Games Edukasi Untuk Anak Saat Menginap di Hotel

Liburan di hotel bersama si kecil memang seru. Tapi, gimana kalau si kecil rewel terus-terusan? Nggak usah khawatir, Kamu bisa bawa permainan edukasi ini.

Mia Kamila • April 12, 2017

Permainan edukasi dapat melatih kecerdasaan buah hati, Kamu para orang tua muda jangan salah pilih!

Permainan edukasi dapat Kamu lakukan bersama sang anak lho saat menginap di hotel. Selain itu Kamu juga bisa melakukan quality time bersama keluarga. Terutama buat Kamu para orang tua muda. Mengajak traveling keluarga dan si kecil adalah sebuah kebahagiaan tersendiri. Kamu bisa melihat tingkah lucunya si kecil dan melihat tumbuh kembangnya. 

Kalau Kamu malas membawa anak-anak traveling karena cuaca yang nggak mendukung, Kamu bisa coba liburan bersama mereka di hotel. Nggak hanya tidur bersantai menikmati fasilitas hotel saja, Kamu pun bisa mengajak anak-anak melakukan permainan edukasi untuk mengasah kecerdasan mereka.

Sayangnya, nggak semua hotel menyediakan banyak pilihan permaianan. Nah jika Kamu ingin si kecil tetap nyaman selama liburan di hotel, sebaiknya sih bawa beberapa permainan berikut ini.

Agak ribet sih, tapi bawalah mainan yang dapat dinaiki dan dijalankan si kecil 

Misalnya nih, mainan mobil-mobilan. Mainan ini dapat melatih gerak motorik anak, melatih keseimbangan dan masih banyak lagi. Mobil-mobilan ini cocok untuk anak Kamu yang baru berumur 2 tahun.  

Kalau mau yang praktis, bawa saja permainan edukasi blok dari kayu ringan 

Biasanya mainan blok ini mengenalkan berbagai macam huruf dan angka. Kamu bisa mengajarinya untuk menyusun namanya atau membuat rumah-rumahan. Permainan menyusun dan merangkai blok kayu ini bisa mengasah kemampuan berpikir si kecil. 

Ajak si kecil menyusun puzzle dan mengenal gambar yang ada di dalam puzzle

Nggak hanya disukai anak-anak, permainan menyusun puzzle ini pun disukai orang dewasa. Kamu bisa memilih puzzle khusus anak-anak sesuai dengan usianya. Kamu bisa mendampingi anak-anakmu untuk bermain puzzle. Mainan edukatif ini bisa menjadi permainan untuk si balita lho!

Bermain teka teki untuk mengasah pengetahuan si anak

Kalau Kamu lupa membawa mainan buat si kecil, ajak bermain teka-teki saja. Kamu bisa bertanya kepada si kecil mengenai nama-nama hewan dan tumbuhan. Hal ini bisa untuk mengasah pengetahuan mereka. Berikan pertanyaan dengan menyebutkan suara hewan dan biarkan si anak menjawab nama hewan tersebut.

Mainan susun cincin bisa menjadi permainan edukasi buat sang anak

Untuk dibawa menginap di hotel, permainan ini terbilang agak berat. Tapi mainan ini bisa merangsang motoriknya. Kebanyakan anak-anak suka dengan mainan ini. Mainan ini biasanya berbentuk cincin dan sebuah tongkat untuk memasukkan cincin tersebut. Mainan ini dapat melatih kemampuan motoriknya dengan koordinasi antara tangan dengan mata. 

Mainan aneka transportasi yang praktis dibawa kemana-mana ini sangat cocok dimainkan saat liburan di hotel

Untuk mengenalkan beragam transportasi pada anak, maka Kamu dapat membawa sebuah permainan yang menggambarkan aneka moda transportasi

Kamu bisa mengajak bermain seputar aktivitas sehari-hari

Anak-anak di usia 2 tahun biasanya senang sekali berimajinasi menjadi orang dewasa. Tak ada salahnya saat liburan di hotel, Kamu mengajaknya bermain seputar kegiatan sehari-hari seperti dokter-dokteran atau berpura-pura menjadi petugas hotel. Hal ini dapat melatih interaksi sosial, imajinasi, dan kreatifitas sang anak.

Ajak anak Kamu bermain cermin deh

Mainan ini bukan terbuat dari kaca melainkan dari plastik yang aman. Biasanya bayi akan merasa senang bila melihat bayangan tubuhnya yang bergerak-gerak di cermin. Kamu bisa mengenalkan kepada dirinya sosok dia sebagai bayi. Kamu pun dapat mengenalkan beberapa indra tubuhnya. 

Maze dengan bentuk buah dan sayur

Kalau anak kamu berusia 2 tahun, maka permainan maze ini dapat membuat tangan si kecil menjadi lentur saat belajar menulis. Maze ini dibuat dari papan 2 muka yang bisa dibolak-balik. Si kecil dapat bermain mencocokan buah dan sayur, sedangkan permukaan kedua bisa untuk belajar berhitung. 

***

Permainan tersebut dapat dilakukan di rumah. Namun saat memainkannya di hotel, sang anak akan memiliki pengalaman tersendiri dan mereka bisa menceritakan kegiatannya kepada teman-teman bermainnya. Sementara Kamu sebagai orang tua pun dapat lebih intens untuk mendampingi mereka bermain.

Baca juga artikel menarik lainnya!