Alasan Mengapa Anda Sebaiknya Tak Mendengarkan Musik dengan Keras di Pesawat

Tak seharusnya Anda mendengarkan musik keras-keras di pesawat. Ini alasannya

Echi • March 21, 2016

dilarang-mendengarkan-musik-dengan-keras2

Mendengarkan musik di dalam pesawat. Foto ini diambil dari sini

Mendengarkan musik adalah hal yang sangat biasa dilakukan untuk membunuh kebosanan saat traveling. Hal yang paling sering dilakukan orang adalah memutar musik dari ponsel pribadi. Deretan playlist telah dipilih untuk menghibur suasana hati.

Anda tidak bisa mendengarkan musik sesuka hati. Karena memutar musik ditempat umum juga ada etikanya. Ketika Anda memutar musik, coba tanyakan pada diri Anda. Apakah musik yang Anda putar sudah cukup keras volumenya? Apakah suara musik yang Anda putar terdengar sampai keluar? Apakah musik yang Anda putar mengganggu orang lain atau kah tidak? Jika anda merasa telah memutar musik cukup kencang, ada baiknya Anda mengecilkan volume. Beberapa orang mungkin akan terganggu dengan musik Anda.

Anda juga harus memperhatikan lokasi ketika Anda mendengarkan musik. Karena ada beberapa tempat umum yang melarang memutar musik dengan kencang. Salah satunya di dalam pesawat. Jangan sampai peristiwa yang terjadi dalam pesawat SpiritAir minggu lalu terulang pada diri Anda. Kejadian ini berlangsung saat pesawat melakukan penerbangan dari Baltimore menuju LA.

 

A video posted by Magu (@sweetassmagu) on

Seminggu yang lalu, diberitakan dua wanita yang sedang mendengarkan musik dalam pesawat mendapat masalah. Dua penumpang wanita pesawat SpiritAir terlihat mabuk. Mereka memutar musik dengan kencang. Bukannya mendengarkan musik menggunakan headphone, mereka dengan sengaja melepas kabel headphone dan membiarkan suara musik terdengar oleh seisi pesawat. Beberapa pengunjung lain meminta mereka untuk mengecilkan musiknya. Pihak SpiritAir sudah meminta mereka secara langsung untuk mengecilkan suara musiknya. Namun, mereka berdua menolak.

Menurut petugas SpiritAir, mereka malah berkata “Jika kami tidak mau mengecilkan suara musik kami. Kamu akan melakukan apa?” Tidak lama, dua wanita yang terlihat mabuk itu mengangkat tinggi-tinggi pemutar musiknya ke arah penumpang lain yang meminta mereka untuk mengecilkan musiknya.

 

Tindakan provokatif nya itu berhasil memancing amarah beberapa penumpang dalam pesawat. Karena tidak dapat lagi menahan emosi, beberapa penumpang dari rombongan lain menghampiri wanita tersebut. Saat itulah terjadi drama pertengkaran yang berawal dari pemutaran musik. Perkelahian 5 wanita dalam pesawat ini diabadikan dalam sebuah video berdurasi 15 detik. Ketika pesawat mulai melepas landas dan memasuki pintu kedatangan, beberapa petugas keamanan datang untuk melerai mereka.

***

Dari cerita di atas, terdapat nilai moral yang bisa menjadi bahan pelajaran kita. Ketika Anda berada ditempat umum, kecilkan suara musik Anda. Dan jika suatu saat Anda terganggu dengan suara musik yang diputar orang di sekitar Anda, cukup diingatkan. Jika mereka tidak menghiraukan, tidak perlu menggunakan kekerasan jika Anda tak ingin semuanya berbuntut panjang, biarkan petugas keamanan mengatasinya.

 

Baca juga: