Astaga, Ternyata 9 Pos Pendakian Ini Adalah Rumah Para Makhluk Halus

Wajib hati-hati ya kalau lewat pos ini! Mistis bangetttttt gaes!!!!

Wike Sulistiarmi • July 13, 2017

“Selalu ada tempat di mana makhluk halus bersemayam dan tak ingin diganggu. Meski di Gunung yang tak berpenghuni sekalipun,”

Hobi mendaki memang menyenangkan. Selalu ada tempat indah dan menyenangkan yang bisa dinikmati oleh seorang pendaki karena spot-spotnya jarang dijamah oleh manusia. 

Namun, meskipun gunung sepi bukan berarti tempat itu tak ‘berpenghuni’ lho. Selalu ada makhluk halus yang bersembunyi dan hidup di sana. Konon juga, beberapa tempat di gunung malah jadi kampung di mana warga tak kasat mata hidup. Ada banyak cerita horor berkembang di situ.

Hati-hatilah kalau naik ke 9 gunung ini karena di spot-spotnya berikut adalah kampung para makhluk halus.

Pasar Bubrah Merapi, pasarnya para makhluk halus Gunung Merapi

cerita horor di gunung

Ngeri banget! Sumber foto

Pasar Bubrah konon adalah tempat di mana pasar gaib berada. Cerita horor yang paling populer dari desas-desus Pasar Bubrah ini adalah cerita para pendaki yang tersesat di Merapi yang tiba-tiba berada di perkampungan dengan pasar yang ramai oleh orang-orang zaman dulu. Pakaian aneh dengan rumah gubug membuat para pendaki ini sadar bahwa mereka berada di dunia gaib. Dengan segenap do’a, akhirnya para pendakipun kembali ke dunia nyata.

Ada juga pendaki yang tiba-tiba ditawari belanja barang unik, lalu setelah sadar mereka cuma memegang batu Pasar Bubrah.

Namun para warga sekitar meyakini bahwa pasar bubrah adalah tempat Eyang Sapu Jagad dan Mbah Petruk menjadi pesohor makhluk gaib bersemayam. Hingga saat ini pada tanggal tertuntu Pasar Bubrah akan dipadati warga yang mengirim sesajen demi keselamatan dan terhindar dari murka Eyang Sapu Jagad dan Mbah Petruk.

Watu Rejeng dan Arcopodo Semeru

cerita horor di gunung

Watu Rejeng. Sumber foto

Dua spot di Semeru ini konon menyimpan misteri yang membuat bulu kuduk merinding. Watu Rejeng sendiri merupakan spot di mana cewek cantik bersemayam. Konon jika ada pendaki yang kemalaman saat melewati Watu Rejeng akan mendapatkan gangguan saat naik. Cewek gaib ini akan tertawa, menjahili, hingga mengikuti jika pendaki lengah.

Sedangkan Arcopodo sendiri merupakan tempat di mana misteri patung kembar tersimpan. Tak sembarang orang bisa melihat patung kembar ini. Ada yang bilang sebesar raksasa dan ada yang bilang sebesar anak kecil, yang jelas dua patung ini adalah patung yang dibuat oleh petinggi kerajaan Majapahit di zaman dulu. Hiii ngeri!!

Kalau Kamu pernah nonton dan baca buku 5 CM pasti tahu lah rasanya naik Semeru!

Rinjani memang indah, tapi spot ini ternyata menyimpan cerita horor

cerita horor di gunung

Aik Kalik. Sumber foto

Banyak orang kagum dengan Rinjani. Tapi entah mengapa ada saja cerita horor di beberapa spotnya. Mulai dari Segara Anakan, Aik Kalak hingga puncak Rinjani.

Di sana konon banyak makhluk gaib jail yang bikin pendaki mengalami hal yang berbahaya. Konon beberapa kejadian meninggalnya pendaki adalah karena ulah makhluk gaib yang menyeret para pendaki yang sedang mandi di Segara Anakan dan Aik Kalak. Di puncka Rinjani sendiri konon merupakan tempat di mana Dewi Anjani bersemayam.

Pos Samarantu Gunung Slamet

cerita horor di gunung

Ngeri nian! Sumber foto

Banyak cerita horor yang menyeruak di Gunung Slamet. Dari semua cerita itu, cerita horor Pos Samarantu menjadi cerita horor yang sering dibagikan oleh para pendaki.

Samarantu yang terletak di Pos IV (mohon ralat kalau salah) didiami jin-jin penunggu yang suka mengerjai pendaki. Samarantu sendiri merupakan singkatan dari Samar dan Hantu. Dengan kata lain, pos ini merupakan pos yang samar-samar ditunggui hantu. Hiiii ngeri banget!

Kamu yang berencana mendaki ke Slamet wajib hati-hati karena banyak juga yang bilang kalau Gunung Slamet auranya lebih seram dari gunung-gunung lain di Jawa Tengah.

Makhluk kaki terbalik Gunung Kerinci 

cerita horor di gunung

Mistis banget! Sumber foto

Cerita horor penampakan orang pendek di Kabupaten Kerinci, Jambi sudah melegenda sejak puluhan tahun. Banyak warga di daerah ini mengaku pernah melihat makhluk kaki terbalik dengan mata merah menyala.

Konon, makhluk ini sering berkeliaran di hutan Gunung Kerinci. Kamu yang ingin merasakan suasana merinding diikuti dengan makhluk mata merah dengan kaki terbalik.

Wanita misterius pos kolam renang Gunung Ungaran

cerita horor di gunung

Wah jangan camping di daerah ini ya gaes! Mending naik lagi! Sumber foto

Pernah suatu waktu seorang pendaki mendirikan tenda di sebelah kolam renang Gunung Ungaran. Namun bukan ketenangan yang didapatkan ternyata para pendaki ini malah diganggu oleh seorang wanita gaib.

Bagi Kamu yang berencana naik Gunung Ungaran lebih baik menghindari spot ini demi keselamatan dan kenyamananmu selama mendaki.

Pasar Dieng Gunung Lawu Via Cetho yang sering dikelilingi oleh makhluk berwarna putih

cerita horor di gunung

Syerem nih! Sumber foto

Mendaki Gunung Lawu via Cetho memang memiliki keindahan alam yang bikin sumpringah para pendaki. Namun dibalik keindahannya tersimpan sebuah cerita horor yang menggelayuti.

Sosok putih sering berkeliaran di Pasar Dieng Gunung Lawu. Jika kebetulan Kamu ingin camping di Pasar Dieng Gunung Lawu mending bersikap sopan. Tapi, jika tak ingin merasakan gangguan gaib lebih baik hindari!

Pos Pasar Watu Gunung Sumbing

cerita horor di gunung

Pendaki musti waspada! Sumber foto

Bukannya nakutin Kamu buat naik gunung, namun Kamu perlu waspada jika sedang naik gunung Sumbing saat berada di Pos Pasar Watu. Konon, di sini ada cewek berambut panjang yang suka menganggu para pendaki.

Cewek ini pernah menganggu para pendaki dengan suara tangisannya.

Pasar Anjaya Gunung Lompo Battang-Bawakaraeng

cerita horor di gunung

Waspada ya! Sumber foto

Entah mengapa Gunung Lompobattang dan Gunung Bawakaraeng selalu saja diselimuti dengan cerita horor para pendaki.

Disebut-sebut, Pasar Anjaya di Gunung Lompobattang dan Gunung Bawakaraeng sering disebut-sebut pasar para makhluk halus. Meskpiun kebenarannya kawasan ini cuma kawasan hutan yang luas dengan panorama indah, namun banyak  juga pendaki yang mengalami cerita horor diganggu oleh para makhluk halus.

***

Kamu pernah merasakan pengalaman mistis di 9 gunung di atas? Kalau udah pernah, semoga nggak lagi-lagi ya! Hindari tempat-tampat itu biar Kamu nggak digangguin. 

Oya, artikel ini bukan buat Kamu takut buat naik gunung. Tapi untuk menghormati makhluk halus di gunung.

Baca juga: