Kode Etik Tak Tertulis yang Harus Kamu Tahu Sebelum Traveling ke Luar Negeri

Catat! Penting nih biar nggak malu-maluin saat liburan ke luar negeri.

Wike Sulistiarmi • April 11, 2017

Setiap negara di dunia memiliki banyak sekali peraturan. Baik tertulis maupun tidak tertulis. Meskipun tidak ikut campur dalam urusan suatu negara, namun peraturan ini penting untuk diketahui seorang turis yang datang ke suatu negara. Karena selain berhubungan dengan hukum tata negara, aturan ini juga berhubungan dengan nilai moral dan kesopanan.

Kita sebagai warga Indonesia juga perlu tahu beberapa aturan di berbagai negara dunia agar ketika datang ke sana kita bisa berbaur meskipun bahasa dan warna kulit kita berbeda dengan seluruh warga dunia.

Netizen marah saat warga Indonesia melanggar kode etik saat konser Coldplay di Bangkok Thailand

Coldplay, sebuah band ternama di dunia baru-baru ini mengadakan konser bertajuk  ‘A Head Full Of Dreams’ di Bangkok Thailand 7 April lalu. Konser spektakuler grup band asal Inggris ini ternyata mampu menyihir turis Indonesia untuk berbondong-bondong datang ke Thailand. Yah.. Meskipun harga tiketnya selangit, tapi antusias turis Indonesia nyatanya tidak diragukan.

Namun, kemeriahan event besar di Bangkok ini diwarnai dengan kejadian ‘norak’ ketika sekelompok turis Indonesia bernyayi lagu ‘Indonesia Raya’ kala Thai Royal Anthem diputar. Padahal kode etiknya, setiap orang yang mendengar lagu kebangsaan Thailand ini diharuskan berdiri, diam, dan menghormati.

do and don't dunia

Inilah pentingnya mengetahui aturan di suatu negara. Sumber foto

Kejadian ini terkuak ketika seorang pemilik akun twitter berkicau tentang “kenorakan” sekelompok turis Indonesia ketika menyaksikan konser Coldplay ini.

do and dont dunia

Screen Shoot Phinemo dari status twitter yang booming dikalangan traveler.

Kejadian ini menjadi contoh fatalnya menjadi seorang turis yang kurang mengetahui kode etik dan peraturan di suatu negara.

Kamu yang berencana ke luar negeri harus tahu kode etik di suatu negara biar nggak memalukan Indonesia

coldplay

Salah satu larangan di Jepang. Sumber foto

Berikut ini adalah aturan yang wajib Kamu tahu saat traveling ke luar negeri:

Jangan menunjuk arah jalan dengan jari telunjuk di Malaysia

Malaysia merupakan negara yang memiliki perpaduan tiga etnis yaitu Melayu, Cina, dan India. Hal ini membuat beberapa negara ini memiliki pantangan unik. Yaitu adanya larangan menyentuh kepala seseorang karena kepala dianggap bagian suci dalam bagian tubuh.

Selain itu, ada juga larangan menunjukkan jalan menggunakan jari telunjuk. Hal ini karena menggunakan jari telunjuk adalah sesuatu yang kasar.

Di India, mengungkapkan kasih sayang di depan umum dilarang karena bisa dipenjara

Nggak sedikit orang yang traveling berdua bersama pacar atau sahabat. Meskipun kalian berdua saling menyukai, namun menunjukkan rasa sayang seperti berciuman di depan umum adalah pelanggaran hukum.

Hal ini dikarenakah ciuman adalah hal yang cabul di India. Kecuali jika Kamu sudah menikah, Kamu bisa melakukan hal ini. Tapi, beberapa orang akan dipenjara atau membayar denda jika melakukan hal ini di depan umum.

Ohya, selain berciuman, di India Kamu juga tidak diperbolehkan untuk menginjak buku dan gambar dewa. Kalau Kamu ingin coba-coba, Kamu bakal dapat masalah.

Dilarang buang permen karet ke trotoar Thailand

Di Thailand ada sebuah peraturan unik yaitu larangan buang permen karet di trotoar. Jika wisatawan atau orang lokal tertangkap membuang permen karet di trotoar maka harus bayar setidaknya Rp 6,3 juta. Kalau Kamu mengelak untuk bayar, berarti siap-siap dipenjara aja.

Ohya, sebenarnya semua wisatawan bisa makan permen karet di mana saja dan kapan saja. Tapi, asalkan sisa permen karet dibuang di tempat sampah, bukan di trotoar.

Diam ketika masuk ke kereta Jepang

Di negara maju seperti Jepang, pemandangan sesaknya kereta adalah hal yang biasa. Namun meskipun penuh sesak, namun mereka para orang Jepang selalu menjaga lisan mereka ketika berada di dalam kereta.

Bahkan untuk Kamu akan merasa canggung ketika menerima telepon karena aturan ini. Kamu yang berencana berwisata ke Jepang lebih baik menggunakan handphone untuk chatting jika ingin menghubungi atau ngobrol sama orang. 

Wisatawan harus meflush toilet jika tidak ingin bayar denda

Melansir dari Viva, para pendatang maupun masyarakat setempat yang ketahuan gagal saat meflush toilet biasanya dikenai denda sebesar 150 SGD. Maka dari itu, Kamu harus memahami betul toilet di Singapura. Supaya nggak bingung cara mem-flush toiletnya.

Peru adalah negara yang punya filosofi unik soal kuliner, jadi hormatilah makanan ketika berada di Peru

Peru adalah negara yang bangga dengan segala bentuk dan jenis makanan. Karena hal ini, Kamu ‘sangat dilarang’ untuk menghina makanan yang ada di Peru. Bahkan mengkritikpun dianggap hinaan.

Jadi, jangan sampai Kamu bilang ‘nggak enak’ atau ‘ih.. aku nggak doyan’ ketika mampir ke Peru.

Jangan terlalu bersemangat ketika bersalaman dengan orang Filipina!

Bagi orang Filipina, bersalaman adalah yang yang baik. Tapi, jika bersalaman dengan berat dan kuat ternyata menimbulkan pernyataan bahwa Kamu adalah orang yang “agresif”, “marah”, dan “ngajak ribut”.

Jadi, hati-hatilah ketika bersalaman dengan orang Filipina agar mereka tidak tersinggung.

***

Di atas adalah beberapa contoh aturan yang simpel tapi patut diperhatikan. Kamu bisa menerapkannya ketika mampir ke luar negeri.

Ohya, baca juga berita hot di dunia traveling berikut: