Sidebar

5 Kebiasaan Unik Orang Jepang di Bulan November

Setiap menjelang pergantian musim di bulan November, orang Jepang biasanya menjalankan berbagai tradisi dan adat kebiasaan yang terbilang unik.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Jepang merupakan negara kepulauan yang terletak di kawasan Asia Timur, tepatnya di ujung barat Samudera Pasifik. Berbeda dengan Indonesia yang memiliki dua musim, Jepang memiliki iklim subtropis dengan empat musim yaitu musim panas, musim semi, musim gugur, dan musim dingin.

Setiap menjelang pergantian musim di bulan November, masyarakat Jepang biasanya menjalankan berbagai tradisi dan adat kebiasaan yang terbilang unik. Berikut ini disajikan beberapa ulasannya yang barangkali bisa anda terapkan saat pergantian musim di Indonesia seperti saat ini.

1. Makan Unagi

Masyarakat Jepang memiliki kebiasaan menyantap makanan penambah energi seperti belut atau unagi saat musim panas. Maklum saat musim panas, kelembaban udara akan meningkat sehingga menyebabkan tubuh kehilangan energi. Tradisi menyantap unagi dikenal dengan, Doyo no Ushi no Hi yang diperingati setiap bulan Juli hingga awal November.

(Instagram/kind.hair)

2. Belajar Mekanisme Pengendalian Bencana

Setiap tanggal 1 September diperingati sebagai hari pengendalian bencana di Jepang, peringatan tersebut dirayakan dengan belajar mekanisme pengendalian bencana dan tata cara menyelamatkan diri saat terjadi gempa, angin topan, tsunami, atau kebakaran. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan bulan bencana alam di Jepang yang sering terjadi pada Oktober hingga November.

3. Pekan Olahraga

Setelah berakhirnya musim panas pada bulan Oktober, maka Jepang akan memasuki musim gugur yang sangat dingin. Aktivitas paling populer yang dilakukan saat awal musim gugur adalah kegiatan olahraga atau yang disebut Undokai. Beberapa kegiatan olahraga biasanya dilakukan oleh siswa di sekolah masing-masing dengan mengundang para orang tua atau wali murid.

4. Menatap Bulan

Menatap bulan merupakan sebuah festival tradisional Jepang yang dikenal dengan Festival Tsukimi. Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, di bulan terdapat seekor kelinci yang sedang menumbuk dengan alu untuk membuat kue mochi setiap musim gugur di bulan September. Festival Tsukimi diperkenalkan dari Cina kepada masyarakat Jepang pada periode Nara dan Heian tahun 710-1185.

(Instagram/viki)

5. Momiji Gari

Momiji Gari merupakan aktivitas menikmati keindahan memerahnya dedaunan pohon yang memerah saat musim gugur di bulan September. Banyak masyarakat Jepang yang memanfaatkan liburan Sabtu dan Minggu untuk merayakan Momiji Gari bersama keluarga dan sahabat. Momiji Gari hampir serupa dengan tradisi Hanami pada musim semi di Jepang.

Saat ini Jepang dan negara beriklim subtropis lainnya sedang mengalami musim gugur. Bergabunglah bersama Phinemo Marketplace dan jelajahi indahnya eksotisme musim gugur. Tersedia ratusan produk wisata spesial musim gugur di Phinemo Marketplace. Transaksi semakin aman tanpa perantara dengan fitur rekening bersama. Pelajari selengkapnya di Phinemo Marketplace.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Episode Kuta Bali, Hotel Mewah dan Artistik dengan Harga Termurah

Perbedaan China, Taiwan, dan Hongkong yang Sering Disalahpahami

Destinasi Wisata Kopi Segera Hadir di Pulau Flores, Siap?

7 Hotel Unik dan Murah di Dago, Bandung untuk Staycation Akhir Pekan

Hindari Makan Kerang Hijau, Terutama dari Teluk Jakarta, Berbahaya!

6 Pantai untuk Surfing Dekat Jakarta, Alternatif Tujuan Liburan Akhir Pekan

FALLBACK
The END