facebook pixel

4 Destinasi di Indonesia yang Miliki Ubur-ubur Tak Menyengat

Keren banget nih destinasi ubur-ubur di Indonesia! Jarang banget!


Indonesia memiliki destinasi unik yang jarang ada di seluruh dunia, yaitu danau dan laut yang isinya adalah ubur-ubur lucu yang tidak menyengat. Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut mengenai destinasi ubur-ubur ini, berikut ini adalah daftarnya.

1. Pulau Kakaban, Kalimantan Timur

cara mengobati sengatan ubur-ubur

Foto berasal dari sini

Sekumpulan ubur-ubur berwarna jingga ini bisa kamu lihat langsung di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur. Terletak di Danau Kakaban dengan air jernih berwarna biru, kamu kan melihat dengan jelas pemandangan langka di mana ubur-ubur hidup.

Untuk bisa sampai ke destinasi wisata favorit para wisatawan ini, Kamu hanya perlu melewati Kepulauan Derawan dengan perjalanan darat sekitar satu jam.

Kamu yang trauma dengan sengatan ubur-ubur tidak usah khawatir dengan serangan mereka, karena di Danau Kakaban, jenis ubur-uburnya jinak dan tidak menyengat.

Larangan memakai kaki katak (fin)

Karena Danau Kakaban memiliki ubur-ubur yang rentan dengan sentuhan, maka wisatawan harus memperhatikan beberapa hal saat menyelam dan berfoto di sana. Salah satu larangan mendasar ketika menyelam di sini adalah sebisa mungkin menyelam dengan kaki telanjang. Hindari penggunaan kaki katak (fin), karena jenis ubur-ubur ini sangat langka di dunia.

2. Togean, Sulawesi Tengah

destinasi ubur-ubur

Keren banget! Sumber foto

Selain di Kakaban, di Kepulauan Togean juga terdapat sebuah tempat yang terkenal dengan ubur-uburnya. Ubur-ubur di Kepulauan Togean ini memiliki kesamaan di Kakaban di mana ubur-uburnya tidak berbahaya ketika dipegang.

Lokasi para ubur-ubur ini berada di Danau Mariona, Katupat, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah di mana masih sangat jarang orang yang tahu.

Untuk bisa sampai ke lokasi danau ini, pengunjung harus mau bersusah payah, karena lokasi yang masih sangat sulit dijangkau. Yang jelas, pengunjung harus sampai ke Pulau Togean dulu jika ingin melihat keindahan danau ini.

3. Misool, Papua Barat

destinasi ubur-ubur

Banyak banget Ubur-uburnya. Sumber foto

Melansir dari DetikTravel, ternyata Misool, Raja Ampat memiliki sebuah spot yang dipenuhi dengan ubur-ubur. Spot ini berada di 3 danau air asin di Misool. Seperti Lenmakanan dan Karawapu.

Danau-danau ini bisa diakses dengan melakukan trekking, so cukup bikin keringat bercucuran. Untuk itu, lebih baik untuk melakukan beberapa latihan fisik sebelum memutuskan untuk ke danau penuh ubur-ubur di Misool.

4. Landu, Nusa Tenggara Timur

destinasi ubur-ubur

Keren! Sumber foto

Selain di tiga tempat tersebut, di NTT juga terdapat sebuah tempat yang memiliki kumpulan ubur-ubur cantik, yaitu di Pulau Landu NTT.

Oke, untuk kawasan ubur-ubur di sini masih jarang yang tahu. Melansir dari Bintang, kamu bisa ke sana dengan berbagai aktivitas asik, mulai dari diving, beach hopping, hingga snorkeling bersama ubur-ubur.

***

Bagi para pecinta snorkeling pasti bakalan suka berlama-lama dengan para ubur-ubur cantik di dalam danau-danau ini.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai destinasi berbau ubur-ubur di Indonesia? Baca juga artikel berikut ini:

 

banner experience