Ini Makanan yang Disantap Obama Saat Mampir ke Warung Mie

Bun Cha, makanan yang disantap Obama itu pun kini naik daun.

Shabara Wicaksono • June 1, 2016

Beberapa waktu yang lalu, Presiden Obama mengunjungi salah satu negara di Asia tenggara, Vietnam. Dalam kunjungannya itu, ia menyempatkan untuk wisata kulier di sebuah warung mie Bun Cha Huong Lien untuk mencicip mie yang dikabarkan begitu populer di Vietnam. Ia diajak Anthony Bourdain, seorang chef terkenal dari Negeri Paman Sam. Bun Cha, makanan yang disantap Obama itu pun kini naik daun.

makanan yang disantap Obama

Seperti apa sebenarnya, Bun Cha, sampai Anthony Bourdain seorang chef yang telah bertualang mencicip berbagai kuliner lezat hingga ke penjuru dunia, merekomendasikannya pada Obama?

Bun Cha merupakan hidangan main course atau makanan utama. Ia memiliki 4 varian; Bun Bo Xao, Bun Bo Nuong Xa, Bun Ga Nuaong Xa, dan Bun Chao Tom.

Bun Cha memiliki topping beragam, ada tumis daging sapi, sate sapi, sate ayam, dan udang gulung tebu. Selain daging sebagai sumber protein, dalam semangkuk Bun Cha juga ada sayur-sayuran, daun rempah, juga bihun. Sebagai pelengkap, digunakan saus Nouc Mam, saus cair khas Vietnam berbasis kecap ikan bewarna merah. Rasanya kombinasi dari manis, asin dan sedikit asam.

makanan yang disantap obama

Bun cha kering. Foto diambil dari sini

Mie ini memiliki porsi besar. Cara makan Bun Cha ada dua cara, yakni dicelupkan seperti yang  Obama lakukan atau dalam bentuk kering dan dituang sausnya. Untuk rasanya, Bun Cha mirip asinan sayur khas Indonesia. Tekstur mienya kering karena begitu banyak campuran sayur, herbs, daging, dan lunpia. Sedangkan cita rasanya segar dengan rasa asam, manis, dan gurih.

Untuk menemani Bun Cha, biasanya disajikan lunpia goreng khas Vietnam sehingga menambah nikmat tekstur makanan dari sajian rebus berkuah, daging panggang, dan gorengan kering.

Yang unik dari Bun Cha adalah, kuahnya tidak memiliki suhu tinggi. Bun Cha adalah mie dingin, suhu kuahnya sesuai dengan suhu ruangan, berbeda dengan mi Vietnam lainnya, Pho, yang justru disantap dengan kuah panas.

Sekarang jelas mengapa Obama memilih makan Bun Cha sambil minum bir. Rasanya memang ringan dan segar sehingga cocok dipadukan dengan berbagai jenis makanan dan minuman.

Baca juga: