facebook pixel

Hebat itu bukan dilihat dari banyaknya negara yang sudah dijelajahi. Hebat itu ketika Kamu sanggup menguasai dirimu sendiri.  

Kepada perempuan, selamat Hari Kartini. 

wanita petualang

Wanita yang hebat tau kapan harus berhenti. Sumber foto dari sini

Sosok Kartini memang bukan pahlawan wanita yang membawa senjata saat berperang melawan penjajah demi perjuangkan hak-hak wanita. Dia juga nggak berkorban darah demi negara. Namun, pemikirannya tentang kesetaraan derajat wanitalah yang dianggap berjasa.

Hanya saja, masih ada yang beranggapan bahwa sosok pahlawan wanita yang hebat itu seharusnya dia yang siap turun di medan perang. Hal yang hampir sama pun terjadi di era Kartini sekarang ini khususnya kartini-kartini dalam bidang traveling. 

Entah kenapa, wanita petualang yang hebat sering kali diidentikan dengan “pen-general-an prestasi” yang diperoleh. Seperti berhasil kunjungi banyak negara di dunia, sudah menginjakkan kaki di gunung-gunung tertinggi di Indonesia, berani jalan-jalan sendiri, atau bisa jalan-jalan ke luar negeri dengan bantuan beasiswa. Padahal, hal tersebut bukanlah tolok ukur hebat tidaknya seorang wanita petualang yang sesungguhnya.

Karena,wanita petualang yang hebat adalah …

1. Kamu yang berani mengambil keputusan sendiri dan nggak pernah ragu saat dihadapkan pilihan di perjalanan 

2. Kamu yang bisa bikin itinerary perjalanan sendiri tanpa menyewa jasa pembuatan itinerary  

3. Kamu yang berani  melangkah dengan percaya diri karena dengan percaya diri, kamu terlihat mantap melangkah tanpa malu ataupun takut salah.

4. Wanita yang hebat itu yang benar-benar berani, bukan sok berani 

5. Lalu, bisa ngejalanin perjalanan sesuai dengan itinerary yang udah ditulis karena tetap disiplin pada jadwal itu nggak mudah.  

6. Kamu yang mau berbagi foto perjalanan dengan tampilkan keindahan suatu tempat pun hebat karena sebenarnya dengan berbagai foto indahnya alam, Kamu sesudah membuat banyak orang di sekitarmu terhibur. 

7. Kamu yang bisa jalan-jalan sendiri tanpa menggantungkan pada orang lain adalah sosok yang mengagumkan, Nggak semua wanita bisa melakukan hal ini. Karena pada dasarnya, wanita dikenal ribet. Kalau Kamu bisa jalan-jalan sendiri, Kamu sudah sukses menguasai diri sendiri. 

8. Kamu yang selalu bermurah hati pada setiap orang yang ditemui di perjalanan adalah sosok yang istimewa. salah satu contoh paling simpel, membeli souvenir atau jajanan di penjual yang sepi pengunjung 

9. Bisa mengumpulkan modal jalan-jalan tanpa merepotkan orang lain dengan ngutang yang nggak dibayar

10. Apalagi bisa menghargai adat dan kearifan lokal setempat, luar biasa mengagumkan. Karena terkadang terdapat suatu adat istiadat yang bertentangan dengan keyakinan. 

11. Kamu yang selalu ingat Tuhan di manapun dia berada membuktikan bahwa dia adalah sosok yang kuat iman 

12. Selalu minta izin kepada orangtua saat berpergian adalah bentuk ketaatanmu pada orangtua 

13. Nggak panikan saat tersesat, apalagi sampai nangis 

14. Kamu hebat saat tahu kapan harus berhenti, hal itu karena kamu tahu batas kekuatan diri, nggak ngoyo pada target yang sudah dibuat. 

15. Kamu yang nggak banyak komplain dengan situasi di perjalanan dan mau menerima apapun keadaannya

16. Nggak takut kotor, tapi tetap bisa menjaga kebersihan diri

17. Saat packing, wanita hebat itu adalah Kamu yang tahu barang mana saja yang dibutuhkan. Karena seringnya, wanita membawa banyak barang tapi terkadang barang tersebut nggak dibutuhkan dalam perjalanan.

18. Kamu yang paham navigasi dan membaca arah peta cerminan sosok yang hebat. Apalagi saat di gunung atau di tempat yang baru. Wanita yang bisa membaca navigasi sangat jarang. 

19. Perencana yang baik. Nggak cukup satu rencana saja, Kamu sudah persiapakan rencana-rencana lainnya untuk mengantisipasi segala hal yang mungkin saja terjadi di perjalanan 

20. Wanita petualang yang hebat adalah Kamu yang nggak manja apalagi nyuruh-nyuruh temannya 

21. Kamu yang selalu ramah dan supel pada setiap orang yang ditemui. Kamu nggak sungkan untuk menyapa terlebih dahulu bahkan memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan saat di perjalanan.

22. Nggak ribet dan nggak terlalu banyak khawatir. Bisa dibilang easy going 

23. Meski bebas bertualang tapi Kamu tahu kodratnya sebagai perempuan. Contohnya, kalau sudah berpasangan, Kamu tahu diri bagaimana harus bersikap untuk menjaga perasaan pasanganmu.

24. Hebat itu bisa hidup modern tanpa meninggalkan adat istiadat. Kamu yang selalu santun di setiap tindakan namun tetap bisa hidup modern dan nggak ketinggalan jaman. 

25. Berwawasan luas dan membekali banyak pengetahuan sebelum ke destinasi tujuan 

26. Peduli dengan lingkungan, nggak buang sampah sembarangan 

27. Nggak takut kulitnya hitam karena terbakar matahari 

28. Meski gears yang dimiliki bukan dari merk terkenal, tapi Kamu nggak minder dengan apa yang sudah dimiliki 

29. Kamu memiliki tenaga yang kuat buat terus melangkah terlihat lebih keren. Benar-benar wanita tangguh.

30. Selalu jujur pada diri sendiri dan nggak memendam perasaan sendiri. Kamu berani mengutarakan apa yang dirasakan kepada teman seperjalanan. Nggak hanya diam dan memendamnya di dalam hati 

31. Menyayangi diri sendiri dengan membahagiakan diri sendiri. Karena sesungguhnya, hanya kamulah yang tahu bagaimana caranya bahagia 

32. Bisa menahan emosi dan nggak meledak-ledak saat mengalami hal yang nggak mengenakan di jalan 

33. Mewujudkan bucket list perjalanan yang sudah ditentukan

Karena bagi kamu, ini adalah sebuah pencapaian diri yang patut diapresiasi 

34. Tetap terlihat cantik dimanapun berada meski tanpa make up. Nggak harus dandan, asalkan bisa jaga penampilan, wanita petualang ini tetap terlihat cantik. Karena saat itulah, aura kecantikanmu benar-benar terpancar.

35. Nggak cengeng saat menghadapi kesulitan di perjalanan. Bisa tenang menyikapi setiap masalah yang menghadang. 

36. Nggak pilih-pilih makanan, apa pun dimakan. Hal ini membuktikan bahwa Kamu bisa bersyukur dan menikmati perjalanan. Nggak perlu diet dan makan seadanya. 

37. Nggak pernah keberatan untuk naik transportasi apapun. Bahkan, saat kamu harus berjalan kaki berkilo-kilo untuk sampai lokasi, kamu nggak pernah mengeluh. 

38. Selalu menjaga nama baik negaranya dengan patuh aturan yang ada

39. Bisa belajar dari hal positif dari destinasi yang tuju lalu mengaplikasikan dalam kehidupanmu. Selalu ada hal positif dan negatif di setiap destinasi yang dituju. Kamu yang bisa mengambil sisi positifnya apalagi mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari benar-benar memesona. 

40. Kamu yang hebat adalah Kamu yang selalu bersuka cita saat dalam perjalanan meski pun mengalami perjalanan yang sulit 

41. Berjuang hingga nggak tidur buat dapatkan tiket promo murah bisa jadi salah satu contoh wanita hebat. Karena nggak semua orang bisa lakukan hal ini, seorang cowok sekalipun. 

42. Lalu, Kamu yang bisa mengatur keuangan saat jalan-jalan tanpa melebihi budget pun seorang yang menakjubkan

43. Apalagi, kamu yang nggak tergoda buat belanja banyak oleh-oleh

44. Yang bikin kagum, Kamu yang masih ingat mama di rumah meski hanya tanya “hari ini masak apa ma?” 

45. Kamu yang peduli dengan teman dengan tidak mementingkan ego sendiri. Jadi bukti kalau kamu nggak egois dengan memaksakan keinginan sendiri 

46. Wanita hebat itu adalah Kamu yang rela nggak beli make up mahal atau melakukan perawatan demi nabung buat jalan-jalan 

47. Nggak nyampah dengan selalu posting foto-foto perjalanan adalah bukti bahwa kamu bisa mengatur egomu

48. Kamu yang hebat selalu bisa menginspirasi orang-orang di sekitar

49. Wanita hebat itu seperti kamu. Karena Kamu hebat dengan caramu sendiri. 

***

Baca artikel menarik lainnya di sini; 

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->