Jogja dan Perancis Kerja Sama Usung Menara Eiffel ke Taman Pintar

Cihui! Eiffel bakal ada di Jogja! Jadi kapan ke sana?

Rizqi Y • May 9, 2017

Kamu pasti udah nggak asing lagi kan dengan Menara Eiffel, landmark Prancis yang terkenal seantero dunia ini. Kabar bagusnya, nggak lama lagi Menara Eiffel akan diboyong ke Jogja! Tapi dalam bentuk miniatur ya gengs.

Miniatur Eiffel yang akan dibangun di Jogja nanti bakal didirikan di area Taman Pintar. Nggak cuma membuat miniatur menaranya, tapi akan ditambahkan juga beberapa aksesoris lain. Seperti diaroma kembang api, biografi Gustave Eiffel, sejarah konstruksi pembangunan, serta photo booth menara. Jadi Kamu akan merasakan benar-benar ada di Paris.

Kamu harus bangga nih, karena miniatur ini resmi dari Paris lho

Jogja nggak sembarangan gitu aja membangun miniatur Eiffel. Tapi proyek ini emang bener-bener resmi kerja sama Pemerintah Kota Yogyakarta dan Kedutaan Besar Prancis serta Institut Francais d’Indonesie. Jadi Kamu harus bangga dong, karena Indonesia dipilih jadi salah satu negara yang punya miniatur resmi Eiffel dan original ala Paris. 

***

Nah, di belahan dunia lain ternyata ada juga lho miniatur Menara Eiffle yang mirip banget sama aslinya. 

1. Di Texas, miniatur Menara Eiffel ini punya aksesoris tambahan topi koboi

menara eiffel di jogja

Lucu banget kan, ada topi koboinya di atas menara. Sumber foto

Replika Menara Eiffel ini jadi unik ya dengan aksesoris topi koboi di atasnya. Replika menara yang dibangun tahun 1993 ini ternyata berada di suatiu daerah Texas yang bernama Paris. Jadi makin kerasa kalau lagi di Paris beneran ya gais.

2. Replika Menara Eiffel di Rusia ini nggak cuma jadi tempat wisata, tapi juga dipakai untuk pemancar seluler

menara eiffel di jogjka

Replika Eiffel ini digunakan juga sebagai pemancar selular. Sumber foto

Multifungsi banget nih kalau menara yang satu ini. Selain jadi tempat asyk buat foto-foto, miniatur Menara Eiffel ini pun dipakai buat pemancar selular. Desa mungil tempat dibangunnya menara ini bernama Parizh. Gimana, udah mirip banget sama yang di Paris belum?

3. Di Hangzhou, Tiongkok ada beberapa replika landmark yang mirip banget sama aslinya, salah satunya Menara Eiffel ini

menara eiffel di jogja

Salah satu landmark replika unggulan di Hangzhou. Sumber foto

Kalau dilihat dari fotonya, area di sekitar replika Eiffel ini terlihat masih hijau. Karena emang ternyata di sekitar area tersebut masih berupa perkebunan. Selain bisa menikmati replika Eiffel, di sini Kamu bisa juga foto-foto dengan latar Mount Rushmore dan The White House. Duh, jadi pengan ke Hangzhou nih, ada yang mau ngajakin nggak?

4. Paris Las Vegas Casino, di sini ada replika menara Eiffel yang terbesar di dunia!

menara eiffel di jogja

Salah satu replika Eiffel terbesar di dunia. Sumber foto

Dengan skala 1:2, bisa dibayangkan kan betapa besar replika menara ini, setengah dari ukuran asli Menara Eiffel. Landmark hasil replika ini bahkan sangat terkenal lho gais di Amerika sana. Menara ini berada di area Vegas Strip, Las Vegas Amerika Serikat.

5. Gimana kalau gerbang masuk kompleks Kamu dibikin replika Eiffel kayak gini?

menara eiffel di jogja

Replika ini dijadikan sebagai pintu masuk desa. Sumber foto

Replika Eiffel yang ada di Desa Filiatra Yunani ini tepat berada di gerbang masuk desa. Jadi semacam kayak pintu selamat datnag buat orang yangmau masuk ke desa itu. Bangunan ini juga cukup tinggi, yaitu sekitar 26 meter atau dengan skala 1:18 dari aslinya. 

6. Warnanya emang agak sedikit beda, tapi menara replika ini mirip banget sama Eiffel dari struktur bangunannya

menara eiffel di jogja

Replika Menara Eiffel yang ada di Rumania. Sumber foto

Kalau warna Menara Eiffel sendiri cenderung lebih gelap dari menara replika yang ada di Slobozia Rumania ini. Tapi nggak masalah, namaya juga replika. Lagi pula dari bentunya bahkan menara ini mirip banget kan sama aslinya? Tinggi menara replika ini sekitar 54 meter. 

7. Meski ada banyak landmark replika di sini, tapi replika Menara Eiffel ini jadi yang tertinggi di sini

menara eiffel di jogja

Replika Menara Eiffel ini yang jadi bangunan tertingi di taman hiburan Cina. Sumber foto

Salah satu sudut China tepatnya di Kota Shenzhen terdapat sebuah taman hiburan yang bernama “Window of the World”. Di sini ada sekitar 130 ikon landmark replika dari berbagai negara. Tapi, satu landmark yang jadi bangunan tertinggi di sini adalah replika dari Menara Eiffel. Tuh, lihat deh paling tinggi dan mirip banget sama menara aslinya kan?

8. Kalau replika Eiffel yang satu ini sih hasil sumbangan dari warga Perancis

menara eiffel di jogja

Miniatur menara ini dibangun dari dana sumbangan warga Perancis. Sumber foto

Replika Menara Eiffel yang ada di Durango Meksiko emang hasil dari sumbangan warga Perancis yang tinggal di sana. Replika ini cukup unik karena di bawahnya ada ayunan yang bisa Kamu mainkan. Sayangnya nih, aksi vandalisme di sini susah banget diminimalisir. Jadi sayang banget kan, replika yang udah bagus ini dicoret-coret. 

9. Di Belgia ada sebuah Taman Eropa Mini, dan di sini Kamu juga bisa menemukan replika Menara Eiffell

menara eiffel di jogja

Meski nggak terlalu tingi tapi replika ini mirip banget sama aslinya, Sumber foto

Replika Menara Eiffel ini tepatnya ada di Brussel. Meski ukurannya kecil karena dibuat dengan skala 1:25, tapi replika ini bisa dibilang mirip banget sama Menara eiffel aslinya. 

Bonus, replika Menara Eiffel yang ada di Tasikmalaya ini unik dan kreatif banget

menara eiffel di jogja

Replika Menara Eiffel yang ada di Tasikmalaya ini dibuat dari bambu. Sumber foto

Kalau kebanyakan replika dibuat semirip mungkin termasuk juga dengan bahan yang digunakan, mungkin replika yang satu ini sedikit beda. Menara replika yang ada di Tasikmalaya ini unik karena menggunakan bahan bambu. Sedangkan bentuknya memang mengadopsi dari Menara Eiffel yang asli. 

Ternyata orang Indonesia itu kreatif banget ya gengs!

***

Kamu patut berbangga nih, karena Indonesia termasuk negara yang punya replika Menara Eiffel unik. Satu lagi bahkan menjadi salah satu replika yang resmi dari Paris. Nanti kalau menara Eiffel yang ada di Jogja sudah jadi, sempatkan buat main ke sana.  


Tinggalkan Komentar

Komentar