Diprediksi Padat Sejak Rabu Malam, Ini Jadwal Buka Tutup Jalur Puncak

Puncak masih menjadi destinasi favorit warga Jakarta dan sekitarnya. Libur panjang 5-8 Mei, Polres Bogor akan berlakukan sistem buka tutup di Jalur Puncak

Shabara Wicaksono • May 4, 2016

jalur puncak

Foto diambil dari sini

Meski sebenarnya banyak pilihan destinasi di sekitar ibukota, kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat (masih) menjadi tempat tujuan favorit utama liburan akhir pekan maupun libur panjang bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Dikutip dari Okezone, Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Bramastyo Priadji mengatakan, kenaikan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak akan mulai meningkat sejak Rabu malam.

Diprediksi arus kendaraan yang menuju Puncak sudah mulai terjadi pada Rabu malam. Namun untuk puncaknya, kemungkinan akan mulai pada hari libur pertama atau Kamis pagi.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya masyarakat yang lebih memilih melakukan perjalanan lebih awal guna menghindari kemacetan di jalur Puncak.

Adapun beberapa titik rawan kemacetan di jalur Puncak yang harus Anda perhatikan selama libur panjang nanti diantaranya di Simpang Pasirmuncang, Simpang Megamendung, Tanjakan Cikopo, Pasar Cisarua, Warung Kaleng, dan Masjid Atta’un. Terdapat pula titik kemacetan di Jalur Sukabumi yaitu di Pasar Ciawi, Warung Nangka, Simpang Ratna, Cikerteg, Ciherang, dan Pasar Caringin.

Sepanjang Jalur Puncak dari Gadog hingga Puncak Pas banyak titik kemacetan yang dikarenakan keluar masuk kendaraan di persimpangan dan tempat wisata. Sementara di Jalur Sukabumi dikarenakan adanya perbaikan jalan.

Jadwal buka tutup jalur puncak selama libur panjang 5-8 Mei 2016

Guna mengurai kemacetan, Kepolisian Resor Bogor akan memberlakukan sistem satu arah mulai Kamis 5 Mei hingga Minggu 8 Mei 2016. Berikut jadwal buka tutup jalur puncak:

Hari Kamis:

Pukul 08.00 – 11.00 WIB

Semua kendaraan hanya satu jalur ke arah Puncak. Sementara lalu lintas kendaraan dari arah Puncak menuju ke Jakarta dan Ciawi akan dialihkan.

Pukul 11.00-14.00 WIB

Semua kendaraan hanya satu jalur ke arah Jakarta atau Ciawi. Sementara lalu lintas semua kendaraan yang akan menuju Puncak akan dialihkan.

Pukul 14.00 – 20.00 WIB

Semua kendaraan kembali satu jalur ke arah Puncak. Lalu lintas kendaraan dari arah Puncak menuju ke Jakarta dan Ciawi, akan dialihkan.

Hari Jumat:

Pukul 08.00 – 11.00 WIB

Semua kendaraan hanya satu jalur ke arah Puncak. Sementara lalu lintas kendaraan dari arah Puncak menuju ke bawah, yakni Jakarta dan Ciawi, akan dialihkan.

Pukul 11.00-14.00 WIB

Semua kendaraan hanya satu jalur ke arah Jakarta atau Ciawi. Artinya lalu lintas semua kendaraan yang akan menuju Puncak dialihkan.

Pukul 14.00 – 20.00 WIB

Semua kendaraan kembali satu jalur ke arah Puncak. Sementara lalu lintas kendaraan dari arah Puncak menuju ke bawah yakni Jakarta dan Ciawi, akan dialihkan.

Jadwal satu arah Kamis-Jumat tersebut akan diberlakukan sama pada Sabtu-Minggu. Namun menurut Polres Bogor, jadwal tersebut masih tentatif berdasar pengamatan situasi di lapangan nantinya.

 

Baca juga: