Rute Jalan Berkelok Terindah di Indonesia

Indonesia juga punya kelok sembilan, kelok 44, jalan tol Bali Mandara, dan jalan heat Tembaga Pura yang indah banget!

Wike Sulistiarmi • October 27, 2016

Meskipun Indonesia adalah salah satu negara berkembang, ternyata Indonesia memiliki rute jalan yang indah seperti negara-negara maju di dunia.

Coba lihat rute jalan ini dan bandingkan dengan rute jalan di dunia. Kamu pasti nggak bakal nyangka kalau rute jalan indah ini ada di Indonesia.

Rute jalan heat Tembaga Pura yang membelah pegunungan

rute jalan terindah

Foto dari sini

Jalan berkelok di antara pegunungan ini terletak di kawasan Freeport Indonesia, Jayapura, Indonesia. Jalanan ini memiliki panjang 8 kilometer dan berfungsi sebagai jalan utama pengiriman alat berat ke area tambang.

Kelok Sembilan, jalan layang diantara perbukitan hijau

rute jalan terindah

Foto dari sini

Kelok sembilan saat ini sangat terkenal. Pemandangan yang memukau dipadu dengan arsitektur jalan layang yang unik membuat banyak orang berfoto di kawasan ini.

Kelok sembilan menghubungkan daerah lintas tengah Sumatera dan Pantai timur Sumatera dan di apit oleh dua bukit yang merupakan cagar alam Air Putih dan Lembah Harau.

Di jalan Tol Bali Mandara, para pengguna jalan bisa melihat indahnya perairan

rute jalan terindah

Foto dari sini

Jalan Tol Bali Mandara merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang dibangun di atas laut. Tol ini memiliki panjang 12,7 kilometer dan menghubungkan Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa.

Pemandangan saat berada di atas jalan tol Bali Mandara memang sangat indah. Bahkan, media internasional menobatkan jalan tol ini menjadi salah satu jalan tol dengan pemandangan terindah di dunia.

Kelok 44 di Sumatera Barat

rute jalan terindah

Foto dari sini

Selain kelok sembilan, Sumatera ternyata juga memiliki kelok 44 yang memiliki pemandangan yang indah. Berada di Kabupaten Agam, umatera Barat, kelok 44 membentang di perbukitan sekitar Danau Maninjau yang indah.

Pemandangan saat berada di kelok 44 sangat indah. Bahkan kelok ini menjadi ikonik pada event besar Tour de Singkarak.

***

Bukan cuma Eropa saja yang memiliki jalanan berkelok dengan pemandangan yang indah. Indonesia juga punya kelok sembilan, kelok 44, jalan tol Bali Mandara, dan jalan heat Tembaga Pura yang memiliki pemandangan yang tidak kalah dengan jalan-jalan di dunia.