Keliling Dunia Butuh Berapa Tahun? Biaya Berapa? Semua Terungkap di Sini!

Wike Sulistiarmi • January 20, 2017

Kamu pernah berpikir untuk keliling dunia? Sudah pernah mencari tahu berapa lama seseorang bisa keliling dunia dan berapa jumlah uang yang dihabiskan?

Sebelum memutuskan untuk traveling keliling dunia, cari tahu dulu rute mana yang akan kamu tempuh

keliling dunia

Sumber foto

Berdasarkan gambar bumi di atas, kamu bisa melakukan perjalanan traveling dengan melewati jalur khatulistiwa atau melewati jalut kutub ke kutub. Dua jalur ini akan mempengaruhi berapa waktu dan uang yang akan kamu habiskan karena jaraknya cukup berbeda.

Jika keliling dunia dengan jalur khatulistiwa, kamu harus melewati 40.075 km, sedangkan untuk keliling dunia melewati jalur kutub, kamu hanya akan menempuh jarak 40.006 km.

Keliling dunia pakai kendaraan apa? Jalan kaki lebih irit tapi membutuhkan waktu lama

Dalam Quora, sebuah platform tanya jawab dunia, seorang fotografer pernah menghitung berapa waktu untuk keliling dunia menggunakan sebuah pesawat, setelah dihitung dengan ilmu matematika, ternyata manusia hanya butuh waktu 44 jam untuk terbang keliling dunia. Nggak percaya? Lihat perhitungan berikut ini.

keliling dunia

Sumber foto: Screenshoot Quera

Namun dalam praktik yang sebenarnya, ternyata manusia bisa traveling keliling dunia dalam waktu 11 tahun 2 bulan dengan jalan kaki. Waktu tempuh ini dibuktikan langsung oleh seorang traveler bernama Jean Béliveau yang menempuh jarak 75,500km (jarak lebih jauh karena ia memilih jalur yang berkelok-kelok). Jean berhasil melewati 64 negara dan menghabiskan 54 pasang sepatu dalam perjalanannya.

Berikut ini peta perjalanan Jean saat keliling dunia.

keliling dunia

Sumber foto

Sejarah menyebutkan bahwa Christopher Columbus, Vasco da Gama, Ferdinand Magellan serta Sbastian de Elcano adalah orang pertama yang berhasil keliling dunia, hingga saat ini waktu tempuh mereka masih belum pasti, yang jelas banyak orang yang merasa ganjil dengan waktu tempuh perjalanan mereka.

Jika kamu benar-benar ingin keliling dunia, kamu harus tahu hal-hal ini

keliling dunia

Screanshoot website staralliance

  • Ada tiket keliling dunia atau istilah kerennya RTW( round the world) yang memberi kesempatan kepada traveler yang merencanakan untuk keliling dunia untuk mendapatkan tiket penerbangan lebih murah daripada tiket biasa. Contoh penyedia jasa RTW adalah Star Alliance yang bekerjasama dengan 1.185 bandara di 185 negara. Kamu bisa memilih rute keliling dunia dan negara yang akan kamu singgahi.
  • Untuk keliling dunia menggunakan bantuan RTW ini, kamu bisa keliling dunia maksimal satu tahun. Waktu ideal perjalanan adalah  6-12 bulan.
  • Pilih waktu yang sesuai keinginanmu. Ingat, ada negara dengan dua iklim dan ada negara dengan 4 iklim.
  • Biaya program RTW tergantung jumlah negara dan jarak tempuhnya. Semakin banyak negara yang ingin kamu singgahi berarti semakin mahal biayanya.

***

Berani keliling dunia? Masih nggak berani? Coba baca artikel inspiratif berikut.


Sering bingung mencari ide menulis? Simak bagaimana cara Windy Ariestanty mencari ide kreatif



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait