Bagi saya tahun baru adalah momen yang paling saya tunggu-tunggu selama satu tahun penuh, merayakan hari libur tahun baru bersama sahabat menjadi hal yang saya idam-idamkan.

Namun, di usia yang sudah tidak muda lagi ini, merayakan tahun baru bersama sahabat adalah hal yang (nyaris) mustahil, karena kebanyakan dari mereka memiliki kesibukan dengan pasangan atau keluarga. Sahabat selalu memiliki cara untuk menolak ajakan saya untuk merayakan tahun baru bersama. Agak sedih, sih, tapi dari ‘kegagalan’ ajak jalan teman untuk merayakan libur tahun baru, saya menemukan solusi-solusi cerdas yang bisa juga kamu lakukan untuk merencanakan traveling bersama sahabat di libur tahun baru.

tahun baru

Bertemu sahabat tak semudah di masa muda. Foto dok. pribadi penulis

Menanyakan (lagi) rencana sahabat agar menemukan celah

Meskipun saya sudah tahu sahabat saya akan pergi bersama dengan pasangan atau keluarga, namun bertanya tentang rencana dia akan membuat saya melihat celah yang bisa saya ambil untuk masuk dalam rencana perjalanan mereka (bakal kelihatan banget ngototnya, sih.)

Sahabat sudah berkeluarga? Mampir ke rumahnya bisa menjadi pilihan

Beberapa teman saya sudah ada yang menikah dan memiliki anak. Biasanya mereka sudah malas untuk diajak untuk jalan-jalan. Saya memilih untuk mampir ke rumah sahabat membawa arang dan ikan untuk dibakar di sana. Tidak lupa saya membawa kembang api untuk membuat suasana rumah sahabat menjadi lebih meriah.

Meskipun tidak bisa traveling bersama, setidaknya saya bisa ngobrol semalaman di rumah sahabat sambil silaturami. Iya, nggak?

Membuat jadwal rutin tahunan khusus bertemu sahabat

Untuk membuat pertemuan dengan sahabat bisa menjadi rutinitas, cobalah untuk membuat jadwal pertemuan rutin setiap tahun atau bulan. Dengan rencana ini, saya tidak perlu mendapat penolakan dari sahabat saya untuk jalan-jalan. Begitupun kamu yang juga tidak ingin mendapat penolakan dari sahabat. Kamu tak akan pernah gagal untuk melakukan perjalanan bersama sahabat.

Reunian!

Acara reuni biasanya menjadi waktu di mana para sahabat merasa menjadi orang yang ditunggu-tunggu kedatangannya. Membuat tema acara yang unik akan semakin membuat sahabat semakin ingin datang.

Saya selalu memilih waktu libur panjang untuk bisa merealisasikan rencana ini, salah satunya memilih libur tahun baru. Dengan menyebar pengumuman di awal bulan Desember atau akhir November, maka rencana ini akan menjadi acara yang akan ditunggu-tunggu.

***

Berani coba cara saya? Dengan cara ini saya berhasil bertemu dan merencanakan traveling bersama sahabat saya.

Baca juga: