10 Trik Menabung Untuk Modal Traveling yang Bisa Dilakukan Siapa Saja

Cara dapat uang untuk traveling? 10 cara ini bisa Kamu terapkan, Lho! Cek di sini!

Mia Kamila • May 3, 2017

Pada dasarnya traveling memang butuh biaya. Jangan pernah mengeluhkan nominal jumlah gaji yang Kamu terima karena kalau niat, Kamu bisa menabung untuk mendapatkan uang buat modal jalan-jalan. 

Bagus lagi kalau sejak awal Kamu emang udah punya semacam destinasi impian, menabungmu akan lebih terencana karena seenggaknya Kamu tahu kisaran budget yang Kamu butuhkan untuk mencapai destinasi impianmu itu.

Ingat, gimana pun traveling itu hobi. Jadi jangan sampai hobi kita itu mengganggu neraca keuangan kita! 

Nih, Phinemo kasih tahu tips nabung buat traveling, kalau Kamu lakuin ini dijamin nggak sampai tahunan, destinasi impianmu bisa Kamu kunjungi!

Jangan galau ketika traveling nggak ada biaya! Jadilah smart traveler

1. Sisihkan gajimu di awal, sebesar yang Kamu mau. Di sini tekadmu diuji

Nabung jutaan itu gampang kalau niat kuat! Sumber Foto

Menyisihkan uang gaji di awal itu cara paling ampuh untuk mulai menabung. Kamu tinggal mengatur berapa jumlah yang ingin Kamu peroleh dan berapa lama waktu untuk mendaparkan jumlah itu.

Misalnya Kamu ingin mendapatkan uang 3 juta. 

Yang Kamu lakukan adalah menyisihkan Rp500.000 degan jangka waktu 6 bulan. Maka Kamu dengan mudah akan mendapatkan nominal yang Kamu inginkan. 

Paling penting adalah sisihkan uang tabungan itu di awal, jangan menunggu sisa di akhir bulan karena kemungkinan besar pasti Kamu tergoda menggunakannya untuk yang lain.

2. Coba deh mulai kepo produk-produk Bank yang Kamu pakai jasanya, siapa tahu ada yang cocok untuk mendukung niat menabungmu ini. Beberapa Bank bahkan ada yang menyediakan tabungan traveling lho!

Potong auto debet Sumber Foto

Saat Kamu membuka rekening di awal, pasti Kamu ditawari semacam tabungan berjangka yang dipotong otomatis dari rekening Kamu. Kalau menurutmu itu bisa membantu, coba deh beli produk itu. Uang yang sudah kepotong nggak bisa diambil tiap saat seenakmu. Kamu bisa mengambilnya saat jatuh tempo yang ditentukan. Bagus tuh biar nggak kegoda habisin duit buat keperluan yang sebenernya nggak penting-penting banget.

3. Rinci pengeluaran Kamu setiap bulannya. Di sini Kamu harus jujur sama diri Kamu sendiri, nggak perlu lah Kamu manipulasi catatan pengeluaranmu sendiri biar seolah terlihat hemat

Rinci dengan detail Sumber Foto

Biarpun sebenernya malesin banget, tapi merinci pengeluaran itu penting! Kita kadang sering nggak sadar, jajan ini itu, eh tahu-tahu kantong jebol. 

Karena tadi Kamu udah menisihkan gaji di awal, catatan ini sebenarnya lebih ke agar Kamu bisa bertahan hidup dengan sisa gaji yang ada.

Ingat, catat semuanya sampai pengeluaran sekecil apapun. Kecil kalau itu rutin Kamu lakukan nggak berasa tahu-tahu duitmu abis. Ini yang sering terjadi.

 

4. Kalau memungkinkan, coba deh cari kerja sampingan. Sukur-sukur kerja sampinganmu malah bisa bikin Kamu menuju destinasi impianmu, semacam jadi pemandu wisata atau penerjemah turis asing mungkin?

Jadi travel writer bisa jadi tambahan Sumber Foto

Mencari side job itu sah-sah saja! Asal Kamu bisa bagi waktu, Kamu nggak perlu khawatir dengan pekerjaan utama Kamu. 

Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa Kamu kerjakan. Menjadi pemandu wisata misal, atau penerjemah. Atau bisa juga kalau Kamu suka iseng bikin kerajinan dan bagus, coba deh jual ke teman-teman Kamu.

5. Buat celengan ala-ala dari toples atau barang bekas lainnya. Usahakan bikin yang lucu dan semangat. Letakan di tempat strategis juga biar nggak malas mau masukin duit

Celengannya lucu Sumber Foto

Untuk memotivasi, Kamu bisa bikin celengan ala-ala. Bisa Kamu gunakan toples atau botol air mineral bekas yang transparan. Kamu pun bisa menentukan nominal rupiah yang akan masuk dalam celengan itu. Misalnya Kamu bisa saja menentukan hanya memasukkan lembaran uang lima puluh ribuan setiap minggunya.

6. Kamu harus tahu mana kebutuhan mana keinginan. Kadang kita nggak sadar, hal yang awalnya kita anggap kebutuhan ternyata cuma ‘nafsu’ sesaat

Bedankan ya!Sumber Foto

Agar usaha berhemat Kamu tidak sia-sia, maka Kamu harus bisa membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Dengan begitu Kamu tidak akan membeli barang yang tidak penting sesuai keinginan Kamu. Nggak apa-apa sih, Kamu membelinya. Tapi sebaiknya belilah yang dibutuhkan!

7. Makan enak boleh, tapi nggak terus-terusan deh!

Sekali-kali makan enak Sumber Foto

Ngirit belum tentu harus makan tidak enak dan tidak bergizi. Kamu bisa kok, membeli beberapa bahan untuk dimasak. Dengan begitu Kamu akan menghemat sedikit daripada harus beli makanan jadi di warung. 

8. Katakan tidak untuk jalan-jalan ke mal!

Nggak usah shopping Sumber Foto

Nongkrong dan jalan ke Mall membuat Kamu akan jadi boros (biarpun niat awalnya cuma lihat-lihat). Jadi sebaiknya dihindari dulu. Kamu bisa melakukan hal lain seperti pergi ke perpustakaan atau diam diri di rumah sambil nonton film Korea misalnya. Selain mencegah untuk tidak lapar mata, hal itu pun bisa menghemat uang transportasi, lho!

9. Cari wifi gratisan di kantor atau fasilitas umum itu perlu untuk berhemat uang pulsa. Nggak perlu malu dikatain fakir wifi, toh nggak ganggu orang lain, kan?

wifi gratis bisa jadi solusi Sumber Foto

Biar nggak boros pulsa Kamu bisa menggunakan fasilitas wifi gratis. Saat di Kantor, Kamu bisa menghidupkan wifi agar paket data yang Kamu miliki tidak berkurang. Kamu bisa menggunakan paket data saat kembali di rumah. Sedikit hemat kan?

10. Dan akhirnya, konsistensilah yang jadi kunci utama menabung

Konsisten ya!Sumber Foto

Mau Kamu pakai trik atau cara apapun, yang paling penting dari semuanya itu Kamu kudu konsisten!

Jika hanya niat maka Kamu tidak akan mendapatkan hasil. Lakukan dengan konsisten. Jalankan semua rencanamu, sekali Kamu tidak melakukannya, maka segala rencanamu akan berantakan! 

***

Nah, 10 hal simpel itu bisa Kamu lakukan lho gais! Mungkin Kamu punya cari sendiri yang lebih jitu untuk mendapatkan uang  untuk modal traveling dalam waktu singkat? Kamu bisa share juga lho di kolom komentar di bawah!

Kamu juga bisa dapat tips traveling lainnya lho! 

Tips Traveling ke Luar Negeri Hanya dengan Budget 2-3 Juta Rupiah

 


Tinggalkan Komentar

Komentar