Tips Untuk Travel Blogger yang Pertama Kali Eksplor Semarang

Penting untuk para travel blogger yang berencana eksplor semarang.

Wike Sulistiarmi • December 27, 2016

Semarang, Ibukota Jawa Tengah ini belum se-‘garang’ Kota Jogja dalam ranah pariwisata. Namun, ‘Kota Atlas’ sebenarnya punya potensi menarik, jika dinikmati dengan cara yang pas.

Untuk Kamu travel blogger, perlu coba nih sesekali jelajah Semarang. Agar perjalananmu lebih berkesan, saya beri sedikit tips, jelajah Semarang dalam waktu 2 hari 1 malam:

Semarang memiliki berbagai pesona wisata, alangkah baiknya menjelajahi daerah perkotaan terlebih dahulu di hari pertama

keliling semarang fakta lawangsewu

Kemegahan gedung Lawang Sewu. Foto oleh Widarti

Setelah sampai di Semarang di malam hari, alangkah baiknya untuk mencari penginapan terlebih dahulu di daerah perkotaan Semarang. Harga hotel di Semarang sangat beragam, mulai dari 200 ribu Rupiah/malam, contohnya Imam Bonjol Hostel dan Whiz Hotel.

Esoknya, Kamu bisa memulai untuk menjelajahi Klenteng Sam Po Kong dan daerah Lawang Sewu di pagi hari-nya. Alasan mengapa Kamu harus menjelajahi Sam Po Kong dan Lawang Sewu di pagi hari adalah karena di sana kamu bisa berburu foto-foto dengan pencahayaan yang bagus tanpa harus ‘bertanding’ dengan panasnya cuaca Semarang.

klenteng sam poo kong

Goa di Sam Po Kong ini digunakan untuk sembahyang. Foto oleh Echigo

Di sekitar bangunan Lawang Sewu juga terdapat berbagai destinasi wisata, kamu bisa berburu foto di sana, seperti Tugu Muda dan kawasan jajanan di Jalan Pandanaran. Ingat, jangan lebih sampai tengah hari jika berkunjung ke spot-spot ini.

Jika sudah puas berburu foto, siang hari enaknya makan Garang Asem di Jalan Kyai Saleh

eksplor semarang

Sumber foto

Jalan Kyai Saleh berada tidak jauh dari kawasan Lawang Sewu, di daerah ini ada sebuah warung makan yang cukup melegenda dengan menu Garang Asem dan Mangut Belutnya. Ada juga menu makanan khas Tahu Kopyok dan Pecel Kusumo.

Puas makan siang, menjelang sore hari enaknya menyusuri Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang terkenal dengan bangunan antik khas zaman dulu. Kawasan ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk meng-eksplor Semarang di sore hari. Butuh waktu 1,5-2 jam untuk berkeliling ke kawasan Kota Lama Semarang sambil mengambil gambar.

Berkunjunglah sekira pukul 3-5 sore. Kamu bisa ke Taman Srigunting, Gereja Blenduk, Polder Air Tawang, Old City 3D Trick Art Museum, Pasar Klitikan yang menjual barang-barang berseni dan berfoto di berbagai spot menarik di Kota Lama.

Malam hari, enaknya merasakan aura akulturasi budaya di Pecinan Semarang

eksplor semarang

Hiruk pikuk Semawis. CC Flickr 2.0

Salah satu cara paling asyik menikmati akhir pekan di Semarang adalah wisata kuliner di kawasan Pecinan Semarang. Di sini, wisatawan dapat menemukan aneka menu makanan; lunpia, aneka soto dari berbagai daerah sekitar Semarang, berbagai jenis nasi, tahu gimbal, kue-kue tradisional, es legendaris semarang ‘cong lik’ dan masih banyak lagi! Sayang banget kalau Kamu sampai melewatkan tempat ini.

Berjumpa dengan pagi, datang ke Mangrove Edu Park bisa menjadi pilihan di hari ke dua


Datang ke Semarang belum lengkap jika belum melihat pemandangan alam di Semarang. Mangrove Edu Park Semarang adalah pilihan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Jangan lupa untuk mampir ke Pantai Maroon karena terletak tidak jauh dari spot ini.

Letak destinasi ini juga berada tidak jauh dari Bandara Ahmad Yani, jadi pengunjung akan melihat pemandangan pesawat yang berlalu-lalang. Cukup menarik mendatangi Mangrove Edu Park ini, karena para wisatawan akan diajak untuk belajar mencintai mangrove dan meningkatkan pentingnya kesadaran menjaga lingkungan dari abrasi dengan melestarikan mangrove.

Berburu jajanan Semarang di Jalan Pandanaran

lumpia-6-tokomesin

Lunpia, kuliner khas Semarang. CC Flickr 2.0

Semarang memiliki makanan khas yang bisa dijumpai di Jalan Pandanaran. Di sepanjang Jalan Pandanaran, wisatawan bisa memilih berbagai makanan khas yang ingin dirasakan, mulai dari Bandeng Presto, Lunpia, hingga Wingko Babat.

Dua hari penuh mengeksplor Semarang, alangkah menyenangkan menuangkan ide tulisan di Impala Space


Di Semarang ada sebuah  co-working space yang asyik. Terletak di dalam kawasan wisata Kota Lama, tempat ini sangat strategis untuk menuangkan ide tulisan-mu setelah keliling Semarang. Selain co-working space, Impala Space juga memiliki spot asyik di balkon.

Selain itu Impala Space juga menyediakan akses WiFi dengan kecepatan tinggi, ruang meeting, ruang konferensi, ruang baca, ruang refreshing, mesin print dan photocopy, loker, area pantry hingga free flow minuman.

Penasaran? Coba intip mereka di situs impala.space  untuk informasi lebih lanjut atau datang saja langsung ke Jl. Letnan Suprapto No 34 Kota Lama, Semarang.


Tinggalkan Komentar

Komentar