10 Taman di Bandung yang Cocok Untuk Kabur Dari Jenuhnya Rutinitas

Berkunjunglah ke sini dan taman - taman di bandung ini akan menghiburmu.

Ditulis Oleh Ashadi Natha Prasetyo

Foto dari foxlox.net

Bandung yang memiliki sebutan sebagai Kota Kembang sempat kehilangan pamornya pada beberapa tahun silam. Seakan ingin mengembalikan pamor Bandung sebagai Kota Kembang dan ingin melihat warganya berinteraksi di luar ruang serta menikmati udara segar, serta demi mencoba menaikan taraf index of happiness warganya, Walikota Bandung mencoba mewujudkan ide-ide kreatif melalui taman tematik yang dibuat sangat menarik;

1. Mengunjungi taman terbesar di Alun-Alun Bandung

alun-alun bandung

Foto dari foxlox.net

Taman Alun-Alun merupakan taman yang sudah menjadi ikon Kota Bandung sejak lama. Telah mengalami beberapa kali perubahan pada pemerintahan walikota sebelumnya, wajah Alun-Alun Kota Bandung kini terlihat lebih manis dan menarik.

Melewati Jalan Asia Afrika yang legendaris, kita akan menemukan sebuah Masjid Agung yang dikelilingi oleh hamparan rumput sintetis berwarna hijau kotak-kotak dan dikelilingi tanaman yang berwarna warni. Biasanya di taman ini banyak digunakan oleh warga Bandung untuk melakukan aktifitas seperti foto, membaca buku, duduk bersama teman atau keluarga serta arena bermain bagi anak-anak seperti ayunan dan jungkat jungkit.

Selain itu yang menarik disini adalah disamping Masjid Agung terdapat sebuah halte bagi kendaraan umum serta papan penanda yang berukuran besar bertuliskan Alun-Alun Bandung yang dimana di antara tulisan tersebut di pasang beberapa ayunan supaya penumpang yang menunggu kendaraan umum tidak mudah bosan.

 

2. Bertemu sesama jomblo di Taman Jomblo

taman jomblo

Foto dari ecoyouth

Taman ini terletak di bawah jembatan Pasupati sehingga sering disebut juga Taman Pasupati atau dengan sebutan yang terkenal sebagai Taman Jomblo. Diberikan nama Taman Jomblo karena bentuk dari kursi yang berukuran kecil yang hanya muat satu orang serta kursi tersebut diberi warna-warna yang mencolok.

Sebelum menjadi taman, tempat ini merupakan tempat kumuh, gelap, rawan dan sering diabaikan oleh banyak orang. Tapi sekarang diubah menjadi tempat nongkrongnya muda-mudi Kota Bandung yang mengaku jomblo. Jadi kalau kamu punya pasangan, jangan datang ke sini ya!

Masuk lebih ke dalam taman ini, terdapat sebuah lapangan skateboard bertaraf internasional sebagai wadah bagi anak-anak remaja penyuka olahraga yang bisa dibilang ekstrim. Karena sebelum taman ini dibuat, mereka sering menggunakan fasilitas umum yang bisa menggangu kenyamanan orang lain dan keamanan dirinya sendiri.

 

3. Nikmatnya bermusik ria di Taman Musik Centrum

taman-musik-centrum

Foto dari iradiofm

Tidak hanya terkenal dengan kreativitasnya, Kota Bandung juga ibarat sebuah pabrik bagi munculnya seniman-seniman muda pecinta musik tanah air. Berlokasi di Jalan Belitung, awalnya taman ini dipakai oleh anak-anak SMA untuk berolahraga dan berbagai kegiatan lainnya.

Untuk menampung aspirasi anak muda Kota Bandung yang hobi dengan bermusik, akhirnya Kota Bandung mewadahi dan memberikan sebuah taman musik. Dengan harapan para musisi muda Kota Bandung dapat kesempatan untuk perform secara gratis sebelum mereka turun ke dunia musik yang sesungguhnya.

Dengan dikelilingi pepohonan yang rindang, taman ini juga diberikan fasilitas seperti wifi gratis, lampu penerangan untuk malam hari, listrik untuk tempat charge HP, dan terdapat panggung kecil di tengahnya. Supaya muda-mudi Kota Bandung betah berlama-lama menikmati taman ini.

 

4. Melihat air menari di Taman Vanda

taman vanda bandung

Foto dari Putra Prima (Kompas.com)

Berlokasi di keramaian Jalan Merdeka, rasanya tidak sulit untuk menemukan taman ini. Taman yang dulunya diberi nama Taman Dollar karena dekat dengan sebuah bank nasional kini mulai menjadi primadona baru di Kota Bandung.

Apabila datang pada siang hari, taman ini akan terlihat biasa saja. Tapi cobalah untuk datang di sore hingga malam hari. Dilengkapi pencahayaan yang muncul dari lubang khusus di lantai, air yang keluar akan disorot dengan lampu yang berwarna-warni. Tidak hanya itu air yang keluar pun terkadang menyembur bergantian, terkadang juga menyembur bersama-sama. Layaknya dipandu oleh seorang koreografer.

 

5. Belajar jenis tanaman di Pustaka Bunga

Taman yang dulu diberi nama Taman Cilaki karena berada di Jalan Cilaki berubah menjadi indah dan semakin tertata dengan rapi dengan banyaknya tanaman yang beraneka ragam lengkap dengan berbagai jenis bunga-bunga yan berwarna-warni.

Setelah mengisi buku tamu, terdapat sebuah kotak donasi untuk pemeliharaan taman yang sifatnya sukarela. Semakin masuk ke dalam, kita akan merasakan suasana sejuk karena dikelilingi pepohonan yang rindang dan bunga-bunga yang penuh warna. Tidak lupa juga, setiap tanaman dan bunga yang berada di taman ini diberi nama dan nama latin. Supaya para pengunjung mengetahui jenis-jenis tanaman yang berada disini.

 

6. Berkumpul di Taman Lansia

taman-lansia

Foto dari bersapedahan

Walaupun diberi nama Taman Lansia, bukan berarti yang berada di sini adalah orang-orang yang lanjut usia. Anak-anak muda baik dari Kota Bandung maupun dari luar kota sangat senang mengunjungi taman ini untuk sekedar berkumpul, jalan-jalan, rekreasi.

Bersebelahan dengan Gedung sate dan ukuran taman yang cukup luas, kita bisa mengelilingi taman ini sembari olahraga kecil sambil menghirup udara segar. Fasilitas yang diberikan di taman ini cukup lengkap seperti wifi gratis, kursi dan meja kayu, toilet yang bersih. Selain itu, Taman lansia juga dibuatkan dua buah danau kecil sebagai tempat antisipasi banjir di daerah ini.

 

7. Berkumpul dan belajar fotografi di Taman Fotografi

taman-fotografi

Foto oleh astridho

Bandung terkenal dengan komunitas-komunitasnya yang sangat banyak dan tentunya menarik. Seperti Taman Fotografi contohnya. Berada di Jalan Cempaka, taman ini diberikan oleh Walikota sebagai wadah bagi komunitas pecinta fotografi untuk menyalurkan bakat-bakatnya.

Dibuatnya taman ini mendapat respon positif dari para komunitas, karena mereka bisa bertemu dengan sesama penghobi foto untuk saling bertukar ide dan berbagi kegiatan yang berkaitan dengan dunia fotografi. Tidak jarang juga tempat ini dijadikan sebagai tempat pameran terbuka dari para komunitas tersebut untuk memamerkan hasil karya fotonya.

 

8. Menonton film gratis di layar raksasa di Taman Film

taman-film-bandung

Foto dari selasar

Pernahkah kamu membayangkan menonton film di tempat outdoor di bawah jembatan layang? Ya, Kota Bandung dengan segala keindahannya sering kali memberikan kejutan yang tidak terduga bagi masyarakatnya.

Dengan ukuran layar yang super besar serta beton yang dibuat berundak untuk tempat duduk, taman ini juga diberikan lesehan rumput sintetis berwarna hijau di depan layar bagi warga yang ingin duduk lesehan. Pemanfaatan lahan di bawah kolong jembatan menurut Kang Emil, merupakan upaya untuk memakai dan memanfaatkan lahan-lahan yang terbengkalai.

 

9. Berolahraga bersama hewan kesayangan di Pet Park

pet-park

Foto dari saungpanjat

Awal mula dibangun taman ini karena adanya beberapa warga yang terganggu dengan adanya orang yang membawa hewan peliharaan ke taman. Untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan, makan Walikota Bandung membuat secara khusus sebuah taman bagi hewan-hewan peliharaan.

Berlokasi di Jalan Cilaki, setiap warga yang memiliki hewan peliharaan diperbolehkan untuk membawa hewan peliharaannya ke sini. Seperti di taman-taman lain yang diberikan fasilitas yang memadai, di taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Seperti jogging track, alat ketangkasan hewan, dan kandang hewan.
Biasanya pada akhir pekan, banyak warga yang membawa hewan-hewan kesayangannya ke tempat ini untuk bersosialisasi serta mengajak hewan peliharaannya untuk berolahraga.

 

10. Melihat pahlawan super dari dekat di Taman Super Hero

taman superhero

Foto dari Ridwanspektra

Bagi yang memiliki anak kecil pasti akan sangat senang bermain di taman ini, apalagi bertemu dengan idolanya yang sering mereka lihat di film-film. Terdapat super hero yang terkenal seperti Gatot Kaca dan Gundala dari Indonesia, ada juga Batman, Superman, dan Spiderman. Super hero yang sudah menjadi idola anak-anak.

Walaupun ukuran taman ini tidak cukup besar, namun rindangnya pepohonan membuat warga betah berlama-lama untuk beraktivitas di sini. Selain itu juga, warga yang datang ke taman ini bisa menikmati asyiknya sensasi main voli pantai. Dan untuk menarik minat warga serta anak-anak untuk bermain di taman ini, telah disediakan juga sebuah perpustakaan.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang JAWA BARAT, tulisan lain Ashadi Natha Prasetyo

Tag : ,



Berikan Komentar Dibawah

Airy Rooms
Next Post