9 Bukit dan Gunung Berpemandangan Indah di Dieng

Keren banget! Kamu wajib banget ke 9 bukit dan gunung di Dieng ini!

Wike Sulistiarmi • July 12, 2017

Kamu berencana ke Dieng akhir-akhir ini? Mau ke Dieng Culture Festival sekalian main-main ke berbagai bukit dan gunung di Dieng tapi bingung enaknya ke mana?

Jangan bingung lagi karena di Dieng ternyata banyak bukit dan gunung yang bisa Kamu kunjungi dan sambangi. Mulai dari yang level pendaki sejati hingga level pemula. Berikut ini adalah bukit dan gunung di Dieng yang bisa Kamu kunjungi:

1. Gunung Prau

gunung di dieng

Gunung Prahu. Sumber foto

Gunung Prau merupakan gunung tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Gunung ini memiliki padang rumput luas yang memanjang dari sisi barat ke timur.

Gunung ini memiliki banyak bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan. Jika cuaca sedang lembab, gunung ini akan dipenuhi dengan bunga Daisy di seluruh permukaan perbukaan Prau akan terlihat putih dan pink karena bunga Daisy ini.

Punya pengalaman menarik selama mendaki Gunung Prau? Yuk, share pengalamanmu ke Phinemo Experience biar banyak pembaca Phinemo makin kenal Kamu! Klik di sini kuy!

2. Gunung Bisma

gunung di dieng

Gunung Bisma. Sumber foto

Oke, selanjutnya adalah Gunung Bisma. Gunung ini masih masuk dalam kompleks gunung api Dieng dan secara atministrasi terletak di Kabupaten Wonosobo.

Ketinggiannya sekitar 2.365 mdpl. Gunung ini sendiri merupakan gunung api dengan kawah tertua yang terpotong membuka ke arah tenggara. Gunung ini memang nggak banyak diketahui orang tapi Kamu bisa sesekali berkunjung ke gunung ini.

3. Gunung Sipandu

gunung di dieng

Gunung Sipandu. Sumber triptrus.com

Ada lagi gunung Dieng benama Gunung Sipandu. Gunung ini berada di perbatasan Kabupaten Batang dan Banjarnegara tapi masih berada di kawasan dataran tinggi Dieng.

Gunung Sipandu ini sendiri terletak dekat dengan Gunung Prau. Jadi, dipastikan Kamu yang pernah mendaki Prau pasti pernah melihat gunung ini.

Untuk bisa menuju Gunung Sipandu ini Kamu bisa lewat desa Pranten kecamatan Bawang Kabupaten Batang yang berbatasan langsung dengan Dataran Tinggi Dieng.

4. Bukit Sikunir

gunung di gunung

Bukit Sikunir. Sumber foto

Semua orang pasti nggak asing dengan yang namanya Bukit Siunir. Bukit hits di Dieng ini memang bisa menjadi pilihan paling oke saat Kamu ke Dieng. Selain mudah dilewati, di sini Kamu bisa melihat matahari terbit dengan sangat Indah. 

Dengan treking kurang dari sejam Kamu bisa melihat keindahan 

5.  Gunung Pakuwaja

Gunung Pakuwaja

Gunung Pakuwaja. Sumber foto

Gunung Pakuwaja (2413 mdpl) terletak di sebelah selatan Sikunir. Kamu bisa menggunakan 3 jalur untuk bisa mengakses gunung ini. Pertama lewat Desa Sembungan (searah dengan Sikunir), dari atas Dieng Plateu, dan dari Desa Parikesit.

Kira-kira dua jam perjalanan untuk bisa sampai ke puncaknya. Berani coba mendaki ke sini?

6. Gunung Panggonan

gunung di dieng

Gunung Panggonan. Sumber foto

Gunung Panggonan adalah gunung yang cukup mudah di daki. Cuma 20 menit treking, Kamu bisa langsung sampai di puncaknya yang identik dengan padang savana hijau. Kamu bisa melihat pemandangan sunrise dan sunset sekaligus dalam sekaligus di puncaknya. Kamu wajib coba naik ke sini deh sesekali!

Sudah pernah ke sini? Kuy, share pengalamanmu ke Phinemo Experience! 

7. Bukit Sidengkeng

gunung di dieng

Keren banget. Sumber jpswisata.com

Kamu yang berencana ke Dieng wajib banget ke Bukit Sidengkeng. Bukit ini memiliki akses yang mudah dengan pemandangan luar biasa. Bisa dibilang, bukit ini memiliki pemandangan paling indah di Dieng.

Kamu bisa melihat Telaga Warna dan Pengilon di atas bukit ini sehingga foto perjalananmu  bakal makin cantik.

8. Bukit Scooter (Bukit Skoter)

gunung di dieng

Bukit Scooter. Sumber foto

Bukit yang lagi hits dan baru adalah Buikit Skoter. Bukit ini cuma memiliki jarak 1 kilometerdari Desa Dieng Kulon.

Kamu nggak akan merasa kelelahan karena saat di atas bukit Kamu bisa melihat candi, kawah Sikidang, bukit Sikunir, Gunung Prau, hingga Telaga Warna. Pokoknya wajib coba mendaki ke sini deh Kamu!

9. Gardu Pandang Tieng

gunung di dieng

Keren banget kan? Sumber foto

Berada di ketinggian 1789 mdpl tepatnya di atas Desa Tieng. Gardu ini bakalan bikin Kamu terkesima karena Kamu bakalan melihat golden sunrise tanpa effort yang besar.

***

Kamu yang berencana ke Dieng untuk sekedar traveling atau ikut pagelaran besar Dieng Culture Festival tanggal 4-6 Agustus 2017 mendatang bisa mampir trekking ke 9 gunung dan bukit di atas.

Ohya, bagi Kamu yang belum daftar DCF mending daftar ke sini! Jangan lupa, bagikan pengalaman liburan serumu ke semua pembaca Phinemo. Mau? Klik sini yuk.

Baca juga: