Destinasi Wisata Jawa Tengah yang Cocok Untuk Habiskan Akhir Pekan

Yok, berkemas dan tinggalkan Jakarta untuk sementara. Berwisata ke Jawa Tengah nikmati akhir pekan yang menenangkan!

Echi • March 6, 2017

Di tahun 2017, traveling sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Apalagi, Kamu anak urban yang juga bekerja kantoran. Setiap hari kerja, pagi sampai petang, selalu saja disibukkan dengan tetek bengek pekerjaan kantor yang nggak jarang bikin tertekan.

Nggak heran, akhir pekan menjadi waktu yang paling sakral untuk meresfreshkan pikiran dan diri dari segala beban hidup. Sekadar diam di rumah, nonton drama korea, atau pergi menjauh dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Saya pun pekerja kantoran sama seperti kalian. Sangat tahu rasa penat dan bosan berkutik dengan rutinitas yang itu-itu melulu. Lebih-lebih, Kamu yang tinggal di Jakarta, sepanjang mata memandang, gedung-gedung tinggi menjulang. Mau cari pemandangan hijau pun sulit, bagaimana bisa menyegarkan pikiran?

Maka, sesekali menjauh dari hingar bingar kota metropolitan ke tempat yang menyejukan, sepi, dan menenangkan. Larilah ke Lembang atau Bogor untuk mencium bau dedaunan dan kulit pohon yang menyegarkan. Atau “lompatlah” ke Kepulauan Seribu untuk menginjakkan kakimu di atas lembutnya pasir putih dan rasakan hembusan sepoi angin laut. Tapi, tidak bosankah Kamu dengan destinasi yang itu-itu saja?

Bosan yaa … ? Nggak tahu harus liburan kemana lagi yang dekat dengan Jakarta? Kenapa Kamu nggak ke Jawa Tengah saja? Eits, Jawa Tengah bukan cuma Lawang Sewu di Semarang atau Candi Borobudur di Magelang lho. Ada banyak pilihan destinasi wisata lain, misalnya;

Destinasi wisata untuk piknik akhir pekan

brown canyon semarang

Brown Canyon Semarang. Foto oleh Maynard

Saya tahu, waktu libur yang singkat terkadang ‘mengikat’ Kamu untuk nggak pergi jauh-jauh dari Jakarta. Nah, Jateng punya beberapa destinasi pilihan akhir pekan yang seru. Semarang menjadi kota yang cocok untuk habiskan liburan singkatmu.

Jarak antara Jakarta dan Semarang yang nggak begitu jauh serta mudahnya akses transportasi selama di Semarang akan permudah perjalananmu. Bukan hanya itu, sekarang, Semarang punya pilihan destinasi keren seperti Mangrove Edupark, Brown Canyon, Eling Bening, dan banyak lagi.

Jawa Tengah menyimpan wisata kota tua yang bukan hanya Kota Lama Semarang

kota-lama

Suasana kota lama Semarang. Foto dari indonesiawow.com

Kota Lama memang sudah sangat populer. Tapi, tahukah Kamu, Jawa Tengah punya wisata kota tua lainnya yang nggak kalah jadoel lho. Ada yang tahu kota manakah itu? Yap, Demak dan Lasem! Beberapa tahun silam, Demak dan Lasem memang sedikit terabaikan. Nggak banyak yang tahu nilai sejarah yang tersimpan di balik bangunan-bangunan tuanya.

Tidakkah Kamu penasaran apa sih yang membuat Lasem dan Demak menjadi kota yang begitu bersejarah. Sampai-sampai, Lasem disebut-sebut sebagai Little Tiongkok of Indonesia?

Yok, rencanakan liburanmu ke sana, Kamu akan tahu bahwa Jawa Tengah merupakan provinsi yang kaya akan ragam budaya dan memiliki nilai sejarah tinggi. Bukan hanya bangunan peninggalan Belanda saja, namun kebudayaan Tiongkok dan Islam pun ada.

Buat Kamu yang suka jalan-jalan pantai, Jawa Tengah punya banyak pilihan pantai juga

pulau-cemara-besar-karimunjawa

Penampakan Pulau Cemara Kecil di Karimunjawa. Foto from liburanaye.com

Kenapa harus ke Jawa Tengah kalau ke Kepulauan Seribu pun ada pantai? Karena Jawa Tengah memiliki banyak pilihan pantai dengan karakteristik yang berbeda-beda. Kamu pasti sangat mengenal Karimunjawa dengan pasir putihnya dan suasana romantisnya bukan? Tapi sudahkah Kamu merasakan menantangnya pantai-pantai di Kebumen? Belum? Adrenalinemu akan terpaca ketika menjejakan kaki di Pantai Menganti, Watu Bale, atau Lemburpurwo.

Pencinta lansekap perbukitan dan pemandangan yang hijau harus ke Jawa Tengah

wisata purwokerto

Savana Purwokerto. Foto dari instagram MuhammadS’Amien 

Nama Dataran Tinggi Dieng menjadi primadona destinasi wisata di Jawa Tengah yang menawarkan pemandangan lansekap pegunungan yang indah. Saya yakin, Kamu nggak akan bosan ke Dieng meski sudah berkali-kali. Karena Selalu ada hal baru dan seru di sana. Selain Dieng, ada Baturaden Purwokerto yang perlahan hadir mencuri perhatian para pencinta lansekap pegunungan. Salah satu yang menarik menurut saya, ya padang savana Baturaden.

Festival di Jawa Tengah semakin mewarnai liburanmu

tiket dieng culture festival

Dieng Culture Festival menjadi salah satu bukti bahwa Jawa Tengah memiliki nilai budaya yang tinggi. Setiap tahun, festival yang diselenggarakan sebagai bagian dari ritual pemotongan anak rambut gimbal ini selalu menjadi daya tarik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Yang perlu Kamu tahu, Jawa Tengah punya banyak festival besar lainnya seperti Solo Batik Carnival, Festival Sungai Serayu, Festival Grebeg Besar Demak, dan lainnya.

 ***

Lupakan pekerjaan kantor yang bikin pusing. Destinasi wisata Jawa Tengah bisa jadi alternatif liburan singkat di akhir pekan lho.

wisata jawa tengah