Smartphone 1 Jutaan dengan Kualitas Kamera Mumpuni, Cocok Untuk Traveling!

Ghozali Qodratullah • June 15, 2016

Smartphone menjadi sebuah benda pribadi yang wajib dibawa hampir ke manapun kita pergi, bahkan sampai bersanding dengan kita saat kita ke alam mimpi. Ketika kita akan melakukan perjalanan, ada dua fungsi utama smartphone yang paling banyak orang butuhkan, pertama adalah untuk komunikasi, yang kedua adalah untuk mengabadikan kegiatan sepanjang perjalanan.

Perkembangan teknologi pada smartphone saat ini sangat mendukung dalam dunia traveling, mulai dari pilihan kamera, sistem operasi, dukungan ribuan aplikasi, hingga kemampuan perangkat keras yang disematkan.

Untuk kamu yang sedang mencari handphone untuk traveling hanya berdasarkan kamera saja, kamu perlu melihat daftar smartphone berikut ini :

 

ZenFone 2 Laser (ZE500KG)

 

Salah satu hal utama dari smartphone terbitan ASUS adalah perangkat keras yang didukung oleh perangkat lunak yang memanjakan pengguna. Selain penggunaan Gorila glas 4 yang membuat layar akan lebih tahan terhadap goresan, terdapat juga fitur otofokus yang berguna untuk mengukur jarak objek terhadap kamera. Fitur ini membuat pengaturan ekposure kamera akan menangkap gambar yang lebih baik.

Chip GPS dan GLONNAS ditanamkan untuk meningkatkan akurasi lokasi kamu saat sedang memerlukan navigasi saat traveling. Pastikan kamu menggunakan aplikasi navigasi yang mendukung peta offline untuk berjaga-jaga tehadap hilangnya sinyal dari kartu SIM kamu.

Dari pihak ASUS sendiri menyediakan ruang penyimpanan sebesar 5 Gb secara online dan dapat digunakan seumur hidup. Hal ini bisa membantu kamu saat harus melakukan backup saat berada dalam jangkauan jaringan atau Wi-Fi.

Spesifikasi singkat sebagai berikut :

Procesor : QuadCore 1.2GHz

Ram / Memori : 2GB / 8 & 16GB

Kamera depan / belakang : 5 Mp / 8 Mp

Baterai : 2070 mAh

Layar : 5 inch, HD 1280×720

Video : 1080p @30fps

OS : Android™ 5.0 Lollipop 64-bit

Kisaran harga (juni 2016) : Rp. 1.799.000 (2GB RAM/8GB Storage) & Rp. 1.899.000 (2GB RAM/16GB Storage)

 

Redmi 2 Prime

 

Bagi kamu yang sedang mencari smartphone yang sarat sensor, maka Redmi 2 Prime adalah jawabannya. Salah satu sensornya yang keren adalah sensor gyroscope, dengan sensor ini maka smartphone kamu bisa membaca sumbu X, Y dan Z. Kamu dengan mudah bisa memotret panorama 360 atau menikmati foto panorama 360 tersebut.

Kamu bisa dengan mudah mengabadikan tempat-tempat traveling kamu dalam format panorama 360. Untuk menambahkan koordinat dalam foto kamu tersebut, dukungan sensor GPS+GLONASS membuat lokasi yang kamu rekam akan semakin akurat. Tingkat kecerahan layar juga bisa diatur secara otomatis sesuai kondisi cahaya yang tertangkap sensor kamera.

Smartphone ini juga sudah mendukung OTG, sehingga kamu bisa dengan mudah melakukan backup terhadap foto-foto traveling kamu ke dalam Flashdisk tanpa menggunakan perangkat komputer.
Spesifikasi singkat sebagai berikut :

Procesor : Quad-core 1.2 Ghz

Ram / Memori : 2GB / 16GB

Kamera depan / belakang : 2 Mp / 8 Mp

Baterai : 2200 mAh

Layar : 4.7 inch, HD 1280×720

Video : 1080p @30fps

OS : Android™ 5.0 Lollipop 64-bit

Kisaran harga (juni 2016) : Rp. 1.799.000

Samsung j2

 

Samsung memiliki keunggulan dari perangkat keras yang berkualitas kemudian dipadukan dengan design yang terlihat mewah. Bagi kamu yang menyukai produk dari samsung, maka smartphone ini akan cocok dengan kegiatan traveling kamu yang ingin semuanya berjalan dengan lancar.

Sistem operasi android generasi lolipop memungkinkan kamu untuk menginstal beragam aplikasi pendukung traveling kamu. Semisal aplikasi booking tiket, hotel, sampai aplikasi penujuk beragam lokasi wisata.

Walaupun beresolusi 5 Mp pada kamera belakang, tapi Samsung memang sepertinya lebih fokus kepada kualitas foto daripada penggelembungan resolusi.

Spesifikasi singkat sebagai berikut :

Procesor : Quad-core 1.3 Ghz

Ram / Memori : 1 GB / 8 GB

Kamera depan / belakang : 2 Mp / 5 Mp

Baterai : 2000 mAh

Layar : 4.7 inch, qHD 540 x 960

Video : 720p @30fps

OS : Android OS v5.1.1 (Lollipop)

Kisaran harga (juni 2016) : Rp. 1.700.000

Samsung j2 terdapat pembaruan pada versi 2016, ada banyak peningkatan dari perangkat keras yang disematkan yang juga mneyebabkan peningkatan dari segi harganya.

Microsoft Lumia 540

 

Merek nokia telah berganti menjadi Microsoft, namun masih menyematkan nama Lumia pada jajaran smartphone mereka yang berbasis sistem operasi windows phone. Bagi kamu yang jenuh dengan robot hijau, mungkin sistem operasi windows phone bisa diijadikan pilihan tepat. Selain tampilan sistem operasi yang sederhana namun lengkap, sistem operasi windows phone juga bisa terintegrasi dengan beragam layanan microsoft lainnya.

Salah satu aplikasi yang sangat mendukung kegiatan traveling kamu adalah nokia city lens. Aplikasi ini bisa menunjukkan beragam arah tempat-tempat menarik dari suatu kota. Caranya tinggal mengarahkan kamera kamu ke arah sesukamu. Kamu akan dipandu untuk menuju tempat tersebut.
Spesifikasi singkat sebagai berikut :

Procesor : Quad-core 1.2 Ghz

Ram / Memori : 1 GB / 8 GB

Kamera depan / belakang : 5 Mp / 8 Mp

Baterai : 2200 mAh

Layar : 5 inch, HD 1280 x 720

Video : 848 x 480 @30fps

OS : Windows Mobile 8.1

Kisaran harga (juni 2016) : Rp. 1.900.000

 

Maxtron IP67-3

Smartphone ini sudah tidak diproduksi lagi, namun mungkin kamu masih bisa menemukannya di toko-toko online atau mendapatkanya dalam kondisi bekas. Dari tampilannya memang sudah menggambarkan kualitas dan ketahanannya dalam diajak berpetualang. Selain anti air, juga tahan banting karena diselimuti oleh bantalan di sekitarnya. Layar yang sudah menggunakan Gorilla Glass membuat kamu tidak perlu takut untuk tergores ketika menggunakannya.

Yang menarik adalah harganya yang bisa dikatakan bersahabat untuk spesifikasi dan ketahanan seperti itu. Kapasitas baterai yang besar memang menjanjikan pemakaian yang tahan lama. Namun janganlah terlalu berharap untuk mendapatkan spesifikasi hardware yang mumpuni. Smartphone ini memang lebih diitujukan untuk penggiat alam bebas yang sering berhadapan dengan berbagai cuaca dan kegiatan fisik.

Spesifikasi singkat sebagai berikut :

Procesor : Dual Core 1.3Ghz

Ram / Memori : 512 MB / 4 GB

Kamera depan / belakang : 1.3 Mp / 5 Mp

Baterai : 3600 mAh

Layar : 3.5 inch

OS : Android Jelly Bean 4.2.2

Kisaran harga (juni 2016) : Rp. 1.600.000

****

Sebenarnya ada banyak sekali di luar sana smartphone lain yang memang mendukung kegiatan traveling kamu. Namun dari segi brand yang menentukan kualitas dan kemudahan menemukan service center menjadikan kamu wajib mempertimbangkan setiap pilihan smartphone yang akan kamu jadikan teman traveling.

Pastikan saja kamu membeli smartphone yang memenuhi kebutuhan traveling kamu, bukan karena keinginan ingin dipandang berkelas dalam memilih smartphone.


Bingung membuat judul untuk tulisan di blogmu? Tonton ini



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait