Saat liburan ke Yogyakarta di bulan Ramadhan tentunya Kamu juga mencari sebuah tempat buat ngabuburit  juga kan? Menghabiskan waktu jalan-jalan sambil menunggu waktu berbuka bersama teman atau gebetan. Pasti asik bisa menikmati detik-detik berbuka di tempat yang nggak biasa Kamu kunjungi.

Yogya istimewa selalu ada tempat untuk merangkai cerita

Inilah 9 tempat yang asik buat ngabuburit di Yogyakarta:

1. Kauman Yogjakarta bisa jadi tempat ngabuburit lho karena banyak penjual takjil, sekalian sholat di masjid Kauman

Masjid Kauman Sumber

Saat bulan Ramadhan masjid Kauman ramai dengan pengunjung. Kamu bisa berjalan di sekitaran masjid Kauman atau Kamu bisa berjalan di sekitaran desa Kauman. Di sana banyak sekali orang jual makanan untuk berbuka. Beraneka ragam takjil bisa Kamu dapatkan di sana.

Soal harga rasanya Kamu nggak perlu ragu karena semua makanan di sana di patok dengan harga yang cukup murah dan terjangkau. Setelah adzan magrib Kamu juga nggak perlu jauh untuk mencari masjid. Kamu bisa menunaikan ibadah shalat magrib jamaah di Masjid Kauman.

2. Alun-alun Kidul juga bisa Kamu jadikan tempat ngabuburit sambil main di pohon beringin di Alun-Alun Kidul

Hayo Kau bisa lewati pohon itu nggak? Sumber

Semua orang tahu kalau Alun-alun Kidul adalah salah satu landmark kota Yogyakarta. Saat bulan puasa kawasan alun-alun Kidul tak pernah sepi pengunjung. Kamu mungkin pernah melihat keramaina tempat ini di hari biasa kan? Banyak sekali pedagang yang jualan di pinggir jalan.

Selain itu banyak juga becak hias yang bisa Kamu sewa saat malam hari. Tapi kalau Kamu datang pas sore hari Kamu bisa bermain di sekitar pohon beringin yang konon Kamu bisa bernasib mujur kalau berhasil lewat di antara pohon beringin  dengan mata tertutup. 

3. Kawasan Kampus UGM yang selalu ramai dengan orang jualan dan olah raga, Kamu bisa ngabuburit di sini juga

Yok jalan-jalaln di sekitaran kampus UGM Sumber

Tempat ngabuburit yang ramai di antaranya adalah kawasan Kampus UGM. Saat bulan Ramadhan seperti ini Kamu bisa menemukan banyak sekali pedagang yang jual takjil di sana. Selain itu Kamu juga bisa melakukan kegiatan lain seperti lari-lari atau hanya jalan-jalan saja menikmati pemandangan.

Setelah adzan berkumandang Kamu bisa juga sholat di masjid kampus UGM. Jadi setelah berbuka Kamu nggak akan lupa sholat magrib.

4. Ngabuburit di Jalur Gaza bisa jadi pengalaman unik yang mengisi liburan Kamu selama di Yogyakarta

Banyak makanan di sini Sumber

Nggak perlu ngeri saat mendengar Jalur gaza ya! Ini bukan jalur yang mengerikan seperti di Palestina sana. Ini Jalur Gaza yang bisa bikin Kamu jadi happy. Jalur Gaza ini adalah singkatan dari Jajanan, Lauk, Sayur, Gubug, Ashar, Zerba Ada. Salah satu pasar tiban di jalan Sorogenen-Nitikan gais. 

Di sana Kamu bisa menemukan beragam macam makanan untuk berbuka puasa. Jalur Gaza ini juga dekat dengan masjid lho! Jadi Kamu nggak perlu repot cari masjid untuk sholat Magrib. Bisa jadi tempat favorit ngabuburit nih!

5. Kampung Ramadhan Jogokaryan juga nggak kalah menarik untuk di kunjungi saat ngabububurit!

Ramainya Sumber

Saat bulan Ramdhan seperti ini Kamu bisa menikmati aneka menu berbuka yang dijajakan di pasar sore ini. Salah satu tempat ngabuburit yang  bisa Kamu kunjungi saat datang ke Jogja. Salah satu daya tarik dari pasar ini adalah Masjid Jogokaryan yang menyediakan takjil dengan jumlah banyak dan beraneka regam varian lho.

Kamu bisa menyususi pasar sore ini dengan berjalan Kaki. Kamu bisa memarkir kendaran di sekitaran masjid karena jalanan yang akan Kamu lalui sempit.

6. Pasar Kaget UII Kaliurang nggak kalah ramai saat menjelang ashar, Kamu bisa berkunjung ke sana sambil mengikuti kajian di masjid Kampus UII

Ini juga nggak kalah ramai Sumber

Jika Kamu sedang berada di sekitaran Kaliurang Kamu juga bisa menemukan tempat yang asik buat ngabuburit. Di sekitaran Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII) ada sebuah pasar kaget yang buka saat ashar tiba.

Selain Kamu bisa jalan-jalan santai menyusui pasar kaget tersebut Kamu juga bisa sekalian beli jajanan buat berbuka puasa. Selain itu Kamu juga bisa mengikuti kajian yang diadakan oleh masjid kampus Ulil Albab.   

7. Malioboro Yogjakarta adalah spot yang asik untuk menghabiskan soremu sambil menunggu buka puasa

Tempat favorit Sumber

Salah satu spot teramai di Jogja adalah Malioboro. Kamu bisa menghabiskan waktu traveling Kamu di sini sambil menunggu waktu berbuka. Banyak sekali yang bisa Kamu lakukan di Malioboro selain hanya jalan menyusuru trotoar di sepanjang jalan. 

Kamu bisa berfoto-foto di sana. Kamu juga bisa membeli makanan buat berbuka puasa di sana juga lho! Kamu juga bisa melaksanakan sholat magrib di masjid di kantor DPRD di jalan Malioboro.

8. Melihat sunset di kawasan Candi Ratu Boko juga bisa menjadi alternatif buat ngabuburit lho!

sunsetnya bagus Sumber

Candi Ratu Boko saat ini memang sedang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Mungkin Kamu juga bisa tertarik buat berkujung ke sana. Banyak yang bisa Kamu lakukan di sana. Selain melihat keindahan candi, Kamu juga bisa melihat menyusuri ahari terbenam di antara bangunan candi itu. 

Tempat ini bisa jadi tempat ngabuburit saat bulan Ramadhan seperti ini. Sambil menikmati keindahan alam Kamu bisa menunggu waktu berbuka. Jangan khawatir di sektaran sana banyak masjid juga untuk tempat beribadah sholat magrib. 

9. Menyusuri jalan Glagah Sari yang ramai sambil membeli takjil untuk berbuka Puasa

Menyegarkan Sumber

Kamu juga bisa jalan-jalan di sekitaran jalan Glagah Sari. Banyak sekaili varian takjil yang bisa Kamu beli buat menu berbuka lho! Pasar tiban ini ada saat bulan Ramadhan saja. Sembari jalan-jalan sore gitu. Jalan Glagahsari ini ada di Kota Yogyakarta, jadi Kamu nggak perlu jauh-jauh untuk mencari tempat buat ngabuburit di sore hari. 

***

9 tempat buat ngabuburit di Yogyakarta ini bisa Kamu jadikan referensi saat liburan ke sana di bulan Ramadhan lho! Jalan-jalan sambil menunggu waktu buka rasanya itu waktu yang tepat saat bulan Ramadhan saat ini.

Baca juga tempat seputar Ramadhan yang bisa Kamu kunjungi di bulan suci ini!