5 Rahasia Sukses Bisnis Travel Agar Selalu Menjadi Pilihan Konsumen

Rahasia sukses bisnis tour travel (Flickr/

Bisnis tour travel kini tak bisa lagi dipandang sebelah mata, meningkatnya kebutuhan akan pariwisata turut memperbesar peluang profit pada bisnis ini. Masyarakat sudah mulai memahami bahwa hakikat pariwisata bukan sekedar jalan-jalan, melainkan sebuah kebutuhan rohani yang mutlak dipenuhi untuk kesehatan jiwa.

Tak sedikit bisnis tour traval di Indonesia yang gulung tikar akibat tidak mampu bersaing di pasar bebas. Tak sedikit pula bisnis tour travel yang mampu bertahan namun sulit berkembang. Membangun bisnis tour travel tak bisa sembarangan, dibutuhkan strategi bisnis yang matang dan terencana, pelaku bisnis juga dituntut untuk mampu bertindak bijak dalam mengambil setiap keputusan.

Bagi anda yang saat ini tengah mengelola sebuah bisnis tour travel berikut akan disajikan beberapa rahasia agar bisnis anda sukses dan selalu menjadi pilihan konsumen.

1. Transparansi biaya

Tak ada seorang pun di dunia yang ingin rugi, tak terkecuali konsumen anda. Menjadi sebuah bisnis tour travel profesional berarti harus memberikan fasilitas yang sesuai dengan apa yang kosumen anda bayar. Berikan rincian penggunaan anggaran biaya secara detail dari harga yang harus dibayarkan kepada konsumen. Jelaskan secara rinci fasilitas apa saja yang sudah termasuk dan belum dalam paket wisata.

2. Sesuai dengan target pasar

Sebagai pelaku bisnis tour travel anda harus bisa memahami fasilitas apa saja yang sesuai dengan target pasar yang disasar. Meskipun memiliki destinasi tujuan yang sama, setiap segmentasi pasar mempunyai selera yang berbeda terhadap fasilitas yang ditawarkan. Misalnya pada paket wisata Dieng, jika konsumen dengan rentang usia 19-27 tahun akan sangat antusias pada tawaran camping, maka berbeda dengan konsumen dengan rentang usia 30-40 tahun yang lebih menyukai tour.

3. Pemandu lokal

Pemandu memiliki peran penting pada sebuah perjalanan wisata, oleh karenanya penting bagi anda merekrut pemandu yang tepat. Seorang pemandu wajib memiliki pengalaman perjalanan, menguasai teknik penyelamatan jiwa, mampu berbahasa daerah, dan berpengetahuan luas. Setiap konsumen berharap mendapatkan informasi rinci dan sebenarnya dari destinasi yang dikunjunginya, sehingga seorang pemandu dituntut mampu menjadi ensiklopedia berjalan. Sangat disarankan untuk anda merekrut pemandu dari warga lokal setempat.

4. Utamakan keselamatan

Pastikan anda memberikan asuransi keselamatan bagi konsumen anda selama melakukan perjalanan wisata. Hal ini penting untuk meyakinkan konsumen pada bisnis anda. Pilih asuransi yang memang telah tersertifikasi oleh pemerintah.

5. Jadwal yang seimbang

Buatlah jadwal kegiatan yang seimbang selama perjalanan wisata. Atur jadwal kegiatan konsumen anda dengan baik, dan berikan juga merega keleluasaan waktu untuk mengunjungi tempat lain atau berbelanja. Konsumen sangat tidak suka pada jadwal yang kaku dan terlalu mengikat. Konsumen juga tidak menyukai jadwal yang tidak jelas karena akan membuat mereka merasa ditinggalkan dan tidak diurus dengan baik.

Bagi anda yang sedang menggeluti bisnis tour travel bergabunglah bersama kami di Phinemo Marketplace. Kami memfasilitasi anda untuk mempromosikan semua produk-produk anda secara gratis. Daftar sekarang juga melalui link berikut >> Daftar Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Tim Phinemo

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar