Liburan Bersama Anak-Anak? Perhatikan Hal Ini Sebelum Booking Hotel

Saat traveling bersama anak-anak. Kamu harus perhatikan beberapa hal termasuk memilih hotel untuk anak-anak, agar mereka senang dan tidak rewel!

Mia Kamila • April 5, 2017


Asiknya mengajak anak-anak traveling tak sama asiknya mencari hotel yang pas buat mereka.

Merencanakan traveling bersama keluarga merupakan kegiatan yang seharusnya dilakukan. Namun terkadang Kamu sebagai orang tua muda bingung memilih hotel yang sesuai dengan anak-anak. Selain dapat membuat anak-anak bisa have fun, hotel untuk anak-anak pun dapat membantu Kamu saat anak-anak mengalami bad mood atau rewel. Kali ini kami akan memberikan tips perihal memilih hotel untuk anak-anak!

hotel untuk anak-anak

Traveling bersama anak-anak itu seru lho! sumber foto

Lokasi tempat wisata pastinya akan menentukan lokasi hotel

Biasanya anak-anak sering kali menanyakan “Kapan sampainya?”. Hal ini dikarenakan rasa penasaran dan tidak sabar untuk bermain di destinasi wisata yang sudah Kamu janjikan sebelumnya.

Maka dari itu, pilihlah hotel yang berada di sekitar lokasi wisata. Selain menghemat tenaga untuk menuju tempat rekreasi, anak juga akan menjadi lebih semangat saat berada di perjalanan. Jadi, mereka tidak merasa bosan dan jenuh di perjalanan.

Anak-anak suka dengan wahana permainan. Maka kamu harus pikirkan hal itu

hotel untuk anak-anak

Tuh lihat mereka asik sendiri sumber foto

Kamu bisa mencari hotel yang memiliki fasilitas untuk anak-anak. Misalnya playground. Area ini bisa terletak di dalam hotel atau di luar hotel. Jika playground berada di dalam ruangan hotel biasanya terbuat dari plastik. Namun ada juga hotel yang menyediakan playground di luar hotel meskipun hanya 1 buah ayunan saja.

Nursing room juga perlu bila anak masih di usia balita

hotel untuk anak-anak

Beberapa hotel ada fasilitas ini lho! sumber foto

Ada beberapa hotel yang menyediakan fasilitas tersebut. Nursing room biasanya digunakan untuk mengganti popok atau tempat menyusui. Bila Kamu memerlukan fasilitas tersebut, maka Kamu harus mencari hotel dengan fasilitas itu.

Anak-anak sering kali susah makan, carilah hotel yang menyediakan menu khusus anak-anak

Kalau menunya begini anak-anak pasti suka sumber foto

Sering kali anak-anak mengalami masa di mana mereka susah makan atau mogok makan. Repot pastinya bila hal tersebut terjadi saat mengajak mereka berlibur. Mood mereka bisa rusak bila Kamu memaksa untuk makan. Solusinya adalah cari hotel yang meyediakan menu khusus buat anak-anak agar bisa membantu mengembalikan nafsu makan mereka.

Kamu perlu cek kamar sebelum ditempati, apakah terdapat balkon atau tidak

hotel untuk anak-anak

Balkonnya unik yah! sumber foto

Demi keamanan anak-anak Kamu harus mengecek kondisi kamar hotel. Jika terdapat balkon atau teras kamar maka lihatlah kembali pembatas teras aman dari jangkauan anak-anak. Jangan lupa cek ketinggian lantai. Atau bila Kamu ingin lebih aman, pilihlah kamar di lantai dasar.

Kamu butuh dapur mini untuk menyiapkan kebutuhan anak-anak

hotel untuk anak-anak

Mini bar nya bisa buat menyiapkan keperluan si kecil | sumber foto pribadi

Hal yang merepotkan saat traveling bersama anak-anak adalah menyiapkan susu untuk mereka. Dengan adanya dapur mini, Kamu bisa menggunakannya untuk menyiapkan kebutuhan mereka seperti menyiapkan makanan atau susu.

Mengajak anak-anak traveling, Kamu harus memilih kamar yang berukuran luas

Kamarnya luas ya! sumber foto

Anak-anak sering kalo berlari-lari di dalam kamar. Jadi, Kamu harus mempersiapkan kamar yang luas agar mereka leluasa bermain di dalam kamar. Paling tidak kamar yang Kamu butuhkan sekitar 18 meter persegi. Selain itu furnitur dalam kamar tidak terlalu banyak.

Taman dapat membantu menghilangkan bad mood pada anak

Hijau banget ya tamannya! sumber foto

Pada umumnya anak-anak menyukai taman. Mereka bebas berlarian dengan bebas di taman. Tanpa menggangu tamu hotel yang sedang duduk santai di area lobi. Anak-anak cenderung melihat ruangan yang luas seperti area bermain.

Resort lebih nyaman untuk anak-anak dibanding hotel konvensional

Setiap destinasi wisata memang tidak memiliki resort. Namun perlu Kamu ketahui bahwa resort lebih nyaman untuk anak-anak dan kelauarga. Meskipun harganya agak sedikit mahal dibandingkan dengan hotel bujet, suasana di resort lebih rileks dibanding hotel.

Orang tua bisa santai sejenak, biarkan anak-anak bermain bersama petugas hotel

hotel untuk anak-anak

Biarkan mereka bermain sendiri sumber foto

Ada beberapa hotel yang menyediakan fasilitas kids club. Ada serangkaian acara yang diadakan di akhir pekan yang bisa membuat anak-anak menjadi betah. Selain itu beberapa staff hotel yang ramah akan menemani anak-anak bermain. Jadi orang tua bisa me time sejenak.

Anak-anak suka bermain air, maka fasilitas ini wajib ada di hotel

hotel untuk anak-anak

Ayo renang bersama Sumber foto

Melihat birunya kolam renang, anak-anak pasti menyukainya. Mereka pasti mengajak Kamu untuk menemaninya bermain di kolam tanpa kenal waktu. Ini bisa menjadi moment terbaik bersama anak-anak. Terlebih bila tersedia arena permainan di sekatar kolam renang seperti prosotan, misalnya.

***

Anak-anak butuh ruang untuk merasa nyaman, agar mereka tidak rewel dan tetap asik saat diajak berlibur. Tips di atas dapat Kamu gunakan sebagai panduan memilih hotel untuk anak-anak.

Baca juga artikel menarik lainnya


Tinggalkan Komentar

Komentar