5 Kuliner Khas Lombok yang Tak Boleh Dilewatkan

Foto oleh Khairunnisa Siregar

Menurut saya pribadi, jika saya berada di suatu tempat saya harus mencoba makanan atau minuman khas daerah itu.

Beberapa waktu lalu saya traveling ke Lombok. Selain terkenal karena keindahan pantai-pantainya, kelezatan kuliner khas Lombok juga tak boleh dilewatkan. Berikut kuliner khas Lombok yang wajib dicoba:

 

1. Nasi Balap Puyung

kuliner khas lombok

Foto oleh Khairunnisa Siregar

Nasi balap puyung ini terdiri dari nasi putih, suwiran ayam pedas, kacang kedelai goreng, udang kering, dan sambal. Mungkin tidak terlihat istimewa, tetapi rasa sambal yang khas dan suwiran yang ayam yang lezat membuat Nasi Balap Puyung memiliki banyak penggemar.

Saat ini sudah banyak tersebar tempat makan yang menjual Nasi Balap Puyung, tetapi Nasi Balap Puyung yang paling terkenal adalah Nasi Balap Puyung Inaq Esun. Nasi Balap Puyung Inaq Esun adalah pionir Nasi Balap di Lombok. Menurut pemandu wisata saya kemarin, nama Nasi Balap didapat karena dulu menjualnya menggunakan sepeda sehingga pembeli harus mengejar-ngejar penjual dan Puyung merupakan nama desa asal nasi balap ini. Untuk menikmati kelezatan seporsi Nasi Balap Puyung kita cukup membayar Rp 10.000 – Rp 15.000,-.

 

2. Sate Rembiga

kuliner khas lombok

Foto oleh Khairunnisa Siregar

Sate Rembiga juga merupakan kuliner khas Lombok yang wajib dicicipi. Sate yang berasal dari Desa Rembiga ini adalah sate sapi yang dibumbui dengan bumbu khas rempah-rempah, bukan bumbu kacang seperti sate pada umumnya. Daging sapinya empuk dan perpaduan rasa dari manis dan pedas membuat sate ini terasa enak sekali.

Sate Rembiga biasa disajikan dengan lontong yang berbentuk segitiga seperti bacang. Harga setusuk Sate Rembiga hanya Rp 2.000, tetapi saya jamin tidak akan cukup hanya dengan beberapa tusuk karena sate ini akan membuatmu ketagihan!

 

3. Ayam Taliwang

kuliner khas lombok

Foto oleh Khairunnisa Siregar

Saya rasa Ayam Taliwang adalah kuliner Lombok yang paling terkenal. Ayam yang berasal dari Desa Taliwang ini merupakan menu wajib yang harus dicoba ketika plesiran ke Lombok. RM Taliwang Raya H.M Bahran Moerad adalah restoran ayam taliwang teramai dan terkenal. Ayam Taliwang yang disajikan di sini bisa digoreng maupun dibakar.

Saat itu saya memesan Ayam Taliwang Bakar Madu. Perpaduan manis dan gurihnya sangat pas. Disajikan dengan nasi putih dan sambal kacang, semua sempurna!

 

4. Ayam Goreng Plecingan

kuliner khas lombok

Foto oleh Khairunnisa Siregar

Tak hanya Ayam Taliwang, Lombok juga memiliki menu ayam yang lain yang patut dicoba.

Ayam Goreng Plecingan adalah ayam goreng yang dibumbui bumbu khas Lombok yang sangat pedas. Meski terlihat tidak berbeda jauh dengan ayam goreng biasanya, namun bagi saya  menu ayam goreng ini sangat lezat. Bumbu pedasnya meresap sampai ke dalam, cocok sekali untuk kalian pecinta makanan pedas. Selain digoreng, menu ayam plecingan juga bisa dinikmati dengan cara dibakar.

 

5. Plecing Kangkung

kuliner khas lombok

Foto oleh Khairunnisa Siregar

Bosan dengan hidangan daging? Plecing kangkung bisa jadi alternatif. Menu ini begitu populer di Lombok dan hampir bisa ditemukan di setiap sudut pulau. Plecing kangkung terdiri dari kangkung, tauge, kacang tanah, kelapa parut, dan sambal. Untuk mendapat kelezatan yang maksimal sebaiknya aduk Plecing kangkung sebelum menyantapnya. Kangkung Lombok yang lebih besar dan berair dibanding kangkung biasa menambah kesegaran dan cita rasa menu ini.

***

Selain pemandangan alam yang sangat indah memanjakan mata, kuliner-kuliner Lombok juga sangat memanjakan lidah. Jadi, jangan sampai melewatkan hidangan-hidangan ini jika berkesempatan ke Lombok!

 

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Khairunnisa Siregar

Tags:

Paket Produk Penawaran