10 Hal Unik Yang Bisa Kamu Temukan Saat Traveling ke Jepang

Mungkin cuman bisa kamu temukan di Jepang!

Andy Julianto • February 27, 2017

Siapa sih yang nggak ingin traveling ke Jepang? Negeri bunga sakura ini memang memiliki keistimewaan tersendiri yang bisa bikin kita jalan-jalan kesana lagi dan lagi. Dari kebudayaan tradisional maupun budaya pop, hingga kuliner-kuliner yang unik dapat kamu temukan dan mungkin takkan ada habisnya. Dari sekian banyak hal itu semua, tentu saja Jepang memiliki keunikannya sendiri dalam menciptakan benda-benda hingga tren yang kelihtanya aneh!

Nah berikut ini 10 hal unik yang bisa kamu temukan selama traveling Jepang.

1. Tempat Parkir Mekanis

Layaknya kota-kota besar, Jepang sendiri, terutama kota Tokyo tentu juga penuh dengan kemacetan walau memang sering kita lihat orang-orang Jepang kalau ke kantor biasanya commuter, jalan kaki atau bersepeda. Maka dari itu, Jepang memiliki fasilitas tempat parkir mekanis, dimana kendaraan atau sepeda yang diparkirkan itu biasanya diparkirkan secara vertikal di gedung atau bawah tanah, sehingga tidak mengurangi padatnya jalan, keren kan!?

2. Mesin Penjual Otomatis

Kamu pasti pernah menggunakan mesin penjual otomatis untuk membeli minuman bukan? Nah di Jepang kamu bisa mendapatkan lebih dari minuman lho! Mau Hamburger? Bisa! Mau Ramen? Gampang! Ngantuk, mau kopi panas? Bisa! Sendalmu rusak? Ada! Menarik bukan? Kini hampir setiap jenis minuman ataupun makanan bisa kamu dapatkan via mesin penjual otomatis di Jepang! Namun untuk makanan biasanya perlu menunggu hingga tiga menit karena harus disiapkan dulu didalam mesin tersebut.

3. Seni Melukis di Sawah

Jika biasanya kita melihat pemandangan sawah yang hijau dan asri, kalau di Jepang kamu juga bisa melihat sawah-sawah yang dilukis lho! Seni melukis ini disebut juga sebagai Tanbo Art dan berbagai gambar yang terkenal seperti Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci hingga salah satu monster ikonik Jepang yaitu Godzilla,  pernah dilukis di persawahan daerah Aomori ini. Setiap musim panen, tentu semua padi harus dipanen dan menghilangkan lukisan yang ada, namun setiap musim baru datang, kamu bisa menantikan lukisan-lukisan menarik lainnya.

4. Semangka Berbentuk Kotak

Kamu yang suka dengan buah-buahan mungkin bakal terkejut dengan buah semangka yang satu ini. Berbeda dengan semangka pada umumnya, bentuk Semangkat di Jepang ini ada yang berbentuk kotak! Tak perlu khawatir karena semangka ini rasanya tetap enak dan segar. Menurut sang pengembang, semangka kotak ini bertujuan untuk penempatan yang lebih rapih dan tidak memakan banyak tempat seperti semangka bulat bulat yang mudah bergelinding.

5. Kereta Dengan Fasilitas Spa Kaki

Jika kamu traveling ke Jepang dan berencana naik kereta Shinkansen untuk berpergian jauh, kalau beruntung kamu berkesempatan mendapatkan kereta berfasilitas spa kaki. Seperti namanya, dalam kereta ini kamu dapat memanjakan kakimu didalam kolam kecil berisi air hangat.

6. Tren Masker Operasi?

Tidak aneh memang memakai masker untuk melindungi dari debu yang bertebaran. Namun tahukah kamu kalau di Jepang, ternyata memakai masker adalah sebuah tren tersendiri. Walau fungsi utamanya adalah memang melindungi dari debu, ternyata ada juga yang memakai masker untuk fashion. Namun ada juga beberapa yang memang ingin menyembunyikan wajah mereka, kalau ini biasanya ditambah dengan kacamata hitam.

7. Cosplayer Akihabara

Buat kamu yang suka bermain game, nonton Anime atau suka dateng ke event-event Jejepangan, Akihabara adalah tujuan yang tepat. Di tempat ini kamu bakal menjumpai banyak toko-toko yang menjual barang-barang yang berhubungan diatas. Kamu juga akan sering melihat banyak cosplayer di jalanan, beberapa memang datang hanya untuk pamer cosplay buatannya, namun kemungkinan besar juga mereka adalah staff toko yang bertugas membagikan brosur kepada orang-orang yang lewat.

8. Hotel Kapsul

Buat kamu yang traveling ke Jepang namun dengan budget yang sedikit, mungkin salah satu cara untuk menghemat adalah dengan menghinap di hotek kapsul. Sesuai namanya, kamar yang disediakan berbentuk kapsul yang hanya cukup satu orang. Fasilitas lainnya tentu dipakai bersama-sama dengan tamu hotel lainnya, seperti kamar mandi misalnya. Kapsul Hotel ini juga sering ditemui dekat stasiun atau bandara.

9. Izakaya

Izakaya adalah sebutan untuk bar yang ada di Jepang. Namun berbeda dengan bar pada umumnya, karena di Izakaya ini mereka juga menyediakan makanan yang enak, bahkan sekelas restoran-restoran mahal dengan harga yang cukup terjangkau. Hal lainnya yang menarik adalah pelayanan para karyawan bar yang sangat ramah, mereka juga aktif menghibur pengunjung terutama turis, dengan teknik-teknik memasak yang unik.

10. Handuk Basah

Masih berhubungan dengan nomor sebelumnya, kebanyakan tempat makan terutama restoran, mereka akan selalu memberikan handuk basah kepada kita. Hal ini sering ditunjukkan sebagai simbol keramahan masyarakat Jepang terhadap para tamunya. Namun tentu handuk basah tersebut bisa dingin atau hangat tergantung tempat yang kita kunjungi.

***

Menarik bukan hal-hal unik yang bisa kamu temui di Jepang? Tentu ini hanya sebagian dari banyaknya keunikan yang bisa kamu temukan saat traveling ke Jepang. Nah bagi kamu yang sudah pernah ke Jepang, kira-kira tahu apa saja keunikan lain dari negara Jepang? Yuk share pengalaman kalian disini!

Suka dengan artikel diatas? Baca juga: