Biar Puasamu Lancar Saat Traveling Kamu Bisa Lakukan Hal Ini!

Jalan-jalan bukan jadi alasan buat batalin puasa!

Mia Kamila • May 30, 2017

Bulan Ramadhan telah tiba guys. Kamu yang hobi traveling pasti sudah menimbang-nimbang apakah Kamu akan tetap traveling saat bulan puasa atau memutuskan untuk libur traveling di bulan Ramadhan. “Kalau traveling pasti keluar tenaga banyak dan pasti nggak kuat buat puasa.” Yap, intinya Kamu pun nggak mau ibadah puasamu terganggu oleh hobi traveling yang Kamu lakoni.

Traveling nggak peduli lagi puasa apa nggak kalau memang ingin traveling ya berangkat aja!

Biar puasa Kamu lancar dan nggak terganggu sama acara travelingmu, Kamu bisa lakukan beberapa cara ini!

Pertama Kamu harus memastikan bahwa kondisimu benar-benar sehat dan sedang tidak terganggu bila melakukan keduanya

Harus sehat Sumber

Menentukan kondisi badan adalah hal yang terpenting yang harus Kamu lakukan pertama Kali. Nggak lucu kan kalau Kamu harus membatalkan puasa gara-gara terlalu capek saat traveling. Pastikan juga Kamu sudah meminum mulitifitamin untuk menjaga kondisi tubuhmu.

Disarankan untuk membawa barang-barang yang sekiranya perlu saja, biar Kamu nggak merasa berat dan repot

kemas barang seperlu Kamu Sumber

Jangan membawa barang yang terlalu banyak. Usahakan bawa koper biar Kamu teras nyaman dan nggak merasa berat membawa beban di pundak. 

Cari destinasi yang ramah dengan umat muslim. Misalnya nih dengan mengunjungi spot masjid bersejarah

Bawa koper biar nggak capek Sumber

Banyak sekali destinasi yang nyaman untuk dikujungi pada bulan Ramadhan. Misalnya Kamu bisa datang ke sebuah masjid bersejarah atau tempat-tempat bersejarah lain. Hindari kegiatan traveling yang dirasa ekstrem dan banyak tantangan. 

Sahur dengan makanan yang bergizi dan jangan sampai nggak makan sahur

makan yang sehat Sumber

Makan makanan bergizi saat santap sahur. Misalnya makan nasi dan sayur yang cukup. Kamu juga bisa menambahkan dengan minum susu dan minum air putih yang cukup selama bulan puasa.

Dua gelas saat buka, empar gelas saat malam hari dan dua gelas saat sahur. Hal ini bisa menghindari Kamu dari dehidrasi meskipun aktivitas Kamu sedang padat.

Kamu bisa menggunakan waktu ibadah sebagai waktu istirahat di tengah-tengah kegiatan traveling Kamu

jangan lupa sholat Sumber

Saat traveling Kamu menjalankan ibadah puasa, jangan lupa ibadah yang lainnya ya! Kamu bisa menggunakan waktu sholat sebagai waktu istirahat. Saat selesai sholat, Kamu bisa istirahat sejenak untuk melepas rasa lelah dan menjaga stamina.

Kamu bisa menggunakan daypack atau sling bag saat berkeliling destinasi wisata

biat nggak capek jangan bawa berat Sumber

Saat keliling ke destinasi tujuan lebih baik Kamu bawa barang yang penting seperti dompet dan kamera saja. Jangan membawa banyak barang bair Kamu nggak capek saat jalan.

Kamu bisa mencari transportasi yang nyaman agar tidak terlalu menguras tenaga saat traveling

Pakai becak Sumber

Mungkin Kamu biasa jalan kaki untuk menyusuri destinasi wisata. Tapi, saat puasa sebaiknya gunakan becak buat keliling kota. Toh Kamu juga bisa memberikan perkerjaan buat abang becak yang sedang menunggu penumpang. 

Pilihlah rute perjalanan yang pendek biar Kamu nggak terlalu capek

Tetap kece Sumber

Saat traveling di bulan puasa Kamu harus pandai memilih rute yang pendek. Pilih destinasi yang dekat dengan penginapan. Jadi saat pindah ke destinasi lain, Kamu nggak perlu capek-capek pindah hotel. 

Jangan mencari tanggal saat musim liburan atau pada saat arus mudik

cari tanggal yang pas Sumber

Bulan Ramadhan pasti berdekatan dengan arus mudik. Kamu bisa memilih jadwal sebelum arus mudik berlangsung. Sebaiknya Kamu hindari hal itu biar Kamu nggak ikut berdesak-desakan dengan para pemudik. Pasti capek banget kan kalau harus berdesak-desakan. 

***

Jadi, saat Kamu traveling Kamu juga bisa menjalani ibadah puasa lho! Yuk traveling!

Baca artikel menarik lainnya ya!