Launching Festival Tenun Ikat dan Parade Pesona Kebangsaan 2017

Kalau Kamu ke NTT di waktu yang tepat, Kamu bakal dapat bonus ikut Festival Tenun Ikat dan Parade Pesona Kebangsaan 2017!

Wike Sulistiarmi • May 16, 2017

Nusa Tenggara Timur saat ini banyak dilirik oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Meskipun begitu, banyak wisatawan kurang memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk ke sana. Ada yang ingin datang di bulan Januari, ada juga yang datang di akhir tahun. Tapi, sebenarnya NTT akan lebih nikmat jika Kamu datang di pertengahan tahun. Saat bulan Juni atau pun Juli!

Ini alasan mengapa Kamu harus datang ke NTT di pertengahan tahun

nusa tenggara timur

Lounching Festival Tenun Ikat dan Parade Pesona Kebangsaan 2017. Sumber foto

Baru-baru ini Menteri Pariwisata, Arief Yahya bersama Gubernur NTT, Bupati Sumba, dan Bupati Ende telah meluncurkan sebuah event bertajuk budaya, yaitu Festival Tenun Ikat dan Parade Pesona Kebangsaan 2017 jum’at lalu (16/3).

Nah, event ini rencananya akan diselenggarakan bulan Juni dan Juli 2017 mendatang di Pulau Sumba dan Kabupaten Ende.

Kamu bukan hanya jalan-jalan dan ketemu Komodo saja, tapi Kamu juga ikut meramaikan ribuan penenun dalam Festival Tenun Ikat jika datang ke NTT bulan Juni mendatang

nusa tenggara timur

Ini salah satu pameran yang memamerkan Tenun Ikat Sumba. Sumber foto

Berdasarkan keterangan Arief Yahya, potensi wisata budaya Indonesia lebih menonjol daripada wisata yang lain, bahkan porsinya mencapai 60% dari seluruh jenis wisata seperti wisata alam, dan wisata buatan. Oleh karena itu, pemerintah fokus untuk menonjolkan Tenun Ikat Sumba untuk menarik wisatawan. 

Hal ini juga diperkuat dengan antusias warga dunia sejak abad ke-18 yang telah melirik Tenun Ende dalam perdagangan Bangsa Eropa dan menerapkannya dalam kebutuhna fashion, interior, dekorasi, maupun aksesoris. Well, dengan adanya Festival Tenun Ikat ini tentu saja akan banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia, khususnya NTT.

Festival Tenun Ikat akan diramaikan oleh 2.000 penenun dari tiap daerah Pulau Sumba

nusa tenggara timur

Penenun Tetun Ikat. Sumber foto

Festival Tenun Ikat Sumba ini akan diikuti oleh sekitar 2.000 penenun dari empat Kabupaten sedaratan Pulau Sumba, yaitu Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Timur.

Agar para wisatawan semakin antusias dengan festival ini, para penenun akan memperagakan cara menenun dar memintal, mengikat benang, memberi warna, hingga menjadi kain tenun yang siap untuk dipakai.

Beralih di Bulan Juli, Kamu bisa merasakan kemeriahan NTT dengan mengikuti Festival Pesona Kebangsaan di Kabupaten Ende

Meskipun bulan Juni telah berlalu, keseruan di pertengahan tahun tidak akan surut karena di bulan Juli akan ada Festival Pesona Kebangsaan di Kabupaten Ende.

Meskipun untuk tujuan wisata, namun dalam festival ini, Kamu juga akan merasakan pesta yang akan membangkitkan semangat kebangsaan dan nilai gotong-royong. Selama sepekan penuh, Kamu akan dihantar untuk mengenal lebih jauh Danau Kelimutu.

***

Bulan Juni dan Juli adalah waktu di mana curah hujan tak tinggi dan panas juga tak begitu terik. Kamu bisa merasakan liburan dengan tenang di NTT sembari mengenal lebih jauh budaya Indonesia lewat Festival Tenun Ikat dan Festival Pesona Kebangsaan.

Well, mending sekarang nabung aja biar bulan Juni dan Juli bisa cuss ke Nusa Tenggara Timur!

Baca juga artikel menarik lain di phinemo:


Tinggalkan Komentar

Komentar