Destinasi di Bangka Ini Belum Banyak Diketahui Wisatawan!

Jangan hanya kenal pantai di Belitung saja! Kamu harus tahu beberapa pantai lainnya di Bangka!

Mia Kamila • May 9, 2017

Destinasi wisata di Belitung sudah cukup booming dengan adanya sebuah film Laskar Pelangi yang menjadikan Belitung sebagai tempat shooting film. Nah, Selain Belitung Kamu juga bisa menyeberang ke Pulau Bangka yang memiliki destinasi wisata yang tak kalah menariknya dengan Belitung.

Pantai di Bangka akan selalu memberikan vitamin sea buat Kamu yang kurang piknik!

Penasaran dengan destinasi wisata keren di Bangka? 

1. Pantai Turun Aban di Sungailiat bisa jadi pilihan destinasi yang asik

Kamu bisa main di pantai pasir putih ini sumber foto

Pantai yang berjarak kurang lebih 30 menit dari kota Pangkal Pinang ini bisa menjadi salah satu pilihan yang asik setelah Kamu mendarat dari bandara Depati Amir. Pantai pasir putih ini akan menggoda Kamu dari rasa lelah perjalanan yang Kamu tempuh dari kota asalmu.

Kamu bisa menikmati indahnya pantai di atas batu granit yang tersebar di tepi pantai. Kalau Kamu berminat, Kamu juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan cara snorkling di tepian. Yang lebih seru, Kamu nggak perlu berenang sampai ke tengah laut untuk bisa melihat warna-warni ikan-ikan laut. Asik kan? 

2.  Kamu bisa berfoto di atas batuan granit di Pantai Parai Tenggiri

Foto di jembatannya asik juga tuh sumber foto

Nah, selain Turun Aban, Kamu juga dapat mampir ke pantai Parai Tenggiri. Pantai ini masih berada di kecamatan Sungailiat. Pantai ini sangat populer di Pulau Bangka. Pantai ini pun memiliki batuan granit yang menjulang tinggi dengan kontur ombak yang tenang.

Ya, Kamu dapat melakukan aktivitas sesuka hatimu di bibir pantai itu. Termasuk bermain banana boat yang disewakan di area tersebut. 

3. Santai di bungalau di Pantai Matras bisa melepas kejenuhan

airnya biru banget sumber foto

Belum bosan mengunjungi pantai kan? Kamu bisa mengunjungi pantai Matras dengan kontur tanah yang landai. Nikmati saja panorama yang ada di sekitarnya. Letaknya pun tak jauh kok, masih berada di sekitar Sungailiat. Kira-kira hanya berjarak kurang lebih 7 km dari pusat Sungailiat. Untuk bersantai, Kamu bisa menyewa bungalau di sana. Sekadar melespas rasa jenuh dari hingar bingar perkotaan.

4. Seperti namanya, Pantai Tanjung Pesona memang memesona

Smabil ngopi enak kali ya! sumber foto

Jika Kamu mengajak anak-anak, Kamu bisa membawanya ke Pantai Tanjung Pesona. Di sana Kamu bisa mengajak mereka untuk bermain karena banyak sekali wahana permainan yang disewakan. Pantai ini ada di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat. Tak perlu beranjak terlalu jauh dulu dari Sungailiat untuk menikmati sederet keindahan pantainya. 

5.Menikmati keindahan di Pantai Tikus dari atas kuil

Kamu bisa masuk ke ke pagodanya sumber foto

Jangan mengira bahwa pantai Tikus ini terdapat banyak sekali tikus di sana. Pantai dengan kontur tanah yang terjal ini terlihat masih alami dan jauh dari tangan manusia jahil. Kamu bisa menikmati keindahan alam di Pantai Tikus lewat bukit yang terjal dan hamparan batuan granit. Birunya laut pun menjadi salah satu pemandangan yang dijanjikan saat berada di sana. 

Perlu Kamu tahu bahwa pantai Tikus ini mempunya sebuah Kuil atau Kelenteng berbentuk bulat, lho! Kuil ini masih digunakan sebagai tempat peribadatan. Jadi Kamu harus berlaku sopan bila berkunjung ke sana. 

5. Bermain pasir di Pantai Pasir Padi, bisa menambaj keseruan

lari-lari di sini asik sumber foto

Setelah menempuh perjalanan panjang ke Pangkal Pinang, Kamu bisa langsung mengobati rasa lelahmu dengan berkunjung ke Pantai Pasir Padi. Pantai ini berjarak hanya 7 km dari kota Pangkal Pinang. Pasir di pantai ini berbentuk menyerupai butiran padi. 

Cukup membayar Rp 10 ribu per orang, Kamu bisa menikmati beragam fasilitas seperti hotel berbintang, restoran hingga warung makan. Kamu juga bisa sekaligus mencari penginapan untuk bermalam.

6. Kamu akan terpesona dengan keindahan Pulau Lepar. Lebih asik kalau Kamu mendirikan tenda di sana

renang yuk! sumber foto

Rasa penatmu akan terobati bila Kamu datang ke pulau ini. Meski jaraknya terbilang jauh dari Pangkal Pinang sekitar 5 jam perjalanan, tapi Kamu tak akan menyesal bila sudah sampai di pulau ini. Kamu akan melihat pesona sabana yang luas dan susunan batuan granit. Ahh cocok sekali untuk Kamu yang ingin mendirikan tenda di sana.

7. Melihat hamparan laut dari atas Batu belimbing

Siapa nih yang numpuk batu segede gaban? Dok Pribadi Penulis

Kamu pasti dibuat takjub ketika melihat tumpukan batu segede gaban di area permukiman warga. Batu granit yang menyerupai buah belimbing itu muncul secara alami karena proses alam. Jika Kamu berhasil naik ke atas batu itu, Kamu bisa melihat hamparan laut biru yang menyilaukan mata. Sederatan pantai tak akan luput dari pandangan.  Kamu. 

8. Pantai Batu Perahu yang konon mirip dengan perahu yang terbalik

mirip kapal batunya sumber foto

Pantai Batu Perahu masih berada satu deret dengan Pantai Batu Kodok. Kamu bisa ke sana dengan menyusuri bibir pantai Pantai Batu Kodok. Patai ini berpasir putih dengan batuan granit yang menyerupai perahu. Tapi sayang bila air sedang pasang maka batu granit itu tidak nampak di permukaan. 

9. Pantai Nek Aji yang berbatasan dengan Benteng Toboali

Ini bentengnya kamu bisa lihat birunya laut dari atas sini Dok. Pribadi penulis

Keindahan pantai pasir putih akan Kamu temui selama Kamu berada di tanah Habang ini. Pantai Nek Aji salah satunya. Pantai ini dapat Kamu nikmati dari atas Benteng Toboali lho! Letak antara ke dua destinasi ini memang sangat berdekatan. Jadi Kamu bisa memilih bagaimana cara untuk menikmati keindahan pantai yang ada di Bangka.

10. Kamu bisa melihat sunset di Pantai Batu Kodok

nungguin sunset yuk! Dok. Pribadi Penulis

Jangan pernah merasa bosan dengan bahasan pantai saat di Bangka. Banyak sekali pantai di Bangka yang belum terjamah oleh wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Batu Kodok. Secara umum, pantai yang ada di Toboali Bangka Selatan ini memang sudah ramai dengan pengunjung lokal saja. Untuk pengunjung luar? Kamu harus coba untuk mampir ke Sana!

11. Pulau ketawai pun tak kalah memesona

naik boot yuk! sumber foto

Pulau Ketawai ini satu destinasi wisata unggulan di Bangka Belitung, lho! Tak lengkap bila Kamu melewati untuk datang ke sini. Pulau ini berjarak satu jam perjalanan dari Desa Kurau Bangka Tengah atau lebih kurang dua jam perjalanan laut, jika bertolak dari Kota Pangkal Pinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

***

Nah, deretan destianasi wisata di Bangka ini bisa Kamu gunakan sebagai panduan untuk mencari destiansi wisata saat datang ke pulau Bangka! 

Jika pesaran dengan destinasi wisata lainnya coba kunjungi artikel lainnya!