10 Destinasi Jawa yang Serupa dengan Destinasi Mancanegara

 

1. Megahnya Bukit Jaddih, Goa Goreme – Turki ala Madura

Goa Madura

Goa Goreme Turki. Foto dari Onenationtraveler

bukit-jaddih-madura

Bukit Jadih Madura. Foto oleh Maynard

Mungkin belum banyak yang tahu kalau ada suatu wilayah di Turki yang bernama Goreme, disana seluruh kota terdiri dari lubang-lubang yang menyerupai goa.

Nah ternyata di Madura juga ada tempat yang mirip dengan Goreme, Turki. Lokasinya terletak di Bukit Jaddih, Bangkalan Madura. Disana merupakan petambangan kapur yang menyerupai bukit yang hingga sekarang masih aktif digali. Nah ada beberapa lokasi yang sudah tidak bisa dimanfaatkan dan sisanya berupa lubang-lubang yang menyerupai goa.

 

2. Hutan Bambu Sagano – Jepang ala Surabaya

sagano jepang

Hutan bambu Sagano-Jepang. Foto dari mydomaine

hutan bambu surabaya

Hutan bambu Surabaya. Foto oleh Maynard

Tahu yang namanya Hutan Bambu Sagano di Jepang? Di Surabaya ada juga hutan bambu yang mirip dengan Sagano Jepang. Tepatnya bedara di samping terminal angkot Keputih, Sukolilo, Surabaya. Dulunya tempat ini adalah lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, berhubung TPA di Surabaya sudah pindah ke Benowo maka sekarang oleh Bu Risma tempat ini dimanfaatkan sebagai taman. Salah satunya adalah Hutan Bambu ini.

Takut mati gaya di Surabaya? Coba baca panduan ini: 23 hal menarik yang harus kamu coba di Surabaya!

Setelah dari hutan bambu ini kamu bisa sekalian mampir ke Taman Sakura yang berada di belakang terminal Keputih.

 

3. Menyusuri Sungai Maron-Pacitan layaknya menjelajah Amazon

amazon

Menyusuri Sungai Amazon. Foto dari globalsiteplan

sungai maron pacitan

Foto oleh Maynard

Sungai Amazon berada di Pacitan? Sensasi menyusuri sungai menggunakan perahu layaknya di Sungai Amazon ini bisa kamu rasakan di Pacitan tepatnya di Sungai Maron.

Disana kamu akan diajak menyusuri sungai selama 20 menit menuju muara yaitu pantai pasir besi, setelah sampai dan bosan bermain di pantai kamu akan diantar kembali ke dermaga dititik kamu berangkat. Sepanjang sungai dapat dilihat hutan dan pohon kelapa yang berjejer disepanjang sungai.

 

4. Berfoto berlatarkan Brown Canyon-Semarang, bak berfoto di Grand Canyon

grand canyon arizona

Grand Canyon Arizona. Foto dari Landscapehdwalls

brown canyon semarang

Brown Canyon Semarang. Foto oleh Maynard

Salah satu tempat jujugan wisata di Amerika yaitu Grand Canyon yang berupa tebing-tebing megah. Kalau cuma buat foto-foto saja rasanya tak usah jauh-jauh ke Amerika, di Semarang juga ada lho namanya Brown Canyon yang terletak di Tembalang, Semarang.

Sebenarnya lokasi ini adalah tempat penambangan, tapi ada beberapa lokasi yang dibiarkan apa adanya sehingga menyerupai tebing-tebing megah ala Grand Canyon.

Kalau ke sana jangan saat musim hujan karena jalur menuju Brown Canyon akan menjadi tanah becek berlumpur. Hati-hati terhadap truk-truk super besar yang bersliweran di area tambang.

 

5. Gumuk Pasir, Sensasi Gurun Sahara ala Yogyakarta

sahara

Gurun Sahara. Foto dari Dearyoti

gumuk pasir

Gumuk Pasir Yogyakarta. Foto oleh Maynard

Ingin ke Sahara tapi takut mati kepanasan dan tersesat? Datang saja ke Yogjakarta, di sebelah Pantai Parangtritis yang terkenal seantero jagad ini ada yang namanya Gumuk Pasir. Konon Gumuk Pasir ini satu satunya gurun pasir yang ada di Indonesia. Disana kamu bisa merasakan sensasinya berada di gurun pasir persis seperti aslinya karena bila siang sangat panas dan bila malam sangat dingin. Lokasi ini sering dijadikan lokasi manasik haji dan juga foto pre wedding.

 

6.  Bukit Bedel Arosbaya, eksotisme Petra ala Madura

petra yordania

Petra, Yordania. Foto oleh Coleman Fogg

bedel arosbaya madura

Bukit Bedel Arosbaya – Madura. Foto oleh Maynard

Pernah mendengar Petra yang berada di Jordania dan punya cita-cita pergi ke sana? Ada baiknya datang dulu ke Bukit bedel Arosbaya-Bangkalan, Madura. Meskipun disana tak ada pahatan berbentuk istana tapi lorong-lorongnya bisa dibilang mirip dengan lorong-lorong saat perjalanan menuju Petra, Jordania.

Kalau datang kesana usahakan siang menjelang sore karena sinar matahari membuat pahatan di bebatuan berwarna keemasan. Sama seperti yang sudah sudah lokasi ini sebenarnya tambang batu yang sudah berpuluh-puluh tahun ditambang sehingga menyisakan lorong-lorong batu yang sudah tidak bisa ditambang lagi.

 

7. Temple of Heaven-China ala Surabaya

temple of heaven china

Temple of Heaven China. Foto dari grayline

temple-of-heaven-surabaya

Temple of Heaven Kenjeran. Foto oleh Maynard

Temple of Heaven memang berada di China sana tapi di Surabaya ada kembarannya lho. Berada di area Kenjeran baru di samping Klenteng Sanggar Agung, duplikat Temple of Heaven ini berada. Biasanya diadakan beberapa acara disana seperti imlek, atau merayakan bulan purnama.

 

8. Patung Budha 4 Wajah yang lebih besar dari patung budha di Bangkok!

Patung Budha 4 wajah

Patung Budha 4 wajah, Bangkok. Foto oleh Fitraya (detik travel)

patung-budha-4-wajah-surabaya

Patung Budha 4 Wajah. Foto dari Indonesiakaya

Bila sudah ke Temple of Heaven di Kenjeran sekalian saja mampir ke Bangkok, cukup jalan kaki! Di sebelah utara dari Temple of Heaven KW ini ada Patung Budha 4 wajah yang bahkan lebih besar dari yang ada di Bangkok, Thailand. Persis didepan pintu masuk Klenteng Sanggar Agung. Budha 4 wajah ini juga merupakan yang terbesar diIndonesia dan sudah masuk MURI.

 

9. Goa Gong Pacitan beradu dengan Goa Phong Nha-Vietnam

phongnha vietnam

Goa Phong Nha Vietnam. Foto dari Vietnamtravelbudget

goa gong pacitan

Goa Gong Pacitan. Foto oleh Maynard

Bila ke Vietnam dan China kita pasti diantar ke gua yang besar dengan stalaktit dan stalakmit yang mengantung dan menonjol dari tanah dengan sorotan lampu warna warni yang indah.

Jangan salah, Indonesia pun tak mau kalah! Di Pacitan, Jawa Timur ada Goa Gong Pacitan, dan merupakan goa yang terbesar di Asia Tenggara. Pemandangan di dalamnya tak kalah dengan yang ada di Vietnam, malah lebih besar.

 

10. Pagoda Avalokitesvara-Semarang, tak kalah dengan Pagoda Sun Moon Lake – Taiwan

pagoda-taiwan

Pagoda Sun Moon Lake Taiwan. Foto dari geolocaton.ws

pagoda-avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara Watugong. Foto oleh Maynard

Untuk melihat pagoda yang tinggi dan besar biasanya kita harus ke Taiwan karena disana ada pagoda yang terkenal besar. Tapi di semarang juga ada lho pagoda yang tinggi dan besar.

 

Pagoda Avalokitesvara yang terletak di Watugong semarang ini sudah dicatatkan di MURI sebagai Pagoda terbesar diIndonesia saat ini. Jadi yang pengen lihat pagoda besar cukup dating ke Semarang.

Dapatkan ulasan menarik tentang dan tulisan Lain dari Maynard Caryabudi

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar