facebook pixel

Meski banyak orang bilang kalau tebing itu tempat tinggi yang mengerikan, tapi jika Kamu melihatnya dengan seksama, Kamu akan mencintainya dengan segala keindahannya,-Aprilpagi

Kita semua tahu bahwa Indonesia memiliki ragam keindahan yang tersebar mulai dari Sabang hingga Merauke. Mulai dari bawah laut hingga pucuk gunung. Tapi, banyak orang yang lupa dengan pemandangan tebing alami Indonesia yang sebenarnya indah banget.

Banyak persepsi yang mengatakan kalau tebing itu sulit dinikmati karena letaknya yang sulit dijangkau. Padahal banyak traveler yang lebih suka spot kayak gini, istilah kerennya ‘hidden treasure’.

Well, biar Kamu sadar kalau tebing itu indah, lebih baik Kamu lihat 10 tebing Indonesia yang fotogenik ini deh! Dijamin Kamu bakalan jatuh hati!

1. Tebing Bukit Kelam yang memiliki kemiripan dengan Ayers Rock di Australia

tebing indah di indonesia

Wah! Keren banget kan? Bikin jatuh cinta lah pokoknya! Sumber foto

Sekilas melihat tebing Bukit Kelam ini memang sedikit mirip dengan Ayers Rock di Australia, cuma warna bukit ini lebih kelam dan hitam. Tebing Bukit Kelam ini berada di dekat kota Sintang dan sekitar 395 km dari Pontianak.

Tebing Bukit Kelam ini sendiri merupakan sebongkah batu raksasa. Bongkahan batu raksasa ini  berada di antara dua sungai besar yaitu Sungai Melawi dan Sungai Kapuas, jadi jika Kamu naik ke bongkahan batu ini Kamu akan merasa berada di tengah sungai gitu.

2. Siapa sangka, Tangerang yang dikenal dengan kota industri punya Tebing Koja Kandang Godzilla yang keindahannya bikin Kamu terpesona

tebing godzhila

Paling enak dateng ke sini pas sunrise atau senja. Sumber foto

Kamu yang tinggal di Jakarta, sebaiknya masukin Tebing Koja Kandang Godzila sebagai bucket list destinasi liburan akhir pekan deh. Terletak di Desa Cisuka Tangerang, Tebing Koja Kandang Godzilla ini emang punya pemandangan yang eksotis.

Kamu bakal melihat tebing-tebing tinggi berwarna kecoklatan yang dikelilingi hijaunya sawah dan kolam yang menyegarkan. Yakin banget, Kamu juga nggak bakalan percaya kalau Tangerang punya hidden treasure yang amazing banget kayak gini. 

tebing godzhila

Fotomu bakal lebih oke kalau diambil dari spot ini. Sumber foto

Oiya, kenapa tebing ini disebut Kandang Godzila? mungkin karena lanskap Tebing Koja mirip kayak di salah satu scene film Godzilla kali ya?

3. Tebing Masigit di Bandung

tebing indah di indonesia

Tebing untuk Kamu yang kekinian karena sudah dirambah oleh banyak wisatawan hits. Sumber foto

Tempat bersantai di Bandung memang banyak, tapi kalau ke Tebing Masigit Bandung ini nuansanya memang nggak santai karena Kamu bakalan tes adrenalin. Mengambang di udara sambil diterpa angin kencang.

Tebing ini berada di Gunung Masigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kamu harus sabar untuk mengantre, kalau ingin menikmati spot unik di Bandung ini karena sekarang banyak peminatnya.

4. Tebing Kapur Pantai Melasti

tebing indah di indonesia

Tebingnya ala-ala luar negeri kan? Keren banget kan? Foto oleh sendyrojer88

Tuhan memang tak habis-habisnya bikin kita merasa bahagia dengan segala keindahan spot di bumi ini khususnya Indonesia.

tebing indah di indonesia

Duh,cocok buat foto-foto nih! Foto oleh nikitarimami

Bertempat di Pantai Melasti, Ungasan Bali ada sebuah tebing kapur menarik yang sering dijadikan spot foto para millennial dan turis mancanegara. Tebing yang satu ini memang sedikit berbeda karena tak begitu berbahaya untuk dikunjungi. Istilahnya tourist-able lah! 

Kalau Kamu berencana ke Bali lebih baik mampir ke sini aja untuk melihat langsung tebing indah ini.

5. Tebing Karst Maros

tebing indah di indonesia

Keren banget! Sumber foto

Entah mengapa, sekilas melihat kawasan tebing Karst Maros ini bikin hati tenang. Setiap lanskap selalu menonjolkan keindahan alam yang tak bisa dihindari keindahannya.

tebing indah di indonesia

Keren kan? Emang! Sumber foto

Kamu yang ingin merasakan keindahan Karst Maros ini bisa ke kawasan desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros. Kawasan tebing Karst Maros ini sendiri merupakan karst terbesar ketiga di dunia.

6. Taman Tebing Breksi, tebing kapur alami yang kini jadi tebing seni tingkat tinggi

tebing indah di indonesia

Ini tebing kekinian di Jogja. Foto oleh Dedy Lapalani

Sekarang mari menegok tebing Jogja yang sedang hits bernama Tebing Breksi. Tebing ini memiliki keindahan alami yang kini dipercantik dengan ukiran dari para tangan kreatif yang bikin tebing ini makin cantik.

Kawasan tebing ini bisa dibilang tebing paling aktif karena biasanya menjadi tempat pagelaran hiburan. Tebing ini cocok untuk Kamu yang malas trekking.

7. Tebing Bukit Kapur, Sekapuk, Gresik

tebing indah di indonesia

Cantik kan? Sumber foto

Satu lagi tebing keren di Indonesia yang bisa Kamu kunjungi yaitu Tebing Bukit Kapur di Gresik. Tebing bukit kapur ini sebenarnya bukanlah tempat wisata, melainkan lokasi penambangan, tapi setelah aktivitas penambangan di sini sudah tak lagi beroperasi, tebing dan lorong kapur ini malah jadi incaran wisatawan. Banyak sekali wisatawan yang datang ke sini dan berfoto dengan lekuk indah pemandangan tebing bukit ini.

Kamu yang tinggal di sekitar Sekapuk, Ujungpangkah, Gresik ini harusnya sesekali mampir ke destinasi ini untuk sekedar melihat keindahannya.

8. Bukit Kapur Arosbaya, Madura

tebing indah di indonesia

Ada bule yang foto di sini juga lho. Sumber foto

Beralih ke Madura, di pulau ini ternyata ada sebuah tebing epik yang sering jadi spot foto para instagramer.

Kamu cuma butuh ke Plalangan Madura untuk bisa sampai di tempat epik ini. Banyak juga lho bule yang datang ke sini untuk memotret. Beberapa spot yang disukai adalah spot tebing bergerigi yang memiliki nilai seni untuk diabadikan. Kamu wajib ke sini pokoknya kalau ke Madura!

9. Tebing Cukang Taneuh, Pangandaran

tebing indah di indonesia

Cukang Taneuh. Sumber foto

Banyak orang tergila-gila dengan Cukang Taneuh Pangandaran. Emang sih tempat ini tuh alami dan seger banget untuk dinikmati.

tebing indah di indonesia

Keren ya! Wajib banget ke sini. Sumber foto

Menurut kami, yang paling keren dari Cukang Taneuh adalah tebingnya. Tebing yang mengapit Cukang Taneuh ini memiliki keindahan yang cukup bikin merinding karena dilapisi dengan hijaunya dedaunan dan lumut. Yang lebih kerennya lagi adalah bentuk tebing ini tak beraturan yang bisa bikin foto para wisatawan jadi epik banget!

10. Meski sering dianggap bukan tempat wisata, tapi Brown Canyon Semarang ini memiliki tebing yang menakjubkan

tebing indah di indonesia

Keren banget kan? kayak di luar negeri gitu kan? Sumber foto

Banyak banget blogger yang mengedukasi kalau Brown Canyon Semarang bukanlah tempat wisata, tapi banyak juga anak hits yang merasa kalau tempat ini jadi tempat wisata. Apapun anggapannya, yang jelas ini Brown Canyon ini memiliki tebing yang menakjubkan. Bahkan, sebutan Brown Canyon ini muncul karena tempat ini mirip banget dengan Grand Canyon di utara Arizona, Amerika serikat.

***

Setelah Kamu melihat 9 tebing di atas Kamu pasti langsung pengen traveling kan? Haha mumpung besok weekend, mending persiapkan uang saku dulu biar pas weekend bisa ke 9 tebing di atas dan menyaksikan keindahannya secara langsung. Jangan lupa, share pengalaman liburanmu 9 tebing di atas ke Phinemo Experience. 

Baca juga:

banner experience