Pendaki Gunung Wanita dan Kotak Kebahagiaannya

Pendaki gunung punya kotak kebahagiaan tersendiri dalam pendakiannya. Mereka selalu punya saat-saat yang dinantikan dalam setiap perjalanannya,

Wike Sulistiarmi • April 29, 2016

pendaki-gunung-wanita

Foto oleh Vey Ifvel

Mendaki gunung tak selamanya tentang rasa lelah, lapar, dan haus. Kadang ada sebuah kebahagiaan tersendiri yang membuat semua rasa  lelah itu terbayar dengan melihat hal yang dinantikan selama pendakian

 

1. Saat melihat semak-semak

Bukan tanpa alasan seorang pendaki gunung merasa bahagia saat melihat semak-semak. Tidak lain tidak bukan adalah karena semak-semak saat ini menjadi tempat favorit para pendaki gunung untuk buang hajat.

Agak konyol, namun akan menjadi hal yang membahagiakan ketika tubuh sudah tidak kuat menahan ‘hasrat buang hajat’. Dan menemukan semak-semak adalah kebahagiaan tersendiri bagi pendaki gunung. Termasuk saya.

2. Saat melihat kamar mandi

Dalam pendakian, waktu terasa begitu lambat, namun tak terasa hari-hari terlewati begitu saja. Tak pernah ada aktivitas mandi selama itu. Dan perasaan saat melihat kamar menjadi begitu membahagiakan. Saat yang paling saya nantikan selama pendakian.

3. Saat melihat spot foto

Apa alasan ‘pendaki masa kini’ melakukan pendakian gunung kalau tidak hanya ingin pamer foto di instagram dan steller. Pendakian kini menjadi rutinitas ajang pamer pemandangan indah.

Tentu saja  saat melihat pemandangan indah di spot foto menjadi kotak kebahagiaan (hampir) semua pendaki. Begitu pun saya, sama narsisnya.

4. Saat melihat sunrise

Saya tidak menyangka, jika sunrise menjadi kotak kebahagiaan saya, indah dan menenangkan. Tak perlu banyak kata menggambarkan bagian ini. Saya rasa Anda, pendaki, sangat paham perasaan ini.

5. Saat melihat Rangga AADC setelah 14 tahun tidak bertemu

Ini kebahagiaan tersendiri bagi saya menjadi penggemar AADC, akhirnya kemarin saya bisa bertemu dengan Rangga AADC setelah 14 tahun tidak bertemu. Ini jelas sebuah kebahagiaan para pendaki gunung wanita yang merindukan sosok Rangga dalam setiap pendakian. #eh

Abaikan bagian ini, lanjut poin berikutnya.

6. Saat sampai puncak

Bangga, puas, rasa haru, semua bercampur! Bagi saya sendiri, mencapai puncak suatu gunung bukanlah ‘finish’, tapi garis ‘start’ baru dalam hidup. Sebuah pencapaian awal dan itu menjadi sebuah kotak kebahagiaan bagi saya.

7. Saat melihat spot landai

Beberapa pendaki menyebutnya ‘bonus’. Saat bertemu tempat landai, ketika mendaki gunung, menemukan tempat landai menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi saya.

8. Saat melihat camping ground

Disadari atau tidak, saat mendaki gunung, camping ground menjadi sebuah obat atas segala lelah perjalanan mendaki gunung tanpa istirahat seharian penuh. Kotak kebahagiaan saya terbuka, saya bisa istirahat lama dan masak bersama teman-teman pendaki dan menikmatinya bersama-sama.

***

Jadi, apa kotak kebahagiaan Anda? Bagikan di kolom komentar, ya!

 

Baca juga: