7 Aturan Umum Trail Run yang Harus Benar-benar Kamu Pahami

Kamu ingin ikut andil dalam perlombaan trail running tahun ini? Pastikan Kamu paham aturan umum trail run ini!

Rizqi Y • March 14, 2017

 

aturan umum trail run

menikmati indahnya gunung sambil berlari. Sumber foto

Sepanjang tahun 2017 ini setidaknya ada 7 perlombaan trail run bergengsi yang tersisa, beberapa di antaranya adalah Rinjani Ultra , Ijen Trail Running, atau RMR Dash. Banyak orang yang ingin mengikuti perlombaan trail run tapi tidak paham apa yang harus dilakukan. Kamu mungkin juga tidak paham aturan-aturan apa yang biasanya berlaku selama perlombaan trail run.

Nah, perlu Kamu pahami jika masing-masing perlombaan trail run memang memiliki aturannya sendiri. Namun jika dicermati, sebenarnya ada beberapa aturan umum trail run yang hampir sama antara perlombaan yang satu dengan yang lain. Sayangnya banyak orang yang tidak menyadari hal ini bahkan menyepelekannya.

Aturan umum ini biasanya berhubungan dengan tanggung jawab peserta pada diri mereka sendiri. Nah, kira-kira apa saja aturan umum trail run yang harus Kamu cermati? Mari kita cek di sini.

1. Meski nggak harus profesional, Kamu setidaknya punya pengalaman atau pengetahuan

aturan umum trail run

Kamu harus tahu bahwa trail run memiliki karakter rute yang berbeda dengan lari biasa. Sumber foto

Mayoritas perlombaan trail run mengharuskan Kamu punya pengetahuan tentang trail run meskipun tidak dalam kapasitas sebagai seorang profesional. Kamu setidaknya harus paham bahwa medan atau rute selama berlari adalah perbukitan atau pegunungan. Sehingga akan ada rute ekstrim yang mungkin akan Kamu temui selama berlari.

Jika Kamu sudah punya pengetahuan atau pengalaman dalam hal trail run, pasti akan lebih memudahkanmu karena Kamu sudah tahu apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi rute. Kamu pun tidak akan merasa kaget atau mengalami kesulitan selama berlari.

2. Bersiap untuk diskualifikasi jika Kamu melupakan perlengkapanmu

aturan umum trail run

Persiapkan perlengkapan trail runmu dengan baik. Sumber foto

Perlengkapan saat mengikuti perlombaan trail run juga akan dicek secara teliti oleh panitia. Ada beberapa perlengkapan wajib yang harus dibawa setiap peserta saat berlari. Tak main-main, beberapa perlombaan trail run akan mendiskualifikasi peserta yang tidak membawa perlengkapan pribadi.

Perlengkapan yang diwajibkan ini semata-mata untuk kebutuhan peserta, jadi upayakan Kamu tidak melupakannya. Perlengkapan yang wajib dibawa adalah P3K sederhana, course map, timing chip, makanan dan minuman, headlamp, baju hangat, nomor peserta, jas hujan dan peluit.

Terkadang ada yang menambahkan beberapa daftar lain, seperti asuransi perjalanan. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga jika terjadi kecelakaan saat berlari. Daftar perlengkapan ini akan disesuaikan dengan kondisi trek. Jadi tidak menutup kemungkinan adanya daftar barang lain yang harus Kamu bawa.

3. Memastikan bahwa Kamu dalam kondisi sehat jiwa dan raga

aturan umum trail run

Pastikan kondisi jiwa dan ragamu baik. Sumber foto

Ini wajib banget! Karena jika kondisi jiwa dan ragamu sedang nggak baik sudah bisa dipastikan Kamu tak akan bisa mengikuti trail run. Kamu harus meminta surat keterangan sehat dari rumah sakit atau pihak yang sudah ditunjuk oleh panitia. Surat keterangan sehat ini akan menjadi syarat wajib untuk setiap peserta sebelum mengikuti perlombaan.

Sebelum melakukan pemeriksaan, pastikan Kamu menjaga dengan baik kesehatan jiwa dan raga. Pastikan asupan makanan yang tepat, juga cegah tubuhmu dari kondisi stress. Jika kondisi tubuhmu dalam kondisi stress, maka ini akan berpengaruh pada hasil pemeriksaan kesehatanmu.

4. Jangan sekali-kali berpikir untuk memotong rute selama berlari

aturan umum trail run

selama perlombaan, jangan pernah memotong jalur. Sumber foto

Hampir semua perlombaan trail run memberlakukan aturan umum ini. Semua peserta tidak diijinkan untuk memotong rute apapun alasannya. Selain dapat menyebabkan masalah kecurangan, memotong rute juga akan meningkatkan resiko kecelakaan.

Jika Kamu tetap memaksakan diri untuk memotong rute, maka konsekuensinya adalah Kamu akan didiskualifikasi dari perlombaan. Terlebih lagi saat Kamu memotong rute, dikhawatirkan bisa tersesat atau bahkan terjadi kecelakaan yang membahayakan nyawamu. Jadi jangan pernah berpikir untuk memotong rute hanya untuk memperpendek jalur larimu.

5. Berlari bukan berarti mengurangi kepedulian pada lingkungan

aturan umum trail run

tetaplah peduli terhadap lingkungan sekitar, termasuk pada peserta lain. Sumber foto

Peraturan umum trail run yang satu ini lebih kepada mengatur sikap pelari selama berada di rute. Setiap pelari diwajibkan untuk tetap peduli dengan lingkungan, baik lingkungan alam maupun sosial. Kamu dilarang membuang sampah sembarangan di sepanjang rute dan merusak lingkungan sekitar.

Nah, Kamu juga diharuskan menghormati setiap orang yang berpapasan denganmu, misalnya para warga lokal, panitia, peserta lomba lain, bakan pendaki gunung. Biasanya rute trail run tetap akan dibuka untuk umum, jadi Kamu pasti akan bertemu banyak orang. Ada juga rute yang melewati perkampungan warga lokal, jadi Kamu harus menghormati mereka dengan cara tidak membuat kegaduhan saat melintas.

6. Sportifitas adalah semboyan utama dalam kegiatan outdoor apapun

aturan umum trail run

Tetap junjung tinggi sportifitas saat berlomba. Sumber foto

Setiap orang pasti berambisi untuk bisa menyelesaikan perlombaan dengan baik, termasuk Kamu juga. Namun hal ini tidak berarti Kamu  boleh melakukan hal apapun termasuk hal-hal yang curang. Hal curang adalah sesuatu yang sangat dilarang selama mengikuti perlombaan trail run.

Beberapa tindakan kecurangan yang sering ditemui adalah mengganti pelari dengan orang lain di tengah rute, menggunakan alat transportasi, atau mendapatkan bantuan khusus dari non peserta / panitia. Kamu bisa didiskualifikasi bahkan akan dikenakan sangsi oleh panitia. Jadi jangan coba-coba berbuat curang.

7. Kamu boleh mengundurkan diri jika sudah nggak sanggup, jadi jangan memaksakan diri

aturan umum trail run

Jika sudah tak sanggup berlari, Kamu bisa mundur dari perlombaan. Sumber foto

Hampir nggak ada aturan yang mewajibkan Kamu untuk menyelesaikan perlombaan jika kondisi tubuhmu tidak memungkinkan. Ada beberapa hal yang mesti Kamu perhatikan apabila ingin mengundurkan diri. Pertama, carilah pos panitia terdekat. Lalu sampaikan bahwa Kamu ingin mundur dari perlombaan.

Biasanya panitia akan meminta kembali timing chip yang diberikan di awal perlombaan untuk pendataan. Untuk selanjutnya, jika Kamu mengalami penurunan kondisi tubuh dan butuh pertolongan medis maka panitia akan membantumu. Jadi, jangan paksakan diri jika memang sudah nggak sanggup melanjutkan.

***

The real purpose of running isn’t to win a race, it’s to test the limits of the human heart. – Bill Bowerman –

Perlombaan trail run memang bukan selalu tentang menang dan kalah, tapi adalah untuk tahu sejauh mana Kamu bisa berlari dan mengenali batasanmu. Namun, Kamu wajib membekali diri dengan pengetahuan dan persiapan yang cukup. Ini akan memudahkan dirimu sendiri dan mengurangi hal buruk selama perlombaan trail run berlangsung.

Baca juga: