Ada yang Baru Lho di Kota Lama? Coba Kamu Cek di Sini!

Eh ada yang baru nih. Kota Lama Semarang kembali berbenah. Kamu bisa naik becak keliling kota sambil lakukan 9 hal seru ini lho!

Mia Kamila • April 13, 2017

Jalan-jalan di Kota Lama Semarang pas malam hari sekarang tambah asik, lho! Kamu bisa muter-muter naik becak di Kota Lama.

becak di kota lama

Kota Lama jadi tambah romantis kan? Sumber foto

Saya mau tamasya, berkeliling-keliling kota. Saya panggilkan becak kereta tak berkuda…becak! becak! tolong bawa saya!

Becak, transportasi ramah lingkungan yang bakal bikin suasana Kota Lama semakin terasa Old School 

Kota Lama memang terus berbenah biar dapat pengakuan dari Unesco sebagai “World Heritage”. Salah satu caranya dengan sediakan becak buat wisatawan. Becak yang merupakan transportasi konvensional khas Indonesia ini pun semakin membuat Kota Lama terasa kuno. 

Melansir dari Republika.com, becak wisata di kawasan Kota Lama Semarang ini akan resmi beroperasi bebarengan HUT Kota Semarang ke-470, bulan Mei 2017 nanti. Jadi, kalau dulu Kamu cuma bisa jalan kaki sambil lihat-lihat Gereja Blenduk, sebentar lagi Kamu bisa keliling Kota Lama tanpa capek dengan becak. Seru kan? 

Kawasan Kota Lama Semarang sudah mulai disterilkan dari lalu lalang kendaraan, jadi si becak wisata ini akan lebih aman melintas

Kalau Kamu pernah mampir di Kota Lama Semarang, mungkin Kamu masih ingat,  kawasan wista kota tua ini memang ramai dan padat. Tapi jangan khawatir, karena pemerintah akan membatasi beban kendaraan yang lewat.

Selain itu, jalanan juga akan disterilkan dari kendaraan. Kalau semuanya beres, barulah becak-becak wisata akan diluncurkan.

Kamu bisa lakukan hal ini kalau main ke Kota Lama

Nggak cuma becak atau foto di depan Gereja Blenduk saja, Kota Lama Semarang yang sekarang sudah sangat ramah wisatawan. Ada banyak hal seru yang bisa Kamu lakukan di sana, entah sama pacar, temen, atau sendirian. 

1. Nah, yang harus Kamu coba, naik becak keliling kota sambil menikmati suasana Kota Lama bersama pacar

Yuk dek, abang anter muter-muter Sumber foto

Kenapa harus bareng pacar? Ya, biar hubunganmu sama si doi lebih romantis aja sih. Nggak bosen apa pacaran cuma pas lagi makan malam doang #eh? Tapi, Kalau Kamu nggak punya pacar, sama teman juga asik kok! Sendirian juga asik-asik aja tuh, kayak si abang bule.

2. Ritual wajib nih, foto selfie berdua di depan gereja Blenduk deh

Ya…kan, romantis Sumber foto

Kota lama identik sama gereja Blenduk. Nggak afdol rasanya kalau Kamu ke Kota Lama nggak foto di depan gereja bersejrah itu. Eh, Kamu bisa sewa sepeda buat properti foto lho.

3. Yang nggak kalah unik, Kota Lama Semarang punya pasar klitikan, pusat jual beli barang-barang antik

Sumber foto pribadi penulis

Kamu mau cari barang-barang jadoel? Perabot klasik seperti punya nenek atau komik-komik jadul asli Indonesia? Di sana ada kok! Tinggal pilih yang Kamu suka.

4. Biar nggak maistream Kamu juga bisa wefie sama tukang becaknya, lho!

Bosan kali ya, wefie sama pacar. Oke saat naik becak di Kota Lama, Kamu bisa foto bareng tukang becaknya. 

5. Kalau Kamu beruntung Kamu bisa masuk ke salah satu gedung tua paling populer di Kota Lama, ada yang tahu apa namanya?

Sumber foto pribadi penulis

Yap, Gedung Marba! Kamu beruntung banget kalau sampai bisa masuk ke dalam gedung tua terpopuler itu. Kenapa? Karena nggak semua orang bisa masuk ke sana. Yah, kalau nggak dapat izin masuk, foto di depan gedung aja. 

6. Udah capek jalan-jalan? Mampir ngopi di coffee shop dulu gih 

Ciye, ngopi berdua Sumber foto

Ini sih bisa dilakukan di coffee shop mana pun. Tapi, Kamu akan mendapatkan suasana yang beda kalau ngopinya di Kota Lama, karena Kamu bisa menikmati suasana bangunan jadul.

Oiya, FYI, di sana, banyak coffee shop dengan desain keren, klasik, retro, dan vintage. Ya, desainnya menyesuaikan Kota Lama yang tua. Pokoknya, pas banget buat Kamu yang suka hunting foto cafe yang instagramable. 

7. Nonton pertunjukan kroncong deh. Kamu akan tersihir dan teringat terus dengan romantisnya Kota Lama Semarang saat malam

Kamu tau surangaya keyak apa? Bgaus lhoo! Sumber Foto

Catat nih. Kamu cuma bisa menikmati pertunjukan musik kroncong di hari Senin, Kamis, dan Sabtu. Orkes ini tampil pada jam 18.00 sampai jam 21.00. Jadi, jangan sampai ketinggalan. Sayang banget ke Kota Lama tapi melewatkan alunan musik keroncong yang syahdu.

8.  Udah mentok nggak tau mau ngapain lagi? Gimana kalau mengurutkan plakat bagunan cagar budaya?

Sumber foto pribadi penulis

Tahu nggak sih, kalau bangunan cagar budaya yang ada di Kota Lama itu tertempel plakat dengan nomor urut. Biar nggak penasaran Kamu bisa cari plakat itu dan mengurutkannya. Berasa lagi cari harta karun ye!

9. Kalau Kamu hobi foto, Kamu bisa lakukan street fotografi 

Sudah kayak fotografer beneran nggak? Sumberf foto

Buat para pencinta fotografi, pemandangan Kota Lama masih jadi spot favorit mereka. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama di sana. Bergaya ala-ala fotografer dan memotret setiap sudut Kota Lama.

***

Ya, kan? Sekarang Kota Lama Semarang jadi makin asik aja. Kamu bebas mengeksplore tempat itu dan Kamu pun bebas jalan-jalan naik becak keliling Kota Lama.

Nah, baca artikel menarik lainnya juga, ya!