Inilah Wujud Pasar Apung Indonesia yang Tak Kalah Keren dengan Pasar Apung Thailand

Pasar apung favorit Kami ada di nomor 4, kalau Kamu yang mana?

Wike Sulistiarmi • May 9, 2017

Indonesia juga punya pasar apung. Ramaikan kuy, biar pasar apung kita tetap eksis 

pasar apung bangkok

Keramaian pasar apung Damnoen Saduak. Sumber foto

Sudah kunjungi Damnoen Saduak Floating Market Thailand? Keren nggak? Pasar apung yang berada di Bangkok ini merupakan pasar terapung paling populer di Thailand atau bahkan di Asia Tenggara. Banyak wisatawan mancanegara yang datang ke sana untuk wisata kuliner, melihat kehidupan warlok lebih dekat, atau sekadar hunting foto. 

Yap, harus diakui, pasar apung di Bangkok Thailand memang lebih populer di antara turis-turis mancanegara yang datang ke Asia Tenggara. Tapi, tahukah Kamu Indonesia juga punya pasar apung yang nggak kalah keren dari pasar apung yang ada di Thailand lho. Mau tahu? 

1. Indonesia punya pasar apung Lok Baintan di Kalimantan Selatan. Kamu nggak cuma wisata berbelanja, tapi juga bisa menikmati hiburan musik langsung di atas perahu di pasar terapung

pasar apung di indonesia

Kerontjong Lentera. Sumber foto

Jenis musik yang sering sekali nongol di pasar Lok Baintan, Kalimantan Selatan adalah musik keroncong, atau lebih dikenal dengan nama Kerontjong.

Di Bangkok, Thailand nggak mungkin ada! Karena musik keroncong kan memang cuma ada di Indonesia nih. Keren, kan?

2. Beginilah antusiasme warga lokal yang begitu bersemangat ikut festival pasar terapung di Lok Baintan

pasar terapung di indonesia

Coba hitung ada berapa pedagang di pasar apung? Lokasi: Pasar Terapung Lok Baitan. Sumber foto

Antusias pedagang dan masyarakat sangat bagus. Nggak kalah sama pasar terapung di Bangkok kan?

*Foto di atas diambil saat momen festival pasar terapung Lok Baintan. Mungkin bakalan lebih ramai kalau para bule notice dengan pasar apung di Indonesia ini.

3. Pasar Terapung Siring Piere Tendean, Kalimantan Selatan bahkan sangat bersih dan terawat

pasar terapung di indonesia

Pasar Siring Piere Tendean, Kalimantan Selatan. Sumber foto

Satu lagi nih pasar apung Kalimantan Selatan yang masih berfungsi hingga sekarang ini, yaitu Pasar Siring Piere Tendean.

Pasar apung Siring Piere Tendean lebih modern dan rapi banget. Bahkan di sini ada banyak tempat duduk untuk bersantai dan menikmati jajanan ala pasar terapung.

4. Asiknya jalan-jalan malam di sekitar Pasar Muara Kuin, Kalimantan Selatan. Kamu bisa cicipi makanan lokal atau sekadar melihat-lihat kesibukan warga lokal di pasar apung 

pasar terapung indonesia

Pasar Muara Kuin ramai bahkan hingga malam hari. Sumber foto

Ini nih pasar apung keren milik Indonesia. Meskipun terlihat masih sangat sederhana, namun Pasar Muara Kuin, Kalimantan Selatan ini buka hingga malam hari lho gaes.

Kamu bisa menikmati beragam jajanan dan makan di tepian sungai sambil melihat lampu kota. Romantis banget. Ajak doi buat liburan ke sini gih. 

5. Bahkan, di Lembang ada pasar apung buatan yang unik banget

pasar apung di indonesia

Kamu ingin ke sini nggak? Deket kalau ini. Sumber foto

Mungkin memang tak sekeren dan terkenal pasar apung di Kalimantan. Namun, wisatawan yang ingin merasakan suasana pasar apung dengan suasana modern bisa datang ke sini.

Meskipun tak besar, namun pasar buatan ini nggak kalah dengan pasar apung di Vietnam dan Bangkok. Karena fasilitas sangat lengkap, mulai dari tempat makan, hingga toilet.

6. Bagi Kamu yang rumahnya di Malang, bisa datang ke Pasar Apung Malang yang super modern

pasar terapung di indonesia

Di Jawa juga ada pasar terapung yang keren. Sumber foto

Pasar apung di Malang ini nggak terlalu besar. Tapi, di pasar apung ini Kamu bisa wisata kuliner karena banyak sekali penjual makanan di sepanjang pasar apung buatan ini. Mulai dari Serabi, Nasi Buk Madura, Bakso, Sego Tiwul, hingga buah-buahan.

Ohya, pasar Apung Malang ini dinamai Pasar Apung Nusantara. Lokasinya berada dalam satu kawasan dengan Museum Angkut Malang.

7. Dekat dengan Ibukota, Indonesia juga Pasar apung di Bogor

pasar apung indonesia

Bahkan di Kawasan sekitar Jabodetabek aja ada lho pasar apung. Ini nih contohnya. Sumber foto

Ini adalah wujud pasar apung di bogor yang diberi nama Pasar Ah Poong. Letaknya berada di tepi Sungai Cikeas, Sentul. Pasar terapung ini beda dengan pasar apung tradisional, karena tak banyak penjual di atas perahu . Perahu-perahu di sini lebih banyak melayani para wisatawan yang ingin naik perahu untuk senang-senang.

Untuk urusan makan, di sini ada resto yang menyediakan makanan yang cocok untuk Kamu yang datang dengan pasangan maupun datang dengan keluarga. Ada menu Ikan Bakar Samara, Rumah Sumsum, Singapore Snow Ice, Tahu Gimbal, dan lain-lain.

8. Ohya, di Sumatera juga ada pasar apung yang nggak kalah dengan Pasar Apung di Bangkok 

pasar terapung di indonesia

Dulu, ada sekitar 400 pedagang di pasar Langkat ini, namun karena minat turis yang masih sedikit, banyak pedagang tak beroprasi. Sumber foto

Pasar ini berada di desa Pulau Sembilang, Kecamatan Pangkalan Susu, Langkat, Sumatera Utara. Berawal dari ide pemerintah untuk menjaga kestabilan harga ikan kerapu sebagai hasil andalan Kabupaten Langkat, akhirnya pasar ini diresmikan di tahun 2009.

Meskipun baru berumur 8 tahun, namun karena minat wisatawan yang rendah, pasar inipun sekarang sedikit sepi. Duh, sayang banget ya, gaes.

***

Meskipun tak seramai pasar terapung di Thailand, namun pasar terapung di Indonesia sebenarnya unik lho. Kita sebagai orang Indonesia nggak hanya harus bangga dengan aset negara ini tapi juga wajib berkunjung ke sana supaya keberadaannya terus terjaga. 

Ayo share artikel ini ke teman-temanmu agar semakin banyak teman yang tahu tempat unik di Indonesia agar tidak punah seiring kemajuan zaman.

Baca juga artikel lain di phinemo:


Tinggalkan Komentar

Komentar