Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Traveling

Perhatikan hal-hal ini ya! Penting!

Wike Sulistiarmi • November 30, 2016


“Kesehatan itu seperti uang, kita tidak pernah menyadari nilainya sampai kita kehilangan.” -Josh Billings

Seperti kata mutiara di atas, kesehatan memiliki harga yang mahal. Kesehatan adalah hal utama yang harus kamu jaga meskipun kamu sedang dalam perjalanan untuk traveling ke suatu tempat.

Untuk mewujudkan perjalanan yang nyaman, kamu bisa melakan 7 cara ini untuk menjaga kesehatan selama traveling.

Mengenal destinasi tujuan

Sebelum terjun ke tempat tujuanmu, alangkah baiknya kamu mencari tahu tentang tempat tersebut, mulai dari suhu hingga fasilitas yang tersedia di tujuan traveling.

Usahakan untuk mempersiapkan jaket tebal jika tujuanmu bersuhu rendah. Jangan lupa untuk mempersiapkan obat-obatan untuk antisipasi gejala yang mungkin muncul ketika traveling, seperti toak angin atau diapet.

Menghindari konsumsi air kran ketika berada di luar negeri, usahakan membeli minuman kemasan

Beberapa tips traveling menyebutkan bahwa meminum air kran adalah hal yang bisa kamu pilih untuk menghemat pengeluaran selama traveling ke luar negeri, karena air minum harganya cukup mahal. Tapi, tidak semua tempat memiliki air kran yang bersih dan layak konsumsi. Bisa saja, air kran malah membuatmu sakit karena bakter-bakteri yang terkandung dalam air kran tersebut.

Jika tidak ingin sakit karena bakteri air kran, lebih baik membeli air minum kemasan yang mahal.

Jangan lupa konsumsi buah-buahan

Traveling biasanya membuat sebagian orang lupa dengan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur. Makanan berlemak dan makanan yang digoreng sering menjadi pilihan utama para traveler karena kebanyakan makanan di tempat wisata ya gini-gini aja.

Untuk membuat tubuh kembali seimbang, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan. Meskipun efek dari memakan buah dan sayur tidak begitu terlihat signifikan, namun hal ini sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kamu bisa mempir ke pasar tradisional atau supermarket sebentar untuk membeli buah atau sayur. Jika malas, kamu bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus. Simpel kan?

Usahakan untuk membawa air minum ketika di perjalanan, jangan sampai dehidrasi!

Kekurangan cairan tubuh bisa berakibat pada kesehatan, bahkan bisa berujung kematian. Hem.. ngeri ya!

Untuk menghindari hal-hal yang buruk terhadap tubuh kamu, usahakan untuk membawa bekal air minum ketika perjalanan. Misal, ketika naik kereta atau saat melihat-lihat pemandangan di sekitar destinasi wisata.

Jangan lupa perhatikan kebersihan tangan

Tangan berperan penting pada kesehatanmu ketika traveling. Banyak bakteri menempel di tanganmu karena kegiatan di luar ruangan yang kamu lakukan ketika traveling. Untuk menghilangkan bakteri yang menempel di tangan, alangkah baiknya untuk mencuci tangan sebelum makan atau memakai hand sanitizer. Kebiasaan kecil ini, bisa membuatmu terhindar dari sakit perut karena kuman dan bakteri.

Meskipun perjalananmu sangat panjang, jangan lupa untuk istirahat yang cukup

Segila-gilanya kamu dengan traveling, jangan sampai kamu lupa untuk istirahat. Paling tidak, kamu harus memiliki waktu tidur empat jam lah.

Selain bisa membahayakan metabolisme tubuh, kamu bisa saja bisa mengalami hal-hal yang tidak diinginkan karena mengantuk diperjalanan, apalagi jika kamu menyetir. Jangan paksakan diri, jika lelah dan mengantuk, lebih baik sisakan waktu untuk tidur sebentar.

***

Jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal kecil ini agar tetap sehat selama traveling. Oh iya, karena traveling identik dengan jalan kaki, saya rasa olahraganya bisa digantikan dengan jalan kaki selama traveling, jadi kamu nggak perlu repot melakukan olahraga selama traveling. Cukup lakukan peregangan untuk menjaga kesehatan otot.


Sering bingung mencari ide menulis? Simak bagaimana cara Windy Ariestanty mencari ide kreatif


Tinggalkan Komentar