Jalan-jalan ke Kebun Binatang Ragunan Kini Lebih Praktis Gunakan E-Ticketing Jackcard

Kebun Binatang Ragunan jadi tempat wisata pertama yang gunakan sistem e-ticketing Jakcard

Wike Sulistiarmi • June 23, 2016

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan tiga sistem pembayaran elektronik. Yakni e-samsat, e-pajak, dan e-ticketing museum dalam rangka HUT ke-489 DKI Jakarta. E-ticketing museum merupakan realisasi gerakan transaksi non-tunai. Taman Margasatwa Ragunan merupakan tempat wisata pertama yang menggunakan sistem e-ticketing Jakcard tersebut.

RAGUNAN

Foto dari sini

Menurut Almendo, salah seorang pengunjung Taman Margasatwa Ragunan dari Papua, dirinya menyambut baik penggunaan kartu JakCard sebagai tiket masuk ke Ragunan.

“Jauh lebih baik pakai kartu jadi kita tinggal di-charge saja gak harus bawa tiket banyak, dan bisa dipakai untuk seluruh keluarga,” kata Almendo.

Selain di Ragunan, sistem ini juga sudah bisa digunakan di Museum Seni dan Keramik. Pemprov DKI Jakarta menargetkan sistem itu sudah dapat direalisasi juga di Monas, lalu sembilan museum, dan juga gelanggang olahraga pada akhir tahun 2016 ini.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, menyatakan jika ia ingin di sepanjang usia DKI, makin tua makin aman, nyaman, dan makmur. Ia juga menambahkan jika ini akan menjadi jalan untuk bisa nyaman dengan dunia digital yang akan menjadikan Jakarta sebagai smart city.

Serunya melihat tingkah lucu binatang di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta

ragunan zoo

Foto dari sini

Ragunan sendiri merupakan kebun binatang pertama yang dibangun di Indonesia. Sebelum bernama Ragunan, kebun binatang ini dinamakan dengan Planten En Dierentuin yang memiliki arti tanaman dan kebun binatang.

Ragunan dibangun pada 1864. Sebelum menempati lokasi yang sekarang ini, Kebun Binatang Ragunan terletak di daerah Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Di mana ia berdiri di tanah seluas 10 hektar yang merupakan tanah pemberian dari Raden Saleh, seorang pelukis terkenal Indonesia.

Kebun Binatang Ragunan buka pada hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB. Untuk hari Senin, kebun binatang tutup dikarenakan hari itu adalah hari libur para satwa Taman Margasatwa Ragunan. Tarif masuk pengunjung dewasa dibanderol seharga Rp 4000,- per orang dan anak-anak seharga Rp 3000,- per orang.

Dengan tiket yang murah ini, Kamu bisa mendapatkan berbagai keseruan melihat-lihat berbagai satwa di Ragunan. Selain itu, ada pula taman refleksi, taman satwa anak, aquarium arapaima, gajah tunggang, dan banyak keseruan lainnya.