan dengan kentang goreng, kandungan gula pada kentang goreng akan ikut bereaksi dan memicu terjadinya sitokin yang dapat menyebabkan inflamasi serta mempercepat proses penuaan.

(citilinecafe.com)

4. Yoghurt dan Buah

Yoghurt adalah jenis makanan fermentasi yang bersifat asam. Bagi yang memiliki alergi pada susu, konsumsi yoghurt dapat memperparah gejala alergi. Jika yoghurt dikombinasikan dengan makanan asam lainnya seperti buah-buahan dapat memperlambat proses metabolisme tubuh.

5. Yoghurt dan Teh

Yoghurt dan teh merupakan jenis makanan yang bersifat asam. Apabila yoghurt dan teh dikonsumsi secara bersamaan dapat mengganggu proses metabolisme sehingga mengganggu keseimbangan tubuh. Tak hanya itu, yoghurt dan teh juga dapat memberikan pengaruh negatif pada saluran pencernaan.

(kumparan.com)

6. Semangka dan Air

Semangka adalah salah satu buah yang mengandung banyak air. Hampir 90-95 persen kandungan semangka berupa air. Jika dikonsumsi secara bersamaan dengan air dapat mengencerkan sari buah. Sehingga zat nutrisi pada semangka tidak akan diserap optimal oleh saluran pencernaan.

7. Susu dan Lemon

Susu jika ditambah dengan bahan asam akan mengalami pengentalan. Saat berada di dalam tubuh, susu juga akan mengental jika dikonsumsi bersama dengan bahan asam seperti lemon. Jika susu mengalami pengentalan maka akan membahayakan tubuh karena menganggu metabolisme tubuh.

SHARE :




Rekomendasi