facebook pixel

17 Alasan Mengapa Traveling Membuatmu Semakin Cinta Indonesia

Kalau kamu gimana? Apa sih yang membuat kamu bangga telah menjadi bagian dari Indonesia?


1. Berpijak dari satu daerah ke daerah lainnya akan mengenalkanmu pada ragam budaya Indonesia yang berbeda

cinta Indonesia

Foto berasal dari sini

Kalau kamu perhatikan, orang-orang yang tinggal di daerah Magelang, Wonosobo, dan Temanggung memiliki budaya menyambut tamu yang cukup unik. Ketika kamu sedang berkunjung ke sana, si tuan rumah akan “memaksa” kamu untuk menyantap hidangan yang disediakan meski kamu dalam keadaan kenyang.

Nah, beda lagi dengan budaya di Sumba. Orang Sumba biasanya menyajikan sirih pinang di atas piring bambu kepada tamu yang datang. Kamu tentu nggak boleh menolaknya karena itu adalah bentuk penghormatan warga kepada tamu.

2. Masih di Indonesia saja banyak bahasa daerah yang susah dipahami, tapi disitulah kerennya Indonesia

cinta Indonesia

Foto berasal dari sini

Yang paling dekat dengan kita adalah bahasa betawi, sunda, dan jawa. Bahasa daerah Jawa Tengah pun memiliki bermacam-macam dialek yang harus benar-benar dicerna untuk bisa dipahami. Masih jalan-jalan di seputar Indonesia saja, saya kesulitan dalam berbahasa. Negara ini memiliki 748 bahasa daerah dan bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pemersatu bangsa. Keren banget ya.

3. Uniknya lagi, makanan dengan nama yang sama memiliki rasa dan isi yang berbeda di setiap daerah

cinta Indonesia

Foto berasal dari faniez.semarangdailyphoto.com

Contoh nih, SOTO. Ada soto betawi, soto Semarang, coto Makasar. Meski sama-sama soto, tapi masing-masing soto memiliki rasa dan ciri khas penyajian yang berbeda. Bisa dibilang, dari semangkok soto pun kita bisa melihat keragaman Indonesia.

4. Orang Indonesia itu banyak yang suka kepo. Tapi, justru itu yang ngangenin

cinta Indonesia

Foto berasal dari sini

Kamu pasti sering menemui orang yang suka sok dekat padahal baru saja ketemu. Meski terkadang mengesalkan, namun ternyata keunikan itulah yang membuat kangen. Contoh, saat kamu sendirian dan kesepian di negeri orang, nggak ada yang mengajak berbincang. Coba kamu di Indonesia, pasti ada saja orang yang bertanya “sendirian aja? asal darimana?”.

5. Sudah gitu, orang Indonesia itu ringan tangan

cinta indonesia

Foto berasal dari www.fotografi.net

Bayangkan saja, saat kamu jalan-jalan ke luar negeri, orang nggak akan ada yang nawarin bantuan kecuali kamu memintanya terlebih dahulu. Sangat berbeda saat kamu di Indonesia. Sebagai contoh saat saya jalan-jalan di Padang, motor sewaan saya rusak dan mengejutkannya seorang bapak-bapak langsung datang membantu padahal saya nggak memintanya.

6. Masyarakat Indonesia bisa hidup damai meski berbeda keyakinan

cinta Indonesia

Foto berasal dari sini

Contohnya saja di Semarang. Warga Semarang dengan keyakinan yang berbeda yakni umat muslim, konghuchu, kristian, dan umat buddha hidup berdampingan dengan harmonis.

7. Hebatnya lagi, meski hidup dalam perbedaan suku dan etnis mereka tetap hidup dalam harmonisasi

cinta indonesia

Foto berasal dari sini

Sebagai contoh, saya pernah bertemu etnis tiongkok, padang, dan jawa yang hidup rukun di Belitung.

8. Traveling bisa mempertemukan kita dengan orang-orang yang peduli dengan Indonesia. Dari situlah kita terinspirasi untuk lebih cinta Indonesia

A photo posted by E C H I GO! (@echiwulan_) on

Di usia yang telah memasuki senja, Bapak Husin tak lelah untuk terus menjaga penyu-penyu yang dia tangkarkan. Katanya, usaha tersebut dia lakukan untuk menjaga kelestarian penyu-penyu di Indonesia. Jadi semakin terdorong untuk lebih mencintai dan menjaga Indonesia.

9. Jalan-jalan ke luar negeri bukan berarti tidak cinta Indonesia justru dari situ kita bisa belajar untuk merubah Indonesia lebih baik lagi

A photo posted by E C H I GO! (@echiwulan_) on

Sering mendengar orang berkata “Singapura lebih rapi dan lebih tertata, tidak seperti Indonesia”. Memang benar, Singapura memiliki tata kota yang keren. Tapi, berhentilah menggerutu atas kesemrawutan negeri ini. Berhentilah membandingkan. Menggerutu nggak akan membuat keadaan lebih baik. Mulailah mencintai negeri ini dari memperbaiki diri sendiri.

10. Selain itu, berkunjung ke negara lain pun akan membuatmu lebih banyak bersyukur

cinta Indonesia

Foto berasal sini

Singapura negara kecil yang keren banget, sangat bersih dan rapi. Saking tertata rapinya, kamu nggak akan menemukan penjual es cendol, somay, atau abang rujak potong membuka lapak di pinggir jalan. Di situlah saya merasa beruntung tinggal di Indonesia. Karena saya dapat dengan mudah mendapatkan makanan kesukaan saya dimanapun termasuk di pinggir jalan raya.

11. Makanan Indonesia sudah go internasional

cinta Indonesia

Foto berasal dari sini

Jauh-jauh ke Kamboja, yang dicari nasi padang juga. Lucu sih, tapi kan jadi tahu ternyata masakan padang nggak cuma tersebar di Indonesia. Sudah go internasional ternyata.

12. Saling bertukar cerita tentang negara asal saat bertemu dengan traveler di jalan akan membuatmu sadar banyak bagian dari Indonesia yang patut dibanggakan

A photo posted by E C H I GO! (@echiwulan_) on

Ada kebanggaan tersendiri ketika bercerita tentang Indonesia

13. Kalau dilihat-lihat, pakaian adat Indonesia itu banyak banget, lebih banyak dari Thailand

cinta Indonesia

Foto berasal dari sini

Jika dihitung, total pakaian adat Indonesia mencapai 34 jenis. Jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan pakaian adat negara-negara tetangga lain seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Singapura.

14. Orang Indonesia memiliki jiwa kekeluargaan yang besar, saat kamu bertemu orang Indonesia di negara orang, mereka akan memperlakukanmu seperti keluarga sendiri

Saat jalan-jalan di salah satu food court di Bugis Street, saya tidak sengaja bertemu segerombolan wisatawan asal Indonesia. Setelah ngobrol-ngobrol ternyata mereka berasal dari Jawa sama seperti saya. Baiknya lagi, mereka akhirnya membayar semua makanan yang saya pesan. Baik ya! Padahal nggak pernah kenal sebelumnya.

15. Nama Indonesia sudah dikenal baik di negara-negara Asia Tenggara, jadi saat kamu jalan-jalan di sana, mereka akan menganggap kita saudara

cinta Indonesia

Foto berasal dari sini

Sebut saja kalau kamu berasal dari Indonesia, mereka dengan senang hati menjamu kita.

16. Yakin Indonesia sesuai yang kamu bayangin? Indonesia itu penuh kejutan lho

cinta Indonesia

Foto berasal dari sini

Contoh saja, jika kamu berpikir Lampung adalah kota yang gitu-gitu aja, tidak ada jawaban yang paling mengejutkan selain membuktikannya secara langsung.

17. Ragam keunikan Indonesia tersebut dibalut dalam lanskap keindahan Indonesia

cinta indonesia

Foto berasal dari sini

Duh, jadi tambah cinta Indonesia!

***

Kalau kamu gimana? Apa sih yang membuat kamu bangga telah menjadi bagian dari Indonesia? Isi kolom komentar di bawah ya. Dirgahayu Indonesiaku!

Baca juga:

banner experience