Indonesia Tidak Masuk 10 Besar Negara Paling Bahagia, Tapi 9 Hal Ini Bisa Bikin Bule Bahagia

Saya bahagia jadi warga negara Indonesia

Echi • February 7, 2017


The World Happiness Report telah merilis daftar negara paling bahagia tahun 2016. Kira-kira negara manakah yang menempati urutan teratas? Inggris, Denmark, Singapura, atau Indonesia?

Kalau Kamu menjawab Inggris, sayang sekali jawabanmu kali ini masih belum tepat bray. Karena posisi pertama masih ditempati oleh Denmark sebagai negara terbahagia di dunia. Selanjutnya, urutan kedua ditempati oleh Swiss dan di posisi ketiga diisi Islandia. Urutan berikutnya ada Norwegia, Finlandia, Kanada, Belanda, Selandia Baru, Australia, dan Swedia.

Pengurutan ranking negara paling bahagia ini didasarkan pada tingkat ekonomi, lingkungan sosial, bencana alam, dan konflik dalam negeri. Meski Indonesia belum masuk dalam 10 besar negara paling bahagia, tapi ada 9 hal yang bikin turis asing bahagia sudah liburan di Indonesia lho.

1. Orang-orang Indonesia sangat ramah dengan turis asing

Turis Asing Ramah Pada Warga Lokal

Potret keramahan warga lokal pada turis asing. Foto dari Farnaztravel

Saking ramahnya, setiap kali ada turis asing, ada saja warga lokal yang menyapa bule atau bahkan minta foto bersama.

2. Masakan Indonesia enak-enak, Audun Kvitland (turis asing asal Norwegia) saja sampai jatuh hati pada masakan Indonesia

 

destinasi wisata

Rendang memang paling enak! Sumber foto

Bahkan, belum lama ini Audun Kvitland mempromosikan Rendang pada saat pameran wisata Internasional Reiselivmessen 2017 di Telenor Arena, Oslo, Norwegia. Nasi Padang memang fenomenal.

3. Meskipun nggak begitu jago berbahasa Inggris, tapi pengucapan kalimat Bahasa Inggris orang Indonesia cukup mudah dimengerti

destinasi wisata

Jangan takut ngajak ngobrol bareng bule. Sumber foto

Dikutip dari dailymail.co.uk, Indonesia menempati urutan ke-31 dari 70 negara di dunia sebagai negara dengan skill bahasa Inggris yang baik. Jadi, para turis asing nggak begitu pusing mencerna maksud ucapan kita

4. Indonesia punya banyak pantai yang menawarkan keindahan sunset yang menenangkan hati

Labuan Bajo, Pulau Kanawa Flores, dan Pantai Padang-padang Bali bisa jadi spot sunset andalan.

5.  Bosan dengan pantai dan laut? Tenang, Indonesia bukan cuma tentang pantai dan laut saja

Masih ada banyak gunung dan bukit yang bisa dijadikan destinasi pilihan tanpa perlu jauh-jauh terbang naik pesawat. Di Yogyakarta misalnya, bosan di Pantai Nglambor, bisa main-main ke Gunung Purba.

Lalu, ada pilihan destinasi budaya, sejarah, dan keanekaragaman satwa. Well, destinasi wisata Indonesia memang beragam.

6. Mayoritas penduduk Indonesia memang muslim, tapi nggak susah dapatkan babi guling di Bali

Meski mayoritas muslim, tapi Indonesia memiliki ragam kepercayaan yang hidup damai berdampingan. Hal itu pun yang pengaruhi ragam olahan makanan. Banyak makanan halal, tapi kalau cari yang non halalpun bisa.

7. Nggak sulit buat bisa foto bareng monyet atau pun orangutan

Jalan-jalan saja ke Tanjung Puting, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah atau ke Bukit Lawang yang berada di Kab. Langkat Sumatera Utara. Bisa bertemu orangutan secara langsung yang belum tentu bisa ditemui di Islandia atau Denmark.

8. Memang transportasi Indonesia belum sekeren MRT Singapura, tapi Indonesia punya banyak pilihan transportasi lain

destinasi wisata

Bule naik ojek. Sumber foto

Kalau kehabisan tiket kereta, bisa naik bus atau travel. Sedangkan jika ingin keliling ke pelosok kota, bisa naik becak ataupun sewa ojek. Indonesia punya banyak pilihan transportasi yang memudahkan turis.

9. Penerapan aturan yang kurang ketat ternyata bikin bule bahagia

Well, memang agak pahit sih buat diakui. Tapi memang seperti itulah kenyataannya. Banyak aturan namun tidak dijalankan dengan ketat. Hal ini yang bikin bule merasa senang. Merasa bisa liburan dengan longgar.

***

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, saya bahagia dilahirkan sebagai warga negara Indonesia.

Kamu tertarik dengan turis asing? Baca artikel ini deh,


Sering bingung mencari ide menulis? Simak bagaimana cara Windy Ariestanty mencari ide kreatif


Tinggalkan Komentar