Banyak orang bermimpi untuk traveling keliling Indonesia. Namun tak semua orang bisa melakukannya, entah karena terhalang oleh biaya yang mahal atau malah tidak ada waktu.

Pria paruh baya asal Tasikmalaya berhasil keliling Indonesia naik sepeda

Pada Oktober 2010 yang lalu, seorang pria paruh baya bernama Asep Sudrajat menggemparkan Indonesia karena aksi nekatnya. Pria kelahiran 1965 ini nekat keliling Indonesia menggunakan sepeda. Asep Sudrajat menghabiskan waktu 5 tahun untuk bisa gowes keliling Indonesia. Setidaknya, ia telah menghabiskan 3 sepeda selama perjalanannya.

Asep keliling Indonesia dengan modal iseng, ia memulai perjalanannya paska sepeninggalan sang istri ketika melahirkan. Meskipun modal iseng, namun Asep mengaku pernah punya nadzar untuk bersepeda dari Singaparna ke Singapura jika ada orang yang berbaik hati membuatkan paspor. Jadi, bukan hanya keliling Indonesia, saat ini Asep juga sudah pernah gowes ke beberapa negara di Asia.

Dari mana biaya gowes Asep?

asep sudrajat

Sumber: Instagram @agusprapto_

Seorang pengguna Instagram @agusuprapto_ membagikan momen langka ketika bertemu dengan sosok Asep di Pemalang, Jawa Tengah. Dalam pertemuan itu, Agus sempat ngobrol dan bertanya-tanya perihal biaya perjalanan. Dari obrolan mereka, ternyata biaya perjalanan Asep pernah dibiayai oleh Menpora (pada tahun 2010) dan dukungan dari beberapa pihak pun instansi swasta. Tentunya dengan biaya tambahan dari kantong pribadi Asep juga.

Asep sudah berencana untuk mengakhiri perjalanannya di Mekkah

Sebenarnya, perjalanan Asep belum selesai, karena Asep sudah lama memimpikan untuk bisa mengakhiri perjalanan bersepedanya hingga sampai ke Mekkah. Namun, hingga kini masih belum kesampaian. Rencananya dia akan ditemani oleh beberapa rekannya untuk melanjutkan perjalanannya menggapai mimpinya di tahun 2019.

Asep bersepeda sendiri atau sendirian?

Kamu pasti kepikiran dengan siapa Asep melakukan perjalanan jauh keliling Indonesia kan? Ternyata, pria asal Tasik ini nggak sendiri. Kadang ditemani oleh beberapa rekan yang ditemuinya di perjalanan, kadang juga sendiri.

Belajar dari Asep Sudrajat

Meskipun saya nggak bertemu langsung dengan Pak Asep, tapi, cerita impian perjalanannya ini mengajarkan saya pada suatu hal bahwa impian yang sudah dituliskan harus diusahakan untuk diwujudkan. Jangan pernah menyerah sebelum berusaha sekuat tenaga.

Jika Kamu lelah “menggowes” istirahatlah. Jika sepeda rusak, perbaiki dan ganti dengan yang baru. Karena mewujudkan impian itu bukan hanya membutuhkan materi, energi dan skill saja. Tapi, niat, keyakinan, dan tekat kuatlah yang utama.

Berikut ini adalah foto-foto yang berhasil Asep abadikan selama perjalanannya:

Foto oleh Asep Sudrajat

Foto oleh Asep Sudrajat

Foto oleh Asep Sudrajat

Foto oleh Asep Sudrajat

Foto oleh Asep Sudrajat

Foto oleh Asep Sudrajat

Foto oleh Asep Sudrajat

Foto oleh Asep Sudrajat

Foto oleh Asep Sudrajat

Foto oleh Asep Sudrajat

Foto oleh Asep Sudrajat

Foto oleh Asep Sudrajat

Foto oleh Asep Sudrajat

Foto oleh Asep Sudrajat

***

Bagi Kamu yang pernah memimpikan untuk traveling keliling Indonesia, mungkin bisa meniru aksi Asep yang selalu berani, tidak gampang menyerah, dan percaya pada mimpi.

Baca juga artikel inspirasi lainnya: