9 Kolam Alami dalam Gua di Indonesia yang Bikin Ngeri dan Penasaran

Kok ya ada aja kolam renang di dalam goa!

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Yang cantik tak selamanya terlihat, kadang Kamu perlu menemukannya dalam suatu tempat yang tersembunyi. 

Indonesia emang cantik, dari ujung ke ujung nggak ada yang nggak cantik. Lautnya, pantainya, gunungnya, alamnya, bahkan cewek-ceweknya juga cantik. Hehe..

Tapi ada satu nih yang sering banget kelewatan, di Indonesia ternyata ada juga lho kolam indah yang terbentuk alami di dalam gua. Meski agak serem, tapi kecantikannya luar biasa lho! 

Penasaran kayak gimana kecantikan kolam alami dalam gua ini ada di mana aja? Kuylah kepoin satu-satu di sini.

#1 Kolam Gua Te’wali Wakatobi, meski dekat dengan laut tapi uniknya air di kolam alami ini justru tawar

Keindahan Gua Te’Wali. Sumber foto

Gua Te’wali ini berada di bawah tanah dan dekat dengan laut. Tapi uniknya air kolam alami yang terbentuk di dalam gua ini ngagak asin, tapi tawar. 

Air yang jernih dan bersih bikin Kamu pengen langsung renang cantik begitu sampai di gua ini. Yang lebih asyik lagi, kolam alami dalam Gua Te’wali ini nggak begitu jauh dari mulut gua. Jadi Kamu nggak perlu jalan jauh kalau cuma mau main air atau renang di kolam alami ini. 

Gua Te’wali ini ada di Pulau Tomia. Jadi jangan lupa mampir ya. 

#2 Gua Kristal Kupang yang menyimpan rapi kecantikan kolam alaminya, Kamu butuh perjuangan untuk sampai di kolam ini

Kolam renang alami di dalam Gua Kristal. Sumber foto

Salah satu surga tersembunyi di tanah Kupang adalah Gua Kristal yang di dalamnya menyimpan kolam alami berair jernih ini. Untuk mencapai kolamnya, emang butuh perjuangan yang nggak mudah. Tapi begitu bertemu dengan air kolam jernih hingga berwarna kebiruan ini Kamu pasti akan langsung lupa dengan semua perjuanganmu. 

Kecantikan kolam dalam Gua Kristal Kupang, Sumber foto

Gua Kristal ini terketak di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.Kalau Kamu memulai perjalanan dari pusat kota Kupang, jarak yang bakal ditempuh kira-kira 13 km. Dasar Gua Kristal l ini berbentuk vertikal, air yang jernih bikin dasar gua terlihat dengan sangat jelas. 

Luas kolam ini sekitar 30 meter persegi, jadi cukup puas buat berenang dan main air. 

#3 Gua Kolam Renang Pulau Labengki, spot menantang buat Kamu yang hobi berenang di kolam alami dalam gua

Gua Kolam Renang Labengki. Sumber foto

Renang di kolam buatan itu udah biasa, yang spesial adalah kalau bisa renang di kolam alami dalam gua. Kalau kamu lagi liburan ke Pulau Labengki di Sulawesi Tenggara, wajib hukumnya buat mampir ke Gua Kolam Renang. 

Dari namanya aja pasti udah ketebak kan kalau gua ini punya kolam renang alami di dalamnya. Butuh sedikit perjuangan emang buat sampai ke kolam renangnya. 

Keindahan kolam renang dalam Gua Kolam Renang Labengki, Sumber foto

Saat tiba di perut gua, Kamu akan disambut dengan jernih dan dinginnya air kolam. Stalaktit dan stalakmit juga makin mempercantik permukaan gua. Kedalaman kolam juga bervariasi, dan kalau ingin menyelam Kamu harus hati-hati ya. Karena ada banyak batuan lancip di dasar gua. 

#4 Ikut merasakan serunya sensasi berenang di kolam air panas dalam Gua Ngalau Pangian

Aliran sungai yang menuju ke Gua Pangian, Sumber foto

Bisa dibilang ini adalah gua yang langka, soalnya emang jarang banget ada gua yang di dalamnya terdapat kolam air panas alami. 

Gua Ngalau Pangian yang terletak di Sumatera Barat ini emang cukup unik. Dari bagian mulut guanya sudah dialiri anak sungai yang airnya sangat jernih dan segar. Anak sungai ini mengalir langsung dari pegunungan, jadi bisa dibayangkan betapa sejuknya air di gua ini. 

Lebih unik lagi karena ternyata dalam perut Gua Ngalau Pangian ini terdapat mata air panas yang bisa Kamu gunakan untuk berenang atau berendam. Dengan hiasan stalaktit, stalagmit dan colom di dinding gua, bikin Kamu betah lama-lama berendam di sini. Percaya deh!

{QWERTY}

#5 Gua Rangko di Manggarai Barat,  berenang di sini rasanya kayak berenang di kolam pribadi

Kolam renang di dalam Gua Rangko. Sumber foto

Gua Rangko ini terletak di Desa Rangko, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Masyarakat setempat menyebutnya juga dengan Gua Buaya. Tapi tenang, di dalam gua ini nggak ada buayanya kok. Cuma namanya aja yang buaya. Hehe…

Jernih kan? Sumber foto

Buat yang hobi mencari destinasi wisata tersembunyi, tenang dan damai, Gua Rangko ini cocok banget buat pelarian. Selain masih tersembunyi, gua ini juga punya kolam alami dalam gua yang jernihnya minta ampun. 

Renang di sini udah kayak renang di kolam pribadi. Karena letaknya masih berdekatan dengan laut, makanya air di kolam alami ini emang asin. Tapi nggak masalah karena airnya seger dan dingin. 

#6 Gua Hawang Maluku Tengah, meski terlihat sedikit mistis tapi tetep seru buat berenang santai

Gua Hawang yang terkenal mistis. Sumber foto

Sekilas melihat Gua Hawang, Kamu pasti akan langsung jatuh cinta dengan gua ini. Gimana nggak? Air Gua Hawang ini sangat jernih bahkan terlihat kebiruan. Ditambah lagi dengan stalaktit dan stalakmitnya yang fotogenik, bikin setiap orang yang datang ke sana nggak lupa buat foto-foto ala selebgram.

Gua Hawang. Sumber foto

Keseruan lain yang bisa Kamu jajal adalah berenang dengan leluasa di kolam alami dalam gua ini. Ya, meski banyak cerita mistis yang beredar tapi keindahan tempat ini pasti akan bikin Kamu lupa dengan semua cerita mistis yang mungkin Kamu dengar sebelumnya.

#7 Jangan pulang dari Pulau Derawan kalau belum berhasil menemukan spot tersembunyi Gua Haji Mangku

Tidur santai di kolam dalam gua. Sumber foto

Yap, jangan mau pulang dari Derawan kalau belum ketemu dengan surga tersembunyi berupa kolam alami yang jernih di Gua Haji Mangku. Gua Haji Mangku ini lebih dikenal dengan sebutan gua kelelawar, mungkin karena tersembunyi dan banyak yang belum tahu soal tempat ini. 

Asyik banget! Sumber foto

Gua Haji Mangku ini terletak di Desa Payung, Berau, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Kalau dari Pulau Maratua,cukup mudah kok menjangkau tempat ini dengan menggunakan perahu. 

Tidur telentang di atas permukaan kolam Gua Haji Mangku ini bikin Kamu tenang dan damai. Yakin deh!

#8 Sejenak menenangkan diri di kolam Gua Cerme Yogyakarta

Gua Cerme Jogja. Sumber foto

Gua Cerme merupakan salah satu gua terbesar yang ada di kawasan Imogiri. Tingginya mencapai 500 mdpl dengan panjang gua sekitar 1,5 km. Butuh sedikit perjuangan untuk mencapai gua ini, yaitu berjalan kaki menaiki 750 anak tangga. Sanggup?

Keindahan Gua Cerme. Sumber foto

Di dalam Gua Cerme ini terdapat kolam alami yang bisa Kamu gunakan sebagai tempat untuk berendam atau berenang. Sejenak menjauhkan diri dari hiruk pikuk kota, karena emang suasana di gua ini cukup sepi dan sangat tenang. 

Catat ya gais, gua ini terletak di Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri Bantul.

#9 Gua Sinjang Lawang Pangandaran, kolam alami yang nggak kalah cantik dengan Green Canyon

Lanskap Gua Sinjang Lawang. Sumber foto

Gua Sinjang Lawang terletak di Dusun Parinengan, Desa Jadimulya, Kecamatan Langkap Layar Kabupaten Pangandaran. Gua ini jadi pilihan destinasi baru yang nggak kalah kece dari Green Canyon.

Cantiknya Gua Sinjang Lawang. Sumber foto

Dialiri Sungai Cijulang, Gua Sinjang Lawang ini pun sontak jadi wisata kolam di dalam gua yang  mulai ramai dikunjungi wisatawan. Sayang banget nih kalau udah ke Pangandaran nggak mampir sekalian ke gua ini. Karena selain ada kolam alami di dalam gua, di sini juga punya panorama dinding gua yang cantik lho, cocok buat hunting foto. 

***

Ada yang tertarik buat langsung jalan-jalan ke 9 kolam dalam gua ini? Jangan lupa buat tetep hati-hati ya. Karena kondisi kolam renang di dalam gua pastinya bakal lebih bahaya dan nggak terduga. Waspada juga dengan keberadaan stalaktit dan stalakmit!

Baca juga:

SHARE :



REKOMENDASI




ARTIKEL KEREN PALING BARU