5 Action Camera dengan Harga Terjangkau

Ghozali Qodratullah • June 14, 2016

Apakah merek Xiaomi Yi melintas di pikiran Kamu ketika mendengar “Action camera”? Action cam atau Action camera kini menjadi sebuah benda penting dalam sebuah dokumentasi perjalanan. Baik perjalanan ke pantai, gunung, kota maupun lokasi lainnya karena memang bentuknya yang praktis. Terkadang juga digunakan untuk sport camera saat Kamu melakukan kegiatan outdoor yang menguras fisik dan memacu adrenalin.

Bentuk yang kecil serta ringan membuat Camera Action sangat digemari oleh para penyuka dokumentasi perjalanan. Terlebih dengan kemampuan video mulai dari resolusi hd (720p) hingga resolusi yang lebih tinggi seperti 4K. Lensa dengan cakupan lebar membuat Action cam menjadi incaran para traveler milenial saat ini.

GoPro memang bisa dibilang memiliki kualitas serta harga yang pantas, belum tentu semua traveler bisa memilikinya, namun berterima kasihlah kepada negara tetangga yang mampu memproduksi barang-barang ramah dompet dan sepadan dengan harganya. Ambil contoh saja Xiaomi Yi action cam yang sering kita jumpai saat traveling.

Berikut rekomendasi action camera selain GoPro atau Xiaomi Yi  yang cocok untuk menunjang kegiatan traveling kamu, yang jelas produk yang disebutkan di sini dapat dengan mudah kamu temukan di toko camera terdekat atau melalui berbagai toko online di Indonesia. :

SJ5000x

Berbeda dengan seri sebelumnya (SJ5000 dan SJ5000+), action camera SJ5000x diperuntukan bagi mereka yang ingin mendapatkan keleluasaan dalam luas cakupan lensa dan peningkatan kualitas perekaman video. Walaupun hanya beresolusi foto sebesar 12 Mp, namun action camera ini bisa merekam video dengan resolusi 4K walau menggunakan metode interpolasi piksel.

Secara kemampuan perangkat kerasnya, action camera ini mampu merekam video beresolusi 2K dalam 30fps. Selain itu, ada banyak fitur tambahan seperti slowmotion dan gyro stabilization yang akan membuat video yang diambil akan lebih dramatis.

Spesifikasi singkat SJCAM5000x sebagai berikut :

Resolusi foto : 12 Mp

Lebar cakupan lensa : 70, 110, 140, dan 170 derajat

Konektivitas : Wi-Fi

Video : 2K pada 30 fps

LCD : 2 inchi

Harga : Rp. 1.700.000 (kisaran Juni 2016)

 

SJCAM M10 WiFi

Bentuk action camera ini lebih kecil dari action camera yang pada umumnya ada di pasaran. Dengan berat hanya 68 gram termasuk baterai, kamu mungkin lebih menyukai membawa kamera ini daripada membawa kamera pocket.

Dukungan layar 1,5 inchi dengan mudah membuat kamu bisa melihat tangkapan sebelum menekan tombol shutter kamera. Paket penjualan yang menyertakan case underwater membuat kamu akan lebih sering membawa kamera ini baik saat hujan atau harus masuk ke dalam air.

Spesifikasi singkat SJCAM M10 WiFi

Resolusi foto : 12 Mp

Lebar cakupan lensa : 170 derajat

Konektivitas : Wi-Fi

Video : 1080p (1920 x 1080) FullHD

LCD : 1,5 inchi

Harga : Rp. 1.200.000 (kisaran Juni 2016)

 

SJCAM M10+

Dengan ukuran yang sama dengan SJCAM M10 Wifi, fitur unggulan kamera action ini untuk kamu yang gemar membuat video beresolusi tinggi dengan tambahan gyro stabilization. Fitur slow motion yang tertanam pada kamera ini memudahkan kamu ketika harus mengolahnya kembali di komputer. Secara fisik tidak banyak berbeda dengan SJCAM M10+, namun fitur yang tersematkan bersama perangkat keras yang tertanam pada action cam ini menjadi pertimbangan tersendiri.

Spesifikasi singkat SJCAM M10+

Resolusi foto : 12 Mp

Lebar cakupan lensa : 170 derajat

Konektivitas : Wi-Fi dan Bluetoth

Video : 2K (2560 x 1440) pada 30fps

LCD : 1,5 inchi

Harga : Rp. 1.500.000 (kisaran Juni 2016)

 

SJCAM M20

Action cam ini sangat cocok untuk Kamu yang menyukai bentuk pipih, selain akan lebih mudah dipegang, ketika kita masukan ke dalam saku juga tidak terlalu menonjol. Walaupun bentuknya pipih, action cam ini memiliki kemampuan yang patut diacungi jempol pada masa sekarang ini.

Selain mampu mengambil gambar 16 Mp dan merekam video pada resolusi 2,5K, SJCAM M20 juga mampu merekam video ke dalam format MOV atau MP4, bahkan bisa menyimpan gambar dalam format JPG dan RAW. cocok bagi kamu yang terbiasa mengolah hasil traveling lebih lanjut di komputer. Terdapat juga fitur untuk mengoreksi distorsi gambar yang melengkung akibat penggunaan lensa lebar. Ada juga fitur gyro stabilization untuk membuat video kamu terlihat lebih tajam dan minim getaran.

Pada paket penjualan juga terdapat case underwater yang bisa kamu gunakan hingga kedalaman 30 meter. Tersedia juga aksesoris berupa remote control yang mempermudah dalam mengontrol dari jarak jauh bagi kamu yang malas menggunakan aplikasi pada smartphone. Sayangnya bahwa remote control tidak termasuk dalam paket penjualan, sehingga harus Kamu beli secara terpisah.

Spesifikasi singkat SJCAM M20

Resolusi foto : 16 Mp

Lebar cakupan lensa : 170 derajat

Konektivitas : Wi-Fi dan Bluetoth

Video : 2K (2560 x 1440) pada 30fps

LCD : 1,5 inchi

Harga : Rp. 1.900.000 (kisaran Juni 2016)

 

Brica B-PRO5 Alpha Plus

Selain mengandalkan sensor kamera yang beresolusi 16 Mp, dukungan terhadap kemampuan dalam mengabadikan gambar bergerak pada resolusi 2,5K pada 30 fps juga menjadi fitur andalan dari action cam ini. Bila kamu menyukai kegiatan di bawah air, case underwater kamera ini bisa mendukung hingga kedalaman 40 meter. Mode brust pada acion cam ini mampu mengabadikan 20 gambar sekaligus, sehingga kamu bisa memilih momen yang paling tepat untuk diunggah ke media sosial kamu. Paket penjualan yang lengkap juga semakin membuat kamu tidak perlu keluar masuk toko lagi untuk mencari aksesoris action cam ini.

Resolusi foto : 16 Mp

Lebar cakupan lensa : 170 derajat

Konektivitas : Wi-Fi

Video : 2.5K (2304×1296) pada 30fps

LCD : 1,5 inchi

Harga : Rp. 2.200.000 (kisaran Juni 2016)

Peningkatan action camera bila kita perhatikan mulai mengejar resolusi video yang lebih tinggi daripada resolusi foto. Mungkin juga karena resolusi foto tidaklah begitu diperhatikan ketika penggunannya hanya sebatas pengunggahan di media sosial tanpa proses cetak selanjutnya. Video yang beresolusi tinggi sepertinya mulai mengarah kepada traveler yang tidak hanya ingin mengabadikan perjalanannya menjadi gambar diam saja.

Jadi, action camera manakah yang memang benar-benar bisa mengakomodir hasrat travelingmu?

 

Baca Juga :


Sering bingung mencari ide menulis? Simak bagaimana cara Windy Ariestanty mencari ide kreatif



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait