Indonesia Menjadi Tamu Kehormatan Frankfurt Book Fair 2015 di Jerman

Indonesia menjadi tamu kehormatan dalam ajang Frankfurt Book Fair 2015, pameran buku tertua sedunia di jerman.

Umu Umaedah • October 12, 2015

frankfrut

Foto dari dw.com

Indonesia berkesempatan menjadi tamu di acara Frankfurt Book Fair 2015, yaitu pameran buku tertua yang sudah ada sejak 400 tahun lalu dan terbesar di Kota Frankfurt, Jerman pada 13-18 Oktober 2015.

Dinobatkan sebagai Tamu Kehormatan (Guest Of Honour) tentunya hal yang sangat membanggakan bagi Indonesia. Indonesia hanya memerlukan waktu 5 tahun sejak keikutsertaannya dalam acara ini untuk menjadi tamu kehormatan, sedangkan negara lain membutuhkan waktu yang relatif lebih lama. Seperti Finlandia misalnya, mereka harus sabar menunggu 26 tahun untuk bisa menjadi tamu kehormatan pada Frankfurt Book Fair.

Lalu apa yang akan ditampilkan Indonesia di sana?

frankfrut

Foto dari bennyrhamdani

Indonesia akan menampilkan semua kekayaannya dengan memperkenalkan kepada warga Jerman khususnya, bahwa Negara Indonesia memiliki potensi besar untuk dikunjungi. Tidak hanya menampilkan pada bidang seni budaya, namun (Indonesia) juga memamerkan naskah kuno, fotografi, festival film, serta menghadirkan berbagai macam masakan khas.

Akan ada 25 juru masak dari Tim Kuliner Indonesia untuk yang hadir di Frankfurt Book Fair 2015, termasuk Sisca Soewitomo, Bondan Winarno, dan Bara Pattiradjawane. Kuliner yang akan di sajikan di sana meliputi rendang, sate lilit, nasi kuning, sate ayam, nasi goreng serta minuman khas Indonesia, seperti kunyit asem, teh, dan kopi.

Masakan Indonesia memang terkenal akan campuran rempah-rempah di dalamnya. Dan ternyata hal itu disukai oleh banyak turis. Seperti seorang bule berasal dari Amerika yang datang ke Indonesia untuk sekadar berlibur. Iajatuh cinta dengan rasa khas dari nasi padang. Ini membuktikan, bahwa makanan Indonesia memiliki rasa yang enak bahkan di lidah wisatawan asing.

Indonesia akan memperkenalkan 62 jenis bumbu dasar rempah. Untuk beberapa bumbu, ada yang hanya bisa ditemui saat musim-musim tertentu. Dan di acara Frankfurt Fair Book ini, kota Frank akan diramaikan oleh jajanan gerobak kaki lima berasal dari Indonesia.