Sidebar

4 Warna Paspor di Dunia, Ini Makna Filosofis Dibaliknya

Terdapat empat warna paspor di dunia, semuanya memiliki makna filosofis yang mendalam dibalik alasan pemilihannya. Biasanya karena pengaru sejarah.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Paspor merupakan dokumen penting yang wajib dimiliki setiap warga negara yang akan melakukan perjalanan lintas negara. Paspor umumnya berisi identitas pribadi yang meliputi nama, kewarganegaraan, tempat dan tanggal lahir, serta masa berlaku. Setiap negara memiliki karakteristik paspor yang unik, berbeda satu dengan lainnya.

Terdapat empat warna paspor di dunia, semuanya memiliki makna filosofis yang mendalam dibalik alasan pemilihannya. Kemungkinan terbesar alasan pemilihan warna paspor dipengaruhi oleh budaya dan sejarah suatu negara, namun dapat juga karena masalah praktis dan ketersediaan.

1. Merah

Paspor berwarna merah merupakan yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Biasanya paspor berwarna merah digunakan oleh negara-negara yang memiliki sejarah atau masih berlatar belakang komunis. Beberapa diantaranya Slovenia, China, Serbia, Rusia, Latvia, Romania, Polandia, serta Georgia.

Negara-negara anggota Uni Eropa kecuali Korasia juga menggunakan warna merah bata dan variasinya pada paspornya. Negara lain seperti Makedonia, Turki, dan Albania yang akan bergabung dengan Uni Eropa mengubah warna paspornya menjadi merah beberapa tahun lalu. Negara-negara Andean di Amerika Selatan sepeti Bolivia, Ekuador, Peru, dan Kolombia juga memilih warna merah untuk paspornya.

2. Hijau

Warna hijau pada paspor biasanya digunakan oleh negara-negara yang mayoritas penduduknya muslim, seperti Arab Saudi, Pakistan, Maroko, dan Indonesia. Hijau dianggap sebagai warna kegemaran Nabi Muhammad SAW dan menjadi simbol bagi alam serta kehidupan.

Negara-negara anggota dari ECOWAS (Economy Community of West African States) di Afrika Barat seperti Nigeria, Niger, Burkina Faso, Senegal, dan Pantai Gading juga memilih warna hijau untuk sampul paspornya.

3. Hitam

Hitam menjadi warna paling jarang digunakan sebagai sampul paspor. Negara-negara di Benua Afrika seperti Zambia, Botswana, Gabon, Burundi, Angola, Chad, Congo, dan Malawi merupakan yang paling banyak menggunakan warna hitam. Selandia Baru juga memilih warna hitam, karena hitam adalah warna resmi negara tersebut.

4. Biru

Negara-negara yang menggunakan warna biru pada sampul paspornya menganggap dirinya adalah dunia baru. Sekitar 15 negara Karibia memiliki warna paspor biru. Warna biru yang digunakan oleh beberapa negara di Amerika Selatan seperti Brazil, Paraguay, dan Argentina karena dianggap sebagai simbol yang berhubungan dengan Mercosur, Trade Union.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Wisata Thailand Dibuka Oktober, Turis Karantina di Phuket

Perbedaan China, Taiwan, dan Hongkong yang Sering Disalahpahami

Pulau Terindah di Dunia Dibuka Hanya untuk Eks Pasien Covid-19

Vis Island Croatia, Tujuan Pelarian Lockdown Terbaik di Dunia

Kenapa Israel Menjajah Palestina? Perang Abadi Yahudi dan Islam

59 Negara Lockdown Indonesia, WNI Tidak Bisa Plesir ke Luar Negeri

FALLBACK
The END