8 Aplikasi Traveling yang Bisa Kamu Gunakan Tanpa Koneksi Internet

Echi • November 1, 2016

Hal apa yang paling dicari traveler saat berpergian ke luar negeri? Wi-fi! Yap, dengan koneksi internet, traveler bisa mengakses apapun demi kelancaran perjalanan mereka.

Bagaimana jika tidak menemukan koneksi wi-fi? Tidak usah khawatir, karena perjalananmu akan tetap lancar jika kamu mengunduh 8 aplikasi yang bisa diakses secara offline ini.

1. Tak perlu susah-susah menghitung nilai tukar rupiah, cukup gunakan XE Currency

aplikasi traveling

Foto berasal dari thesmartertravel.com

Buat kamu yang berencana jalan-jalan ke luar negeri, harus banget punya aplikasi pengubah currency. Jadi, kamu tidak perlu lagi mengingat berapa nilai tukar mata uang asing tersebut pada rupiah.

2. Jalan-jalan semakin nyaman dengan membawa aplikasi City Maps di tangan

aplikasi-traveling

Foto berasal dari thesmartraveler.com

Salah satu permasalahan utama yang kerap dijumpai traveler saat berpergian ke luar negeri adalah tersesat. Mau buka google map ternyata nggak punya koneksi internet. Nah, untuk mengatasi masalah itu, kamu hanya perlu memasang aplikasi City Maps. Tidak hanya aplikasi peta digital saja, City Maps pun memberikan rekomendasi transportasi umum yang bisa kamu ambil.

3. Aplikasi wajib yang harus dimiliki traveler, Guide books App

aplikasi-traveling

Foto berasal dari thesmartraveler.com

Sebelum dunia digital berkembang sepesat ini, para traveler sangat mengandalkan Lonely Planet sebagai pemandu perjalanan. ‘Kitab’ para traveler tersebut sudah sewajibnya dimiliki. Nah, karena sekarang zaman serba digital, kamu bisa mengganti ‘kitab’ itu dengan aplikasi guide books.

Lonely Planet dan Travel Leisure mengeluarkan aplikasi panduan wisata untuk traveler. Enaknya lagi, aplikasi tersebut bisa diakses secara offline.

4. Jika kamu sering terkendala bahasa untuk komunikasi, gunakan Google translate 

aplikasi-traveling

Foto berasal dari thesmartraveler.com

Kendala bahasa dalam berkomunikasi di negara asing pun tidak bisa dianggap remeh. Lupakan kamus tebal berisi milyaran katamu. Gunakan Google Translate dimanapun kamu berada. Syaratnya, kamu hanya perlu mendownload berbagai bahasa yang kamu butuhkan terlebih dahulu. Yang lebih kerennya lagi, kamu memotret kata dalam bahasa asing, lalu Google Translate akan menerjemahkannya. Mudah bukan?

5. Pemesanan hotel, destinasi tujuan wisata, dan ragam rekomendasi restoran bisa kamu akses dengan TripAdvisor

aplikasi-traveling

Foto berasal dari thesmartraveler.com

Tidak banyak yang tahu jika aplikasi TripAdvisor bisa dimanfaatkan saat offline. Caranya, manfaatkan fitur ‘Download Cities’ untuk mendowload kota yang akan kamu kunjungi. Secara otomatis, restoran, museum, hotel, dan spot turis akan tersimpan offline.

6. Google Trip, aplikasi yang tepat untuk merancang dan menyimpan rencana perjalananmu

aplikasi-traveling

Foto berasal dari thesmartraveler.com

Belum lama ini Google mengeluarkan aplikasi Google Trip. Fitur yang ditawarkan sangat lengkap untuk merencanakan sebuah perjalanan. Kamu bisa mendownload peta offline, destinasi wisata tujuan. Selain itu, Google Trip secara otomatis menyimpan kode pemesanan pesawat yang disinkronisasikan dengan akun gmail kamu.

Enaknya lagi, Google Trip pun bisa memberikan saran, destinasi mana saja yang bisa kamu kunjungi dalam kurun waktu yang kamu tentukan. Oiya, kamu juga bisa menyusun itinerary perjalananmu di Google Trip lho.

7. Pengguna transportasi umum? Gunakan saja Here WeGo

aplikasi-traveling

Foto berasal dari thesmartraveler.com

Aplikasi peta digital ini mirip sekali dengan City Maps. Hanya saja, Here WeGo memiliki banyak kelebihan untuk kamu yang ingin mengkases transportasi publik. Karena Here WeGo menyajikan rute perjalanan lengkap dengan detail waktu, harga tiket trasnportasi umum yang kamu ambil, peta 3D, mall, bahkan wahana olahraga terdekat.

8. Akses semua travel website atau blog yang dibutuhkan dengan Offline Browser, lalu baca nanti

aplikasi-traveling

Foto berasal dari thesmartraveler.com

Saya sering banget men-screenshot artikel atau informasi yang saya butuhkan. Saking banyaknya, saya sampai bingung. Sekarang, saatnya berpaling ke Offline Browser. Kamu bisa menyimpan dan mendownload file yang kamu butuhkan. Jika suatu saat butuh informasi itu, kamu hanya perlu membukanya dengan jarimu. Hanya saja, Offline Browser baru tersedia untuk pemakai android.

***

Saya rasa, kedelapan aplikasi itu memang sebaiknya kamu miliki. Pilih yang menurutmu paling bermanfaat untuk kemudahan travelingmu.


Promoted Video : Phinemo Class #2



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait



Penawaran Terbaru