9 Pengalaman Antimainstream yang Wajib Kamu Coba Saat Liburan

Wajib jajal hal anti mainstream nomor 9!

Wike Sulistiarmi • July 4, 2017

One s destination is never a place, but a new way of seeing things.” –Henry Miller

Menurutmu, apa sih hal yang paling menarik saat mengunjungi sebuah tempat wisata? Spot foto-fotonya? Ah, kalau spot untuk foto-foto mah udah biasa di semua tempat wisata.

Biar liburanmu berkesan, coba deh sesekali coba hal-hal unik dan anti mainstream di tempat wisata mainstream Indonesia.

1. Naik gajah menyusuri Candi Borobudur

hal anti manistream di tempat wisata

Seru banget bisa naik gajah untuk menyusuri Borobudur. Sumber foto

Naik kereta wisata dan berjalan kaki adalah hal yang sudah biasa dilakukan oleh semua turis saat ke Borobudur. Nah, biar anti mainstream, Kamu bisa naik gajah menyusuri Borobudur.

Biasanya, safari gajah ini punya rute tersendiri, rutenya melewati sungai, sawah, desa dan perbukitan di sekitar Borobudur. Lalu, Kamu juga bisa foto-foto dan memberi makan gajah selama mengikuti Safari Gajah ini. Jadi, Kamu bakal nggak bosan selama berada di Borobudur.

Nah, untuk bisa menikmati Safari Gajah ini Kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp 300 ribu. Harga yang setimpal dengan pengalaman luar biasa.

2. Bosan lihat Komodo di Pulau Komodo? Mending sesekali menyaksikan kawanan kelelawar singgah ke peraduan

wisata anti mainstram

Pulau Kalong. Sumber foto

Pengalaman ke Pulau Komodo itu beragam. Bukan hanya walking tour untuk menemukan Komodo saja. Di Pulau Kalong Komodo, Kamu juga bisa merasakan pengalaman seru lainnya yaitu menyaksikan kawanan kelelawar singgah ke sarang saat matahari mulai terbenam.

Kamu hanya perlu menyewa kapal untuk bisa menikmati pengalaman ini. Jangan lupa bawa rombongan biar sewanya murah.

3. Menyewa pakaian khas China dan berfoto dengan background klenteng Sam Poo Kong

hal anti mainstream di tempat wisata

Sewa baju di Sam Poo Kong. Sumber foto

Berkunjung ke Klenteng Sam Poo Kong nggak seru kalau nggak foto-foto. Tapi, kalau foto pakai pakaian biasa mah udah biasa banget.

Nah, biar foto-foto liburanmu ke klenteng Sam Poo Kong jadi lebih berkesan, coba deh sesekali sewa kostum yang disediakan oleh pengelola. Kamu bisa memilih beragam warna dan beragam kostum ala putri dan pangeran China. Yang lagi demam Drama Korea juga bisa sewa baju Korea lho. Baju yang disewakan juga beragam, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

4. Berenang bareng hiu di Karimunjawa

wisat aanti mainstream

Brenang bareng hiu! CihUY! Sumber foto

Banyak orang ke Krimunjawa untuk melihat ikan kecil yang bercorak warna-warni. Lucu sih, tapi hal ini sudah seperti menjadi hal biasa saat ke Karimunjawa. Coba deh lakukan hal ant mainstrem saat ke Karimunjawa seperti berenang bareng hiu.

Kamu bisa berenang bareng hiu di Pulau Menjangan Besar. Di sana terdapat spot khusus untuk para turis bisa dekat dengan para hiu dan berenang bersama. Meskipun sedikit ngeri, tapi pengalaman ini balalan jadi hal yang paling berkesan jika Kamu cicipi saat mampir ke Karimunjawa.

5. Bosan melamun di pinggir Pantai Kuta Bali? Mending sesekali ikutan aksi mendebarkan Bungee Jumping di pinggir pantai aja!

wisata anti mainstream

Bungee jumping! Sumber foto

 Banyak orang Indonesia cuma bisa melamun kalau lagi di pantai gara-gara nggak bisa surfing. Nah, biar liburanmu ke Pantai Kuta Bali nggak monoton, coba deh sesekali ikut bungee jumping.

Kamu nggak perlu bakat apa-apa untuk bisa menikmati permainan ini. Cuma berdiri lalu terjun di atas ketinggian dengan pemandangan luar biasa. Pokoknya, Kamu wajib coba pengalaman anti mainstram ini biar liburan di Bali nggak gitu-gitu aja!

6. Capek jalan kaki naik ke Gunung Ijen? Mending cobain transportasi tradisional ala warga setempat ini deh!

hal anti mainstream di tempat wisata

Gerobak Kawah Ijen. Sumber foto

Naik gunung identik dengan beragam peralatan yang berat. Fisikpun harus terkuras karena lika-liku jalur pendakian. Nah, kalau Kamu malas berjalan saat mendaki gunung (khususnya Gunung Ijen), di Ijen Kamu bisa menikmati transportasi tradisional ala masnyarakat setempat yang mirip dengan gerobak dorong.

Gerobak dorong yang dilengkapi dengan dua roda ini sebenarnya alat untuk mengangkut batu belerang, tapi wisatawan bisa menyewanya untuk dijadikan kendaraan.

Nah, untuk bisa menikmati kendaraan tradisional ini, setidaknya Kamu harus punya uang minimal Rp 300 ribu. 

7. Wisata malam Monas, menikmati monas dengan cara nggak biasa

wisata anti mainstream

Monas! Sumber foto

Banyak orang dari seluruh Indonesia menikmati Monas saat siang hari. Padahal saat ini Monas masih tetap buka hingga malam hari (meskipun dibatasai).

Pemandangan dan suasana di Monas saat malam hari pasti bakalan berbeda. Karena Kamu bisa berkeliling dan naik Monas hingga pukul 22.00 WIB. 

8. Menikmati secangkir kopi di atas pohon di Goa Kreo Semarang

wisata anti mainstream

Gubuk Wit. Sumber foto

Banyak wisatawan ke Goa Kreo Semarang unutk menyusuri hutan yang dipenuhi monyet jinak dan naik perahu menyusuri bendungan. Rasanya, keseruan di Goa Krea kurang kalau cuma dinikmati dengan kegiatan itu-itu aja.

Untuk mendapatkan pengalaman yang seru di Kawasan Goa Kreo, cobalah untuk mampir ke Gubbuk wit, sebuah kedai kopi di atas pohon. Kamu bisa menikmati pemandangan sekitar dengan santai sambil minum kopi. Bergelantungan mirip monyet disekitar. Pengalaman yang seru dan wajib banget Kamu coba saat ke Goa Kreo Semarang!

9. Malas bayar mahal untuk naik kuda di Gunung Bromo? Mending sesekali coba berselancar di Pasir Kawah Gunung Bromo

wisata anti minstream

Berselancar di pasir Bromo. Sumber foto

Ketika banyak orang yang turun dari Kawah Bromo dengan gunakan jasa naik kuda, berselancar turun dari pasir Kawah Gunung Bromo adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan pengalaman yang seru.

Kamu nggak perlu sewa kuda mahal-mahal karena berselancar dengan alat sendiri tentu saja gratis. Dengan modal kardus kecil atau kain, Kamu bisa merasakan pengalaman luar biasa menuruti bukit pasir di Bromo.

Biar afdol, kalau punya papan selancar kecil Kamu bisa bawa untuk jadi peralatan untuk berselancar di pasir kawah Gunung Bromo.

***

Banyak hal anti mainstream yang kadang bisa jadi pilihan saat berwisata di tempat mainstream alias biasa. Kayak hal-hal di atas. Kamu yang suka bepergian atau traveling pasti tak pernah kehabisan ide untuk melakukan hal-hal tak biasa saat berada di tempat wisata.

Nah, biar semua orang di dunia ini tahu cara unikmu menikmati tempat wisata, Kamu bisa menuliskan cerita serumu itu di Phinemo!  Sekarang Phinemo punya fitur baru yang memberikan kebebasan kepada para pecinta traveling untuk menuliskan pengalaman travelingnya, agar dibaca oleh semua pengguna internet.

Selain bisa berbagi cerita, Kamu juga akan mendapatkan teman baru, hingga mengumpulkan poin untuk mendapatkan reward dari Phinemo atas cerita serumu itu.

Kamu bisa mulai menuliskan pengalaman travelingmu yang anti mainstream di sini.