Belajar Videografi dengan Smartphone Bersama Teguh Sudarisman

Video smartphone Kamu bisa seperti hasil dari kamera canggih lho! Kamu bisa lakukan seperti di point 7! Biar nggak penasaran coba deh di cek!

Mia Kamila • April 19, 2017


Ternyata bikin video smartphone itu simple lho! Nggak seribet yang dibayangkan. Setelah mengikuti kelas smartphone videografi bersama mas Teguh Sudarisman, ada sebuah gambaran simple dalam membuat video menggunakan smartphone. Meskipun keterbatasan alat (hanya menggunakan smartphone) hasilnya pun nggak kalah bagus kok dari hasil videografer profesional!

video smartphone

Mas Teguh lagi jelasin  cara bikin video pake hp saat Grand Opening Hazotel Hotel Semarang | Dok. pribadi penulis

Siapkan smartphone, rekam, edit upload. Jadi deh narsis…!

Biar Kamu nggak bingung, kami share sedikit materi yang diberikan oleh mas Teguh untuk menghasilkan video menggunakan smartphone.

Semua smartphone sama saja, asal ada kameranya bisa dipakai kok. Nggak harus smartphone mahal

video smartphone

Cek dulu kameranya, ya! sumber foto

Coba Kamu cek smartphone Kamu! Apakah kamera smartphone Kamu bekerja secara normal? Kalau memang masih normal, kenapa nggak dipakai aja? Oke, gunakan kamera smartphonemu dengan maksimal. 

Cek dan pelajari aplikasi yang mendukung edit video smartphone Kamu

video smartphone

salah satu contoh aplikasi edit vedeo sumber foto

Banyak sekali aplikasi edit video yang disediakan plyastore atau di appstore. Pilih salah satu yang kamu kuasai. Aplikasi edit video yang bisa Kamu gunakan seperti viva video, KineMaster, Filmora Go, Video Shop, Video Editor, Adobe Premiere Clip dan masih banyak lainnya. Kamu juga bisa memilih apliasi yang berbayar atau gratis. 

Kamu bisa menggunakan alat-alat pendukung tambahan untuk proses pengambilan video

video smartphone

Pakai 3 pod juga bisa Sumber foto

Biar hasil videomu lebih maksimal, Kamu bisa gunakan alat-alat yang mendukung proses pengambilan gambar. Kamu bisa menggunakan tripod agar hasil videomu tidak goyang. Kamu pun bisa menggunakan stabilizer saat Kamu mengambil gambar sambil jalan. 

Stabilizer ini membantu agar gambar yang Kamu hasilkan tidak goyang meskipun Kamu mengambilnya dengan sambil berlari.

Bikin story board atau konsep video yang akan Kamu buat

video smartphone

Tulis dulu konsepnya | photo by Kurnia Theo Rahmanto

Konsep ini penting banget. Buat semacam cerita pendek untuk video yang akan Kamu produksi. Anggap saja ini sebuah skenario cerita dalam video Kamu. Misalnya Kamu ingin mengambil video perjalanan, maka Kamu harus susun konsepnya saperti apa, dan menentukan angle yang pas.

Kamu bisa merencanakan liputan, sesuai dengan konsep yang Kamu buat

video smartphone

Tentukan rencana liputan Sumber foto

Setelah konsep yang Kamu buat sudah matang silahkan rencanakan liputan. Di mana Kamu akan mengambil gambar, siapa tokoh yang menjadi obyek dalam cerita di video Kamu hingga aktivitas yang menggambarkan isi dari video Kamu.

Setelah konsep matang, Kamu bisa memulai untuk proses pengambilan gambar

video smartphone

Silahkan Kamu lakukan pengambilan video | Dok. pribadi penulis

Konsep sudah matang? Oke, segera lakukan proses pengambilan gambar sesuai dengan rencana yang sudah matang. Lakukan pengambilan gambar di lokasi yang sudah Kamu tentukan sebelumnya. Jika ada perubahan dari konsep yang Kamu bikin sebelumnya maka bisa dipastikan bahwa konsep Kamu belum matang.

Lakukan editing menggunakan aplikasi yang sudah Kamu pahami

Edit-edit biar jadi bagus sumber foto

Setelah mendapatkan hasil video, maka Kamu bisa melakukan editing. Kamu bebas memilih aplikasi yang ada di smartphone Kamu. Potong yang sekiranya tidak penting dan tambahkan filter bila itu dibeperlukan. Ingat, jangan terlalu banyak filter, biar hasilnya tetap natural dan tidak lebay

Setelah beres, Kamu bisa upload dong ke media sosial Kamu

Yeee! Video sudah selesai diedit. Langkah selanjutnya adalah upload di sosial media dong! Kamu bisa mengupload video itu di youtube atau intagram. Kamu bisa melihat berapa durasinya! Bila hanya satu menit, maka cukup di-upload di instagram. Jika lebih Kamu bisa upload di youtube.  

Jangan hanya diupload saja, share video Kamu!

Setelah Kamu selesai upload video ke youtube, maka Kamu bisa share video itu biar banyak orang tahu dong video keren Kamu! 

***

Gimana? Gampang kan? Nggak usah galau karena teman Kamu menggunakan kamera canggih. Pakai smartphone pun bisa juga tuh! Lebih hemat dan hasilnya pun nggak jauh beda, kan? Yakinlah dengan kemampuan smartphone Kamu!

Cari lagi artikel tentang video lainnya di sini!


Tinggalkan Komentar

Komentar