facebook pixel

Meski Cuma 3 Hari 2 Malam, Kamu Bisa Puas Menikmati 11 Destinasi Wisata Banyuwangi

Waktu liburan terlalu singkat? Destinasi wisata Banyuwangi yang sangat jauh? Cobalah itinerary perjalanan ini. Kamu bisa mengunjungi 11 destinasi dalam 3D2N


Sudah banyak bukti perihal keindahan lanskap alam wisata Banyuwangi. Saking indahnya, rasanya ingin mengunjungi ke semua destinasi wisata itu. Sayangnya, lokasi yang jauh, waktu liburan yang sempit menjadi kendala.

Itinerary perjalanan dan manajemen waktu yang baik serta fisik yang kuat memungkinkan kamu untuk mengunjugi 11 destinasi wisata dalam waktu 3 hari 2 malam.

Perjalanan berat kali ini diawali dari Stasiun Lempuyangan ke Stasiun Kereta Karang Asem Banyuwangi. Untuk mencapai kesebelas destinasi wisata berikut kamu harus menggunakan kendaraan bermotor. Estimasi waktu tempuh dihitung dari kecepatan sepeda motor. Rata-rata 60 km/jam.

Hari pertama,

1. Cantiknya Blue Fire di Kawah Ijen

kawah ijen

Foto oleh Yann

Destinasi wisata pertama yang sebaiknya dikunjungi adalah Kawah Ijen. Mengapa Kawah Ijen? Alasan yang pertama karena kereta api Lempuyangan – Banyuwangi akan tiba di stasiun Karang Asem sekitar pukul 08.30 malam. Selain itu, waktu yang tepat untuk mendaki Gunung Ijen adalah saat malam hari. Kamu bisa melihat blue fire! Sangat disayangkan mengunjungi Kawah Ijen tanpa melihat api biru.

Setibanya di stasiun Karang Asem, kamu bisa istirahat sejenak. Jika kamu lapar, kamu bisa beli makan malam di warung depan stasiun. Persiapan fisik adalah yang utama. Karena kamu akan mendaki.

Estimasi waktu : 12.00 dini hari – 07.00 pagi

2. Foto-foto di Savana Bekol, Baluran

wisata-banyuwangi-echigo

Foto oleh echigo

Pagi hari setelah turun dari Kawah Ijen, kamu bisa istirahat, sarapan, dan foto-foto selfi. Jangan lupa upload foto kamu dengan #phinemo. Kamu bisa memebeli voucher hostpot di warung Bu Im. Koneksinya cukup lancar kok.

Setelah fisik kamu cukup kuat, lanjutkan perjalanan menuju Taman Nasional Baluran. Ingat, jangan lupa mengisi penuh tangki bahan bakar kendaraan kamu. Jangan sampai kalian mengalami pengalaman nggak mengenakan seperti saya. Kehabisan bensin saat di tengah belantara hutan Baluran. Terpaksa, “nyedot” bensin dari tangki motor teman.

Estimasi waktu : 09.00 – 12.00 siang

Baca : Banyak Turis Ingin Unggah Foto di Sosmed, Warung di Gunung Ijen Jual Wifi

3. Bermain bersama monyet lucu di pinggir Pantai Bama

wisata-banyuwangii

Pantai Bama merupakan bagian dari Taman Nasional Baluran. Setelah kamu puas foto-foto di savana Bekol Baluran, lanjutkan perjalanan menuju Pantai Bama. Sepanjang jalan menuju ke sana kamu bisa melihat burung merak, rusa-rusa liar, monyet-monyet lucu, persis di Afrika. (padahal belum pernah ke Afrika)

Estimasi waktu : 02.00 – 03.00

4. Biar kuat, trekking mangrove dulu

wisata banyuwangi

Foto dari echigo

Setelah puas duduk-duduk santai di pantai sambil bermain-main bersama monyet lucu, lanjutkan perjalananmu dengan menjajal trekking Mangrove. Tidak jauh dan  kamu hanya butuh waktu kurang dari 15 menit untuk sampai di sana.

Estimasi waktu : 03.30 – 04.15

5. Makan malam romantis di sekitar Pantai Watu Dodol

wisata banyuwangi

Foto berasal dari sini

Maksimal pukul 04.30 kamu sudah harus meninggalkan Pantai Bama. Destinasi selanjutnya adalah Pantai Watu Dodol. Karena waktu sudah gelap, mungkin kamu tidak bisa melihat sunset dari pinggiran pantai. Tapi, ada referensi kegiatan menarik selain melihat sunset. Cobalah nikmati makan malam romantis di warung-warung pinggir pantai sekitar Watu Dodol. Hembusan angin laut, obrolan-obrolan ringan, serta teman perjalanan menjadi paket romantis perjalanan Banyuwangi kamu kali ini.

Estimasi waktu : 06.00 – 07.10 malam

6. Refleski diri dengan melebur bersama warga lokal di Alun-alun Sri Tanjung

wisata banyuwangi

foto dari echigo

Sudah kenyang makan, lanjutkan perjalanan menuju penginapan! Sebelumnya, mampir dulu di Alun-alun Sri Tanjung, Banyuwangi. Duduk-duduk menyaksikan aktifitas malam warga lokal sambil refleksi diri akan membuat kamu paham jika traveling itu bukan cuma tentang destinasi.

Jika kamu sudah bosan, coba deh keliling sekitar kota Banyuwangi naik becak! Becak Banyuwangi dan Jogja itu beda lho!

Estimasi waktu : 08.00 – 10.00 malam

Jangan begadang, tidur yang cukup, dan makan seadanya. Karena esok, kamu akan melanjutkan perjalanan yang lebih berat.

Hari kedua,

7. Berjumpa dengan pantai paling fenomenal di Banyuwangi, Pantai Pulau Merah

wisata banyuwangi

Foto berasal dari sini

Kamu wajib sekali bangun pagi, tidak ada kata ngaret. Jam 06.00 pagi kamu sudah harus siap untuk menuju ke Pantai Pulau Merah! Pantai Pulau Merah termasuk destinasi fenomenal di Banyuwangi. Jadi, pastikan tempat ini jadi prioritas kamu.

Estimasi waktu : 06.00 – 08.00 pagi

8. Mampir sebentar di Pantai Pancer

wisata banyuwangi

Foto berasal dari sini

Tidak jauh dari Pantai Pulau Merah, kamu bisa singgah di Pantai Pancer. Kamu bisa latihan surfing di pantai pancer. Karena tidak jauh dari pantai terdapat beberapa homestay yang menawarkan pelatihan surfing. Tapi, jika kamu nggak begitu tertarik, sebaiknya jangan berlama-lama di Pantai Pancer. Lanjutkan perjalanan menuju Teluk Hijau!

Estimasi waktu : 08.00 – 09.00

8. Menghitung deretan perahu-perahu nelayan yang diparkir di pinggir Pantai Rajegwesi

wisata banyuwangi

Foto berasal dari sini

Setelah Pantai Pulau Merah, destinasi unggulan lainnya adalah Pantai Teluk Hijau atau Green Bay. Jalur menuju lokasi masih sangat alami, dan natural. Bersiaplah melewati jalanan bebatuan dengan pemandangan menakjubkan sepanjang perjalanan. Sebelum sampai di Green Bay, mampir dulu di Pantai Rajegwesi. Banyak perahu-perahu nelayan yang bersandar yang bisa mengantarkanmu ke Teluk Hijau.

Estimasi waktu : 09.00 – 12.30

9. Penasaran dengan hijaunya air laut di Green Bay?

Foto berasal dari sini

Foto berasal dari sini

Untuk menuju ke sini, kamu bisa naik perahu nelayan atau naik kendaraan. Jika ombak cukup tenang, lebih kalau kamu naik perahu. Pantai Green Bay cukup populer di kalangan wisatawan. Air laut yang berwarna biru kehijauan serta pasir pantai putih bersih menjadi daya tarik wisata Banyuwangi ini.

Estimasi waktu : 13.00 – 14.00

10. Basah-basahan di Air Terjun Green Bay

wisata banyuwangi

Foto berasal dari sini

Kamu bisa berbasah-basahan di bawah air terjun sekitar Teluk Hijau. Belum banyak yang mengunjungi tempat ini. Jadi, masih terasa sangat asri dan sepi. Jika tidak ingin kembali ke homestay larut malam, sebaiknya jangan berlama-lama di tempat ini.

Estimasi waktu : 14.00 – 14.30

11. Meratapi nasib di Stone Beach

wisata-banyuwangi4

Foto berasal dari sini

Mumpung masih di Teluk Hijau, mampir dulu ke Stone Beach. Seperti namanya, pantai ini penuh dengan bebatuan. Jika kamu menuju Green Bay menggunakan kendaraan bermotor, kamu akan melewati pantai ini sebelum sampai di Green Bay.

Estimasi waktu : 14.30 – 15.30

banner experience